Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Berwisata Mengenal Burung & Serangga

Berwisata Mengenal Burung & Serangga

Rasa penasaran si Kecil terhadap dunia sekitar membuatnya selalu tertarik dengan hal-hal baru yang dilihatnya. Begitu pula dengan kehadiran burung dan serangga di sekitar rumah yang seringkali membuatnya takjub. Mari bimbing si Kecil dalam proses perkenalannya dengan dunia luar!

Aktivitas Bersama si Kecil

Sebagai permulaan,ajaklah si Kecil ke Taman Wisata untuk mengenal lebih dekat kehidupan burung dan serangga. Di sana, Mum dan si Kecil dapat melakukan aktivitas di bawah ini:

  1. Ajak si Kecil berjalan-jalan mengeliling taman. Kenalkan si Kecil dengan berbagai habitat burung dan serangga di sana
  2. Sambil melihat berbagai hewan yang ada di sana, bimbing si Kecil dengan memperhatikan berbagai bentuk dan warna yang dimiliki burung dan serangga tersebut.
  3. Mintalah si Kecil untuk mendengarkan bebunyian yang keluar dari para burung dan serangga. Dengan begitu ia dapat lebih mudah mengingat teman barunya tersebut,

Sesampainya di rumah, Lanjutkan keceriaan dengan membuat permainan sederhana sebagai berikut:

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini yah, Mum.

  1. Ayo berpura-pura sebagai induk dan anak burung. Ajak si Kecil terbang mengintari kamar sambil berkicau.
  2. Mintalah si Kecil mengumpulkan bantal dan selimut untuk dijadikan sarang. Setelah itu, bimbing ia untuk mengelilingi kamar dan mencari barang-barang tambahan.
  3. Ajak si Kecil meniru burung yang telah Ia lihat di Taman Wisata. Berkicaulah dan mengepak sayap seperti burung-burung yang ia ketahui.
  4. Jika si Kecil terlihat lelah, berikan ia kesempatan untuk menjaga sarang. Sementara itu, berpura-puralah terbang untuk menyiapkan makanan.
  5. Sekembalinya ke kamar, Ajari si Kecil bagaimana anak burung diberi makan oleh induknya.
  6. Ajari si Kecil untuk bangun sarang dari bantal dan guling tambahan

Info Pendukung Aktivitas

Jakarta memiliki beberapa tempat rekreasi yang cocok untuk kegiatan ini, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) salah satunya. Di sana, Mum bisa mengenalkannya pada dunia serangga lewat Museum Serangga. Setelah itu, ajaklah ia mengenal habitat serangga dan burung dengan lebih dekat dengan berkunjung ke Taman Burung dan Taman Kupu.

Manfaat Bagi Mum

Dengan bermain bersamanya, maka ikatan emosional dengan si Kecil akan semakin terbangun. Kegiatan bonding ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan emosionalnya termasuk untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman ketika berada bersama Mum dan Dad.

Manfaat Bagi si Kecil

Momen perkenalan si Kecil dengan dunia barunya ini tentu menjadi sesuatu yang istimewa. Selain dapat menjadi aktivitas relaksasi, bermain juga dapat membantu si Kecil dalam proses perkembangan dan kecerdasannya nantiMenurut Child Development Institute, 75% perkembangan otak dimulai setelah kelahiran, dan aktivitas bermain yang dilakukan si Kecil dapat membantu memaksimalkan perkembangan sel-sel otak dan saraf miliknya.

Info Gizi & Nutrisi

Untuk melindungi si Kecil ketika bermain di luar rumah, asupan nutrisi dan gizi yang tepat bisa membantunya dalam menjaga daya tahan tubuhnya. Tambahkan buah dan sayuran yang mengandung phytonutrients seperti wortel, labu dan buncis ke dalam menu si Kecil. Seperti yang diutarakan oleh Webmd.com, Kandungan beta-carotene dalam makanan tersebut dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dalam bukunya yang berjudul The Family Nutrition Book, Dr. William Sears, M.D. juga mengatakan bahwa phytonutrients meningkatkan pertumbuhan sel darah putih dan antibodi yang melindungi tubuh dari virus penyakit.