Lompat ke isi utama
Bermain Menirukan Suara Hewan dengan Si Kecil,  Ternyata Banyak Manfaatnya, lho!

Manfaat Meniru Suara Hewan untuk Kreativitas Anak

Bermain menirkuan suara binatang bisa membawa manfaat baik bagi tumbuh kembang anak

Tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang kreatif, belakangan jadi salah satu dambaan Mums pada anak. Anak yang kreatif tidak hanya bisa melakukan tugas dengan cara yang lebih efektif, namun juga dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ditemuinya. Salah satu cara melatih kreativitas dan imajinasinya adalah dengan menirukan suara hewan.

Wait, kenapa menirukan suara hewan dapat melatih kreativitasnya? Bukankah akan lebih baik melatih kreativitas dengan seni seperti melukis atau bermusik atau kegiatan serupa? Menirukan suara hewan yang dimaksud di sini adalah kegiatan bersama antara Mums dan anak dalam menirukan suara hewan yang pernah ditemui atau pernah didengarkannya dengan bantuan lagu. Jadi, tetap melibatkan musik dan kemampuan menyanyi anak.

Baca Juga : Mengajari Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun untuk anak

Bermain Menirukan Suara Hewan

Mums dapat melakukan permainan ini bersama anak. Pertama yang harus Mums siapkan adalah lagu anak-anak yang memuat banyak nama hewan di dalam liriknya. Tujuannya adalah agar digunakan sebagai acuan dalam meniru suara hewan. Jadi ketika satu nama hewan disebut, Mums akan menirukan suara hewan dan diikuti oleh anak.

Selanjutnya, Mums juga dapat memberikan beberapa gerakan sederhana yang berkaitan dengan hewan. Misalnya ketika hewan angsa disebut, Mums dapat menunjukkan leher panjang dengan tangan Mums dan mengepakkan sayap. Gestur ini akan lebih mudah diingat anak ketika dipadukan dengan suara tiruan dari angsa tersebut dan iringan lagi.

Mums dapat mengulang beberapa kali lagu tersebut hingga anak dapat menirukan dengan sesuai dan dapat menghafalnya. Setelah anak hafal lagu tersebut, ini saatnya Mums menjadikan peniruan suara hewan sebagai kompetisi antara Mums dan anak. Anggota keluarga lain dapat ikut serta sebagai dewan juri atau peserta agar permainan makin meriah.

Baca Juga : Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Permainan Sederhana Kaya Manfaat

Manfaat dari bermain bersama anak dalam permainan menirukan suara hewan dapat dikatakan sangat banyak dan mungkin saja tidak terduga. Bayangkan, dengan permainan sederhana seperti itu, Mums dapat meningkatkan kualitas hubungan emosional dengan anak dan setiap anggota keluarga yang turut serta dalam permainan tersebut.

Permainan tadi juga dapat menjadi satu bentuk rangsangan untuk anak dalam mengasah imajinasinya serta kreativitasnya. Jangan heran jika anak ternyata memiliki gerakan sendiri untuk hewan yang muncul dalam lagu yang dinyanyikan ya Mums, ini adalah bentuk eksplorasi dari imajinasinya secara nyata dan spontan, dan pasti akan banyak gelak tawa yang muncul.

Selain melatih kreativitas dan imajinasi, rasa nyaman dan mood bahagia yang didapatkan ketika bermain dapat membuat anak merasakan kasih sayang dan suasana hangat di dalam keluarga. Mood baik ini sangat mendukung tumbuh kembang anak baik secara emosional maupun fisik. Ketika mood anak baik, maka penyerapan berbagai rangsangan berjalan secara optimal, bersamaan dengan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya.

Baca Juga : Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak [5 Cara Simple]

Permainan Interaktif

Menirukan suara hewan seperti burung, kucing, harimau, bebek dan lain sebagainya adalah bentuk permainan interaktif yang memadukan kepiawaian Mums dalam menirukan suara dan gerak serta lagu anak-anak yang menyenangkan. Kombinasi dari setiap variabel tersebut memberikan stimulus yang berkesinambungan sehingga anak dapat menangkap rangsangan yang diberikan dan mendukung tumbuh kembangnya.
Permainan interaktif semacam ini berbeda dengan permainan yang bisa didapatkannya pada gadget karena sifatnya aktif. Memang, ketika bermain gadget, anak juga secara aktif mengikuti instruksi dan arahan, namun ia hanya menjadi pengikut saja dan tidak dapat memancing perkembangan kreativitasnya. Dengan bermain permainan interaktif, terlebih bersama Mums dan anggota keluarga lain, anak dapat memiliki imajinasi yang lebih kuat dan bahkan memiliki kemampuan bersosial yang lebih baik.

Keseimbangan dalam Rangsangan

Setiap rangsangan yang diberikan, baik berupa permainan yang ada pada gadget, permainan interaktif seperti menirukan suara binatang dengan gerak dan lagu, serta bentuk permainan lain harus diberikan secara seimbang agar anak bisa tumbuh dengan maksimal. Satu rangsangan akan memberikan dukungan pada satu aspek, dan rangsangan lainnya akan memberikan dukungan pada aspek lain. Ketika setiap manfaat baik bisa diperoleh, di situlah anak akan tumbuh jadi pribadi yang kreatif dan mudah bergaul dengan banyak orang.

Baca Juga : Bayi Nangis Terus Selama Berjam-jam? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya
Bermain bersama anak dan anggota keluarga menjadi bentuk stimulus yang sangat baik untuk masa tumbuh kembangnya. Menirukan suara hewan bisa jadi salah satu pilihan untuk berinteraksi dengan seluruh anggota keluarga. Satu dan lain hal, interaksi juga diperlukan agar Mums dan anak memiliki hubungan emosional yang baik. Nah, untuk melengkapi dukungan tumbuh kembangnya, Mums dapat memberikan asupan nutrisi yang juga lengkap sesuai dengan kebutuhannya. Berikan Friso Gold 4 yang mengandung nutrisi lengkap, yang baik untuk proses tumbuh kembangnya. Friso Gold 4 dilengkapi dengan teknologi Locknutri, sehingga kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh anak. Ini akan membantu anak agar kuat dari dalam dan tumbuh dengan optimal.