Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bermain sambil Belajar Menggunakan Flash Card

Menurut Unicef, tiga tahun pertama si Kecil merupakan masa-masa yang menentukan bagi perkembangan otaknya. Bermain dapat menjadi stimulasi yang tepat untuk mendukung proses tumbuh kembangnya tersebut. Karena itu, mari ajak si Kecil untuk bermain sambil belajar tentang anggota tubuhnya dengan menggunakan flash card.

Aktivitas bersama si Kecil

Flash Card memang dapat ditemukan di toko buku atau toko mainan. Namun, agar lebih menarik, Mum juga dapat membuat flash card sendiri dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Print foto anggota tubuh si Kecil satu per satu dengan ukuran 10 x 15 cm. Tambahkan nama masing-masing di bagian bawah foto dengan menggunakan huruf yang mudah dilihat oleh si Kecil.
  2. Tempel hasil print foto tersebut pada card stock atau karton tebal, lalu potong sesuai ukuran.
  3. Lapisi masing-masing flash card dengan plastik laminating, lalu setrika hingga rata.
  4. Supaya flash card terlihat lebih menarik, ajak si Kecil untuk menghiasi kartu-kartu dengan berbagai aksesori seperti pita berwarna dan manik-manik.
  5. Duduklah berhadapan dengan si Kecil. Pegang flash card lalu angkat satu per satu kartu sambil menyebutkan namanya masing-masing.
  6. Mintalah si Kecil menunjukkan anggota tubuh yang sesuai dengan kartu yang Mum pegang.
  7. Agar si Kecil mudah mengingatnya, jangan ragu untuk mengulang kembali kartu yang sama.
  8. Setelah itu, lanjutkan permainan dengan bersama-sama menyusun flash cards bergambar anggota tubuh si Kecil di lantai atau tempat tidurnya. Sambil membimbing si Kecil menyusun flash card, Mum dapat menjelaskan nama-nama anggota tubuh yang terdapat pada gambar tersebut.
  9. Sebelum permainan berakhir, abadikan foto Mum dan si Kecil bersama flash cards ciptaannya itu sebagai kenangan indah atas aktivitas ini. Mari bagikan momen istimewa kepada Mums lainnya ini melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID.
  10. Setelah selesai membuat flash cards bersama si Kecil, mari lanjutkan aktivitas dengan bermain bersamanya.

Manfaat bagi Mum

Membuat kerajinan tangan bersama si Kecil merupakan kesempatan untuk menstimulasi daya imajinasi dan kreativitas Mum. Permainan ini juga akan menjadi kesempatan bagi Mum untuk memantau pertumbuhan fisik si Kecil saat ini

Manfaat bagi si Kecil

Flash card dapat menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan ingatan. Di samping ikut melatih kemampuan pendengaran dan penglihatannya , bermain bersama Mum dalam suasana yang menyenangkan juga dapat membantu proses perkembangan kognitif dan emosionalnya. Dengan membuat karya dari fotonya tersebut, si Kecil tentu akan merasa istimewa dan lebih dihargai di mata Mum. Hal ini akan membantu pertumbuhan rasa percaya dirinya nanti.

Perkenalannya dengan kegiatan seni seperti menempelkan hiasan pada flash card di usianya saat ini pun memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembangnya. Dalam artikelnya di Barnesandnoble.com, penulis dan konsultan pendidikan MaryAnn F. Kohl mengungkapkan bahwa aktivitas seni dapat ikut mengembangkan kemampuan motorik si Kecil.

Info Gizi & Nutrisi

Perkenalannya dengan berbagai anggota tubuh yang dimilikinya ini akan membuat si Kecil semakin bersemangat untuk mengeksplorasi gerakan tubuhnya. Agar ia dapat mengikuti setiap aktivitas dengan sebaik mungkin, dibutuhkan asupan gizi yang tepat untuk menjaga si Kecil dari serangan penyakit. Untuk itu, Mum dapat menambahkan menu makanan seperti daging sapi, gandung, dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan zinc atau seng. Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mendukung sistem kekebalan serta membantu produksi antibodi dalam tubuh. Untuk mendukung perkembangannya secara menyeluruh, pastikan Mum memberikan susu pertumbuhan dengank kandungan nutrisi yang tepat seperti Friso Gold 3.