Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Biang Keringat pada si Kecil, Bagaimana Cara Meredakannya?

Biang Keringat pada si Kecil, Bagaimana Cara Meredakannya?

Lapisan kulit bayi cenderung lebih halus dan tipis sehingga rentan terkena biang keringat. Apalagi di saat cuaca panas dan suhu yang lembap, kulit si Kecil akan lebih sensitif dan mudah berkeringat. Oleh karena itu, Mums disarankan untuk selalu menjaga kesehatan kulit si Kecil pada saat cuaca panas atau hujan.

Biang keringat atau miliaria dapat terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar keringat. Kondisi ini membuat adanya gangguan kelenjar ekrin yang menutupi hampir seluruh permukaan kulit sehingga kulit tidak dapat mendinginkan tubuh atau melakukan penguapan air melalui keringat. Biang keringat sering dialami oleh si Kecil pada usia 1 sampai 3 tahun. Gangguan kesehatan kulit ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah dan gatal di sekitar leher, ketiak, pangkal paha, kepala, dahi, punggung, dan perut.

Baca Juga: Nutrisi Balita 1-3 Tahun

Perlu Mums ketahui, ada beberapa hal yang dapat memperparah biang keringat. Suhu panas, bahan pakaian yang kurang nyaman, serta penggunaan produk perawatan kulit si Kecil yang tidak aman bisa menjadi pemicu kondisi itu. Selain itu, waktu tidur si Kecil yang terlalu lama dan alergi obat tertentu juga dapat memperparah gangguan kesehatan ini.

Pada dasarnya, biang keringat akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa Mums lakukan untuk meredakan dan mempercepat penyembuhan biang keringat pada si Kecil. Tak perlu berlama-lama lagi, simak cara-caranya berikut ini ya, Mums.

Jaga Suhu Tetap Sejuk

Biang Keringat pada si Kecil, Bagaimana Cara Meredakannya?

Cara pertama yang bisa Mums lakukan untuk meredakan biang keringat yaitu dengan menjaga suhu di lingkungan sekitar si Kecil tetap sejuk. Mums bisa menggunakan AC dan kipas angin untuk membuat ruangan sejuk dan teduh. Namun, jangan mengarahkan angin secara langsung ke tubuh si Kecil ya, Mums. Selain itu, pastikan si Kecil minum cukup banyak air agar tubuhnya tetap terhidrasi. Selalu hindari tempat yang panas dan lembap agar kulit si Kecil tidak mudah berkeringat.

Jangan Biarkan Kulit si Kecil Basah karena Keringat

Langsung ganti baju si Kecil jika telah basah karena keringat. Menjaga kulitnya tetap kering adalah salah satu cara yang bisa Mums lakukan untuk meredakan biang keringat yang dialaminya. Hal ini dilakukan agar keringat tidak menumpuk pada tempat yang terjadi biang keringat. Saat si Kecil berkeringat, segera keringkan kulitnya dengan lap atau handuk yang lembut.

Gunakan Bedak Bayi

Biang Keringat pada si Kecil, Bagaimana Cara Meredakannya?

Bedak bayi terbukti efektif untuk menjaga kulit si Kecil tetap kering dan tidak mudah berkeringat. Selain itu, bedak bayi juga dapat membantu mengatasi iritasi ringan dan kemerahan pada kulit, sehingga kulit si Kecil dapat cepat sembuh dari miliaria ini. Sebelum menggunakan bedak, pastikan kulit si Kecil telah kering dengan sempurna. Menggunakan bedak saat kondisi kulit masih basah dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan biang keringat akan semakin parah.

Pakaian yang Nyaman

Selalu pilih pakaian yang nyaman, tidak kasar, halus, dan dapat menyerap keringat. Mums disarankan untuk memilih pakaian dari serat alami atau katun, serta hindari pakaian yang berasal dari kain sintetis. Pakaian yang terbuat dari kain sintetis dapat memerangkap panas, sehingga tidak nyaman digunakan dan keringat menjadi bertumpuk di kulit. Gunakan pakaian yang tidak tebal dan longgar sehingga keringat tidak menumpuk.

Jangan Sering Menggendong si Kecil

Biang Keringat pada si Kecil, Bagaimana Cara Meredakannya?

Agar miliaria pada si Kecil tidak semakin parah, sebaiknya Mums jangan sering menggendong si Kecil terutama saat cuaca panas. Ketika hal tersebut dilakukan, si Kecil akan menerima dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Mums yang menggendong. Maka, lebih baik biarkan si Kecil berbaring sehingga banyak udara yang masuk dari sela-sela tubuh si Kecil. Hal ini akan menjaga kondisi tubuhnya tetap segar.

Oleskan Krim atau Lotion

Cara ini bisa Mums lakukan jika biang keringat yang dialami si Kecil cukup parah. Mums bisa mengoleskan si Kecil krim bayi yang mengandung Hidrokortison atau obat yang disarankan oleh dokter. Gunakan lotion Calamine untuk mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Saat mengoleskan krim atau lotion, hindari area dekat mata si Kecil untuk mencegah terjadinya iritasi.

Itulah beberapa cara yang bisa Mums lakukan untuk meredakan dan mempercepat penyembuhan biang keringat. Selalu jaga kesehatan kulit si Kecil agar biang keringat atau gangguan kesehatan kulit lainnya tidak muncul lagi. Tak hanya merawat kesehatan kulit dari luar, Mums juga perlu merawatnya dari dalam melalui asupan nutrisi yang cukup.

Mums bisa memberi makanan yang mengandung Vitamin D dan Vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit si Kecil. Berikan makanan yang kaya nutrisi agar daya tahan tubuhnya meningkat. Mums bisa memberikan si Kecil susu pertumbuhan Friso Gold 3 untuk menunjang pemenuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu maksimalkan pemberian nutrisi di fase tumbuh kembangnya agar si Kecil tetap sehat dan memiliki sistem imun yang kuat.