Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain Menjadi Bunga dan Kupu-kupu

Bermain Menjadi Bunga dan Kupu-kupu

Cuaca di sekitar rumah sedang cerah? Kalau begitu, mari ajak si Kecil bersenang-senang di halaman rumah. Bermain peran dapat menjadi pilihan permainan untuknya. Selain mendorong daya imajinasi dan kreativitasnya, si Kecil juga akan merasa senang jika diberikan kebebasan membuat karakter dan dunianya sendiri. Sambil mengenal lebih dalam tentang kehidupan serangga, Mum bisa mengajaknya menjadi bunga dan kupu-kupu.

Aktivitas Bersama si Kecil

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang dapat Mum siapkan agar permainan menjadi lebih menarik:

  1. Buatkanlah sepasang sayap kupu-kupu untuk si Kecil. Mum dapat menggunakan karton berwarna dan seutas tali untuk dipasangkan pada pundaknya.
  2. Buatlah juga sebuah topi sederhana berbentuk kelopak bunga untuk dipakai Mum nanti.
  3. Ajak juga si Kecil untuk menghias sayap tersebut menggunakan manik-manik dan kancing berwarna.
  4. Ketika selesai, jangan lupa untuk memujinya yah, Mum. Si Kecil pasti semakin bangga dengan karyanya tersebut.

Setelah persiapan selesai dibuat, Saatnya pertunjukan dimulai:

“Pada suatu hari yang cerah,

kupu-kupu terbang dengan gelisah,

perut lapar membuatnya resah,

mencari kelopak bunga yang indah”

  1. Mum bisa membuka drama ini dengan sebuah cerita seperti:
  2. Mintalah si Kecil berpura-pura terbang sebagai kupu-kupu sambil menunjukkan ekspresi laparnya,
  3. Sebagai bunga, ajaklah si Kecil untuk terbang mendekati Mum.
  4. Ketika si Kecil datang, berikan ia pelukan dan ciuman hangat.
  5. Supaya suasana lebih meriah, ajak Dad dan anggota keluarga lainnya untuk menonton dan mengabadikan momen ini yah, Mum.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk langkah-langkah membuat sayap kupu-kupu dan kelopak bunga, Mum bisa berkunjung ke beberapa situs di bawah ini:

Kiddie Foodies – How to Make Butterfly Wings

Source: www.kiddiefoodies.com/crafts/how-to-make-butterfly-wings

Oh Happy Day - Giant Paper Flower Party Hats DIY

Source: www.ohhappyday.com/2013/04/giant-paper-flower-party-hats-diy/

Manfaat Bagi Mum

Selain dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun hubungan yang lebih erat, Mum juga bisa menggunakan aktivitas ini untuk membangun kepribadian si Kecil. Salah satunya dengan memuji hasil kegiatannya. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Ketimbang memujinya dengan label seperti “pintar” dan “hebat”, ada baiknya si Kecil diberikan pujian berkat usahanya, seperti, “Wah, anak mama pantang menyerah yah.” dan sebagainya. Berdasarkan penelitan yang dilakukan oleh University of Chicago dan Stanford University, anak yang orangtuanya sering memberikan pujian terhadap usahanya ketika melakukan aktivitas, memiliki mental yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan dan masalah.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain peran bersama Mum memiliki banyak keuntungan bagi si Kecil, terutama untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya. Dalam bukunya yang berjudul Children, Play, and Development, Fergus P. Hughes juga menjelaskan kalau permainan drama yang dilakukan oleh si Kecil dapat bermanfaat untuk melatih ilmu bersosialisasi, seperti kemampuan berkomunikasi, menyelesaikan masalah, dan juga rasa empati. Dengan membiarkan si Kecil mengontrol dunia dan karakternya sendiri, Mum juga sudah membantunya dalam mengembangkan rasa percaya diri si Kecil

Info Gizi Nutrisi

Aktivitas ini akan semakin terasa manfaatnya jika si Kecil memiliki ketahanan tubuh dan energi yang maksimal. Di usianya saat ini, ia setidaknya membutuhkan energi kira-kira sebesar 1000 Kalori setiap harinya. Karena dari itu, selain sarapan dengan makanan berkabohidrat seperti kentang, roti dan nasi, Mum juga bisa memberikan variasi menu buah-buahan kaya energi untuk si Kecil seperti jus apel, pisang, dan juga pepaya.