Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain Peran sebagai Penjaga Kebun Binatang

Bermain Peran sebagai Penjaga Kebun Binatang

Halo, Mum! Saat ini, si Kecil pasti sudah pernah berwisata ke kebun binatang. Ayo lanjutkan pengalamannya tersebut dengan bermain peran bersama. Marilah membuat kebun binatang pribadi di dalam rumah.Halo, Mum! Saat ini, si Kecil pasti sudah pernah berwisata ke kebun binatang. Ayo lanjutkan pengalamannya tersebut dengan bermain peran bersama.

Aktivitas Bersama si Kecil

Sebagai permulaan, Mum bisa menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

  1. Mari mulai dengan mencetak peta kebun binatang, gambar hewan dan makanannya, serta check list yang tersedia di bagian Info Pendukung Aktivitas. Cetaklah peta kebun binatang pada 2 lembar kertas/karton A4 dan satukan keduanya.
  2. Setelah selesai mencetak gambar hewan, gunting satu per satu, lalu ajak si Kecil untuk melipat gambarnya tersebut. Sambil melakukannya, Mum juga dapat menjelaskan tentang masing-masing hewan pada gambar dan memintanya memberikan nama untuk mereka satu per satu.
  3. Setelah selesai membuat hewan, mari siapkan makanannya dengan menggunting gambar yang sudah dicetak tadi.
  4. Jika sudah, letakkan hewan-hewan tersebut sesuai di atas peta kebun binatang, dan kumpulkan makanannya di satu wadah tersendiri, misalnya pada mangkuk plastik kecil.
  5. Agar permainan ini lebih menarik, pilihkan baju yang sesuai untuk peran si kecil sebagai penjaga kebun binatang, misalnya topi safari, kemeja jeans dan celana cargo.

Sudah siap Mum? Yuk, mulai bermain!

  1. Ajak si Kecil untuk berkunjung ke masing-masing hewan yang ada di atas peta kebun binatang sambil melihat check list yang sudah Mum siapkan.
  2. Dampingi si Kecil untuk merawat masing-masing hewan dengan membersihkan dan memberinya makan satu per satu ke mulut mereka. Bimbinglah si Kecil dalam menentukan jenis makanan yang sesuai untuk hewan tersebut. Setelah itu, ajak si Kecil untuk memberikan tanda centang di daftar yang dibuatnya setiap kali ia selesai merawat hewan yang ada.
  3. Si Kecil hebat! Dia berhasil merawat hewan-hewan di kebun binatangnya dengan baik. Sebagai hadiah atas usahanya itu, Mum dapat memberikan tas Animal Backpack berbentuk hewan favoritnya.
  4. Sambil bermain, minta Dad juga untuk merekam aksi si Kecil saat menjadi petugas kebun binatang tersebut, ya. Setelah itu, bagikan foto dan video aktivitas ini melalui3. Mum juga bisa membuat sebuah kasus di kebun binatang tersebut, misalnya ada yang sakit atau sedih karena tidak punya teman. Setelah itu, ajak si Kecil untuk mencari solusinya.
  5. Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

    Info Pendukung Aktivitas

    Perlengkapan yang Mum butuhkan untuk aktivitas ini adalah:

    • Komputer dan Printer
    • Kertas A4
    • Gunting
    • Lem atau double tape
    • Pensil atau spidol
    • Pakaian yang sesuai untuk kostum si Kecil

    Manfaat Bagi Mum Bermain peran dapat dimanfaatkan Mum untuk mengenal kepribadian si Kecil. Lewat kasus yang diberikan untuk si Kecil, Mum juga bisa melihat cara si Kecil ketika mengatasi masalahnnya.

    Jika si Kecil sering menolak menu makanan yang masih asing baginya. Permainan ini bisa Mum gunakan untuk menjelaskan kepada si Kecil bahwa sama seperti manusia, hewan pun ternyata tidak hanya menyantap 1 jenis makanan saja, misalnya dengan mengatakan kepada si Kecil, “Sayang, coba lihat deh. Gajah saja tidak hanya makan rumput, tapi juga makanan lainnya. Jadi, kamu juga harus mau mencoba kalau Mum masak menu makanan baru, ya.

    Manfaat Bagi si Kecil

    Tidak hanya menyenangkan, permainan ini juga memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk mengeksplorasi daya imajinasi serta melatih kemampuannya dalam menghadapi masalah. Lewat perannya sebagai penjaga kebun binatang, Mum pun bisa mengajaknya untuk berpikir dari sudut pandang yang berbeda. Dalam wawancaranya dengan The Unlimited ChildNadia Lubowski, ahli edukasi dan direktur dari Anton Lubowski Educational Trust memaparkan bahwa dengan bermain peran, si Kecil juga berkesempatan untuk mengekspresikan dirinya dan belajar lebih dalam tentang interaksi sosial.

    Info Gizi Nutrisi

    Seiring dengan tingkat aktivitasnya yang semakin beragam, si Kecil membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat untuk mendukung kegiatannya sehari-hari. Dalam kolomnya di Parenting.com, dokter anak dr. William Sears menyarankan Mum untuk memberikan buah-buahan seperti stroberi, pepaya, jambu merah dan blueberry untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Makanan yang mengandung carotenoids juga bagus untuk menguatkan sistem kekebalan tubuhnya. Kandungan ini bisa Mum temukan dalam sayuran seperti wortel, kentang, tomat dan bayam.

    Potongan buah dan sayuran tersebut juga bisa Mum sajikan dalam bentuk snack yang lezat dan menarik untuk si Kecil sebagai selingan di tengah aktivitas bermainnya nanti. Namun, jika Mum ingin menggunakan tempat makan plastik untuk camilannya tersebut, pastikan wadahnya itu terbuat dari bahan yang aman bagi makanan, ya. Sebagai Mum bisa menggunakan tempat makan atau botol minum dari Lock & Lock yang bisa didapatkan secara gratis dalam setiap pembelian 1 kaleng 900gr Friso Gold 3 dari tanggal 1 Agustus-31 Agustus 2014 (selama persediaan masih ada).

    Agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik, pastikan si Kecil tetap rutin meminum susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3, yang diformulasikan khusus bagi anak usia 1-3 tahun. Dengan rajin meminum susu, si Kecil bisa mendapatkan asupan Protein yang cukup untuk membangun otot dan sel tubuhnya serta Vitamin A,C, E dan mineral seperti Zinc, Zat Besi, dan Selenium, yang ikut berperan dalam menjaga daya tahan tubuh si Kecil sehingga ia bisa terus bermain dengan lincah setiap hari.