Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Bermain Kartu Buah dan Sayur dengan Seru, Jangan Lupa Cuci Tangan Ya!

Bermain Kartu Buah dan Sayur dengan Seru, Jangan Lupa Cuci Tangan Ya!

Bermain bersama si Kecil tentu merupakan salah satu agenda yang tidak boleh terlewat pada masa seperti ini. Ya, permainan sederhana seperti flashcard seri buah dan sayur yang dapat dimainkan dengan mudah dapat membawa banyak manfaat untuk tumbuh kembang kecerdasannya. Namun demikian, jangan lupa untuk melakukan cuci tangan baik sebelum bermain atau setelah selesai bermain.

Apa Itu Flashcard? Bagaimana Cara Bermainnya?

Flashcard merupakan sarana bermain sambil belajar untuk anak-anak. Bentuknya berupa kartu bergambar dengan berbagai seri, seperti binatang, benda-benda di sekitar rumah, tempat, atau buah dan sayuran. Flashcard sendiri terbuat dari bahan kertas atau plastik, tergantung mana yang ingin Mums gunakan. Namun agar dapat dibersihkan, Mums disarankan menggunakan flashcard dengan bahan plastik atau kertas berlapis sehingga tidak mudah rusak.

Mums bisa download dan print Flashcard dari sini.

Cara bermainnya cukup sederhana, Mums hanya menunjukkan satu gambar pada si Kecil, misalnya gambar brokoli, sambil menyebutkan nama sayuran tersebut. Berikan sedikit waktu untuk si Kecil melihat dan mendengar apa yang Mums sampaikan. Ulangi untuk beberapa gambar lain. Setelahnya, Mums dapat memperlihatkan flashcard yang sudah diperlihatkan sebelumnya namun dengan menutup bagian kata-kata. Minta si Kecil untuk menyebutkan nama buah atau sayur yang ditunjukkan dan ulangi beberapa kali. 

Permainan sederhana ini memiliki beberapa manfaat untuk merangsang tumbuh kembangnya lho Mums. 

Apa Sih Manfaat Bermain dengan Flash Card Buah dan Sayur?

Permainan kartu  buah dan sayur sendiri dapat memberikan rangsangan untuk kecerdasan dan kemampuan kognitifnya karena si Kecil akan secara langsung dapat melihat buah dan sayur yang ada dalam kartu tersebut. Akan menjadi sangat baik jika Mums dapat memberikan beberapa informasi sederhana, seperti sayuran ini berasal dari mana, bagaimana cara menanamnya, atau mungkin manfaatnya secara umum.

Dengan informasi sederhana seperti itu si Kecil akan terpicu rasa ingin tahunya. Mums secara langsung dapat menunjukkan bahwa setiap hal memiliki sebab dan akibat serta memiliki keterkaitan. Selain membantu si Kecil menambah pengetahuan, permainan dengan kartu buah dan sayur dapat melatih pola pikir kritis sehingga kelak ia menjadi anak yang cerdas. 

Manfaat baik ini, tentu saja dapat diperoleh jika Mums selalu mendampingi si Kecil ketika bermain. Selain pendampingan, Mums juga perlu selalu menjaga kebersihan si Kecil serta lingkungan dan kartu mainan buah dan sayurnya. Hal tersebut semata-mata agar si Kecil terlindung dari ancaman infeksi virus atau kuman yang dapat mengganggu proses belajarnya.

Salah satu upaya yang sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah adalah, seperti yang sudah disampaikan pada bagian awal artikel, cuci tangan. Berikut panduan cuci tangan yang benar agar dapat Mums praktekkan bersama si Kecil untuk menjaga kebersihan tangannya ketika sebelum, saat, dan sesudah bermain.

Cara Mencuci Tangan

Langkah pertama, basahi kedua tangan si Kecil dan Mums pada air mengalir yang jernih. Pastikan setiap bagian tangan dibasahi hingga bagian belakang sekalipun. Poin penting pertama adalah memastikan air yang digunakan bersih serta mengalir. 

Langkah kedua, gunakan sabun, Setelah seluruh bagian tangan terbasahi oleh air bersih, selanjutnya berikan sabun pada telapak tangan si Kecil secukupnya. Pastikan sabun yang digunakan memiliki kandungan antiseptik sehingga dapat benar-benar membersihkan tangan si Kecil dari mikroorganisme jahat. 

Mencuci tangan tahap ketiga, Langkah selanjutnya adalah menggosok bagian punggung tangan si Kecil. Sama seperti bagian telapak tangan, gosok bagian punggung tangan hingga merata sampai pada batas pergelangan tangan. Bagian ini cukup sering terlewatkan karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal, sedikit banyak bagian punggung tangan inilah yang justru bersentuhan dengan wajah.

Sela-sela jari jangan sampai terlewat, Setelah bagian telapak tangan dan punggung tangan, bagian selanjutnya yang juga harus dibersihkan adalah sela-sela jari, meski mungkin bagian ini juga sudah terkena sabun ketika membersihkan telapak dan punggung tangan, namun ada baiknya sela-sela jari juga digosok selama beberapa saat untuk memastikan kebersihannya.

Bagian belakang jari-jari, Bagian selanjutnya yang perlu dibersihkan adalah bagian belakang jari. Bagian ini bisa Mums bersihkan dengan mengusapnya perlahan atau menggosokkan ke bagian telapak tangan satu sama lain. 

Terakhir, kuku-kuku, Setelah semua bagian sudah dibersihkan, terakhir adalah bagian kuku-kuku jari si Kecil. Bagian ini perlu sedikit diperhatikan karena sela-sela kuku biasanya jadi tempat favorit bagi bakteri dan virus jahat bersembunyi. Pastikan bagian ini dibersihkan secara cermat sampai benar-benar bersih.

Nah, beberapa tips dan rekomendasi ketika Mums bermain permainan kartu buah dan sayuran yang disertai dengan kegiatan cuci tangan di atas dapat Mums aplikasikan sesegera mungkin. Meski sederhana dan terdengar sepele, kebiasaan cuci tangan sebelum dan sesudah bermain dapat meningkatkan kesadaran si Kecil akan pentingnya kebersihan. Dengan begini, selain Mums dapat merangsang tumbuh kembang kecerdasannya dengan bermain kartu buah dan sayur Mums juga dapat menanamkan pola hidup sehat sejak dini pada si Kecil. Dengan satu kegiatan sederhana seperti cuci tangan, banyak manfaat yang bisa diberikan secara sekaligus untuk si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang