Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Bermain Permainan Seru Mini Zoo dengan Aman Di Masa Pandemik, Begini Caranya!

Bermain Permainan Seru Mini Zoo dengan Aman Di Masa Pandemik, Begini Caranya!

Rencana liburan keluarga batal karena pandemi corona? Mums dan si Kecil tetap bisa seru--seruan lho meski di rumah saja. Misalnya dengan mengajak si Kecil bermain sambil mengenal jenis-jenis hewan melalui permainan mini zoo.

Untuk bermain mini zoo sendiri, sebenarnya dapat menjadi permainan yang membawa dua hal positif. Pertama dapat memberikan rangsangan tumbuh kembang serta kemampuan kognitif si Kecil, dan yang kedua sebagai sarana bersenang-senang dan membuat mood si Kecil berada dalam keadaan baik. Seperti yang Mums pahami, mood yang baik adalah faktor besar yang dapat mendukung optimalnya penyerapan rangsangan yang diberikan pada si Kecil.

Sembari memberikan rangsangan untuk tumbuh kembangnya dengan bermain permainan seru  mini zoo, Mums juga tetap dapat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh si Kecil sebagai upaya pencegahan virus Corona. Nah, untuk melakukan kedua hal ini secara bersamaan, ada beberapa tips yang bisa Mums ikuti dan praktekkan. Seperti kata pepatah, ‘sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui’,  dengan menerapkan tips ini Mums dapat memberikan rangsangan sekaligus menjaga kesehatan si Kecil agar ia tidak mudah terserang virus ini.

Menjaga Kebersihan si Kecil dan Mums Saat Bermain

Bermain mini zoo merupakan permainan yang seru. Si Kecil akan dapat bermain bersama berbagai boneka atau gambar binatang, lengkap dengan area hidup binatang tersebut. Tentu saja, Mums tidak perlu heran ketika bermain mini zoo si Kecil akan banyak bergerak dan menjadi aktif karena ingin berinteraksi dengan mainan yang ada di hadapannya. Hal ini sangat baik untuk memberikan stimulasi tumbuh kembangnya.

Jangan lupa ajak si Kecil untuk memilih apa binatang favoritnya, kemudian minta ayah menggambarkan topeng berbentuk wajah binatang favorit si Kecil. Atau jika bakat menggambar ayah kurang bagus, bisa Mum bantu dengan print gambar topeng binatang yang tersedia di google ya.

Agar kreativitas si Kecil juga terasah, Mum bisa pilihkan topeng binatang tanpa warna, kemudian mengajaknya untuk mewarnai topeng binatang favoritnya tersebut. Tadaa, jika sudah jadi, langsung saja ajak si Kecil menjelajah mini zoo sambil menggunakan topeng kreasinya.

Keseruan ini akan sangat baik jika disertai dengan upaya menjaga kebersihan diri yang juga ditingkatkan Mums. misalnya saja, mandi dua kali sehari, mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain, serta menjaga si Kecil agar tidak banyak menyentuh bagian mulut, mata, dan hidungnya. Dengan demikian, permainan seru mini zoo yang Mums dan si Kecil lakukan dapat benar-benar memberikan manfaat maksimal dan resiko minimal untuknya.

Jangan Lupa Kebersihan Mainan Permainan Seru Mini Zoo

Ketika bermain bersama dengan si Kecil, akan sangat banyak objek dan mainan yang digunakan. Mulai dari boneka atau mainan binatang, mainan pohon-pohonan, mainan pagar, dan lain sebagainya. Hampir setiap mainan ini akan menjadi sasaran objek bermain si Kecil. Sehingga agar dapat memberikan stimulus maksimal untuknya, Mums perlu mendampingi si Kecil dan menjaga kebersihan mainan-mainan tersebut.

Secara rutin, sebagai upaya menjaga kebersihan dan kesehatan si Kecil, bersihkan setiap mainan dan area yang digunakan untuk bermain. Tidak saja bentuk pencegahan virus Corona, namun juga untuk meminimalisir ancaman berbagai virus dan bakteri lain yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang si Kecil. Dengan menjaga kebersihan setiap mainan yang digunakannya, setidaknya Mums sudah memastikan risiko si Kecil terjangkit kuman dan sebagainya dari mainannya sudah ditekan seminimal mungkin.

Bermain Bersama Anggota Keluarga

Agar lebih asyik, permainan seru mini zoo dapat dilakukan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ajak kakak, Ayah, dan anggota keluarga lainnya untuk memainkan permainan ini. Mums dapat membagi peran untuk masing-masing anggota keluarga. Jadi selain si Kecil mendapat rangsangan yang optimal, ia dapat mulai belajar mengenai peran setiap tokoh dan interaksi sosial yang terjadi.

Jika ada anggota keluarga yang mungkin berada dalam kondisi tubuh yang tidak terlalu baik, dalam artian kurang fit, ada baiknya Mums memberikan jarak tertentu dengan si Kecil. Bukan untuk mengucilkan, namun lebih kepada upaya preventif agar si Kecil tidak terpapar virus atau bakteri yang mungkin ada dalam tubuh anggota keluarga yang tengah sakit. Jadi, bermain bersama tetap bisa dilakukan, tapi semua anggota keluarga bisa tetap aman dan terjaga kesehatannya.

Selingi dengan Kudapan Sehat dan Kaya Nutrisi

Banyak tenaga yang digunakan ketika bermain permainan seru mini zoo dengan si Kecil. Gerakan yang dilakukan, interaksi yang terjadi, imajinasi yang terus diberikan stimulus, tentu akan menguras isi perut si Kecil dan membuatnya lapar. Mums dapat memilih kudapan yang kaya nutrisi untuk menjadi pengganjal perut si Kecil, sekaligus memberikan nutrisi yang diperlukan untuk membangun daya tahan tubuh si Kecil.

Kebanyakan virus dan penyakit yang menjangkiti si Kecil disebabkan oleh daya tahan tubuh yang kurang baik. Tubuh si Kecil sebenarnya memiliki sistem pertahanan yang berperan untuk membunuh bakteri dan virus, namun jika tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup, daya tahan tubuh ini tidak akan bekerja optimal. Langkah tepat sebagai pencegahan virus Corona dan virus jahat lain, cemilan kaya nutrisi bisa jadi pilihan yang tepat untuknya.

Bermain permainan seru mini zoo bersama si Kecil dapat tetap dilakukan dengan leluasa demi rangsangan maksimal untuk tumbuh kembangnya. Namun demikian Mums juga harus bijak dalam menghadapi wabah yang tengah melanda Indonesia dan dunia. Mums dapat bermain bersama si Kecil sembari melakukan langkah pencegahan virus Corona. Ditambah lagi, akan sangat baik jika Mums juga menggali informasi mengenai apa itu Corona sebenarnya agar langkah bijak dapat diterapkan dengan tepat. Nah, masih dalam bahasan yang sama dalam rangka mendukung tumbuh kembang si Kecil, Mums juga harus selalu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Selain makanan dan minuman bernutrisi, Mums juga dapat memberikan susu pertumbuhan yang tepat. Maksimalkan stimulus untuk si Kecil, namun tetap utamakan kesehatannya ya Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang