Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bingung Memberikan Makanan untuk Si Kecil? Mums Bisa Simak 3 Kriteria Makanan Sehat Berikut Ini

Bingung Memberikan Makanan untuk Si Kecil? Mums Bisa Simak 3 Kriteria Makanan Sehat Berikut Ini

Makanan, menjadi media utama untuk nutrisi masuk ke dalam tubuh si Kecil. Berbagai jenis makanan, mulai dari buah dan sayuran, produk susu, makanan kaya Karbohidrat, serta kombinasi makanan dengan beberapa kriteria makanan sehat. Tentu, kemudian akan sangat baik jika makanan yang disajikan memiliki variasi menu yang baik.
Untuk kombinasi makanan mungkin Mums sudah memiliki formula tersendiri. Kombinasi ini sangat berguna agar si Kecil tidak bosan dan nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi. Untuk memberikan informasi tambahan, artikel ini akan memuat setidaknya 3 kriteria makanan yang baik, untuk sistem pencernaan dan tumbuh kembangnya.
Kemudian yang jadi pertanyaan, apa saja kriteria makanan tersebut? Secara singkat, kriteria makanan yang baik untuk pencernaan dan tumbuh kembang si Kecil adalah Makanan Berimbang, Makanan Bernutrisi serta Makanan Higienis. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Makanan Berimbang

Berimbang disini diartikan sebagai porsi atas komponen makanan yang diberikan pada si Kecil. Nutrisi yang diperlukan si Kecil beragam, mulai dari Vitamin, Mineral, Protein, Kalsium, Karbohidrat, Lemak dan lain sebagainya. Setiap nutrisi ini akan didapatkan dari jenis makanan yang berbeda-beda.
Namun demikian, tidak hanya variasi makanan yang beragam. Yang paling penting adalah setiap nutrisi dapat diberikan sesuai dengan porsi yang diperlukan oleh tubuh si Kecil. Jadi misalkan saja, pada usia 1 hingga 3 tahun, si Kecil memerlukan asupan Karbohidrat per hari sebanyak sekian gram. Maka jumlah ini yang idealnya diberikan untuk si Kecil.
Kemudian pemberian nutrisi tidak boleh berat sebelah. Misal komposisi makanan yang diberikan pada si Kecil didominasi oleh Karbohidrat saja, atau oleh Vitamin C saja. Jika asupan makanan yang mengandung nutrisi tidak seimbang, yang terjadi justri si Kecil bisa kelebihan nutrisi dan akan membuat proses tumbuh kembangnya kurang sempurna. Nutrisi yang tidak terpakai akan terbuang, atau akan mengendap dan menjadi resiko masalah di kemudian hari.

Makanan Bernutrisi

Menyambung poin pertama tadi, makanan yang diberikan untuk si Kecil juga harus memiliki nutrisi yang lengkap. Tumbuh kembang si Kecil memerlukan bahan dasar berupa nutrisi agar dapat berlangsung dengan optimal. Ketika kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka idealnya tumbuh kembang si Kecil akan berjalan baik.
Kriteria makanan sehat yang kedua ini, menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Berkaitan dengan bahasan poin pertama, nutrisi didapatkan dari berbagai jenis makanan yang ada, sehingga kombinasi jenis makanan diperlukan agar kebutuhan nutrisinya dapat dipenuhi.
Nutrisi yang diserap sempurna oleh organ pencernaan si Kecil kemudian dapat diolah menjadi bahan penambah volume tubuh, dari sisi tinggi maupun berat. Di sisi lain, penyerapan nutrisi juga akan berdampak langsung pada kondisi daya tahan tubuh si Kecil, sehingga semakin optimal penyerapan nutrisi, semakin kuat juga daya tahan tubuhnya.

Makanan Higienis

Poin terakhir, yang tidak kalah pentingnya, adalah kriteria makanan higienis. Tentu saja seperti Mums pahami, makanan yang tidak higienis dapat menimbulkan resiko gangguan pencernaan pada si Kecil. Lebih jauh, bahkan makanan tidak higienis yang mengandung kuman atau bakteri jahat bisa berdampak buruk pada kesehatannya secara umum.
Tidak semua makanan yang dijual merupakan makanan yang tidak higienis. Ketika mungkin Mums membeli makanan untuk si Kecil, Mums tentu memperhatikan kebersihan dan pengolahan makanan tersebut. Ketika dapat dipastikan makanan tersebut cukup higienis, baru kemudian Mums bisa membelinya dan memberikan pada si Kecil.
Yang paling aman tentu adalah dengan memasak sendiri berbagai makanan yang diberikan untuk si Kecil. Ketika Mums memasak makanan di rumah, faktor higienitas dari makanan tentu tidak perlu diragukan. Selain itu, makanan yang Mums buat menggunakan tangan sendiri akan terasa lebih nikmat karena Mums memasaknya dengan penuh rasa kasih sayang.
Higienitas makanan berdampak langsung pada kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Makanan yang higienis akan dapat diolah dengan lancar, sehingga tubuh mendapatkan nutrisi tanpa harus beresiko terkena gangguan penyakit atau virus. Sebaliknya, makanan kurang higienis akan membuat saluran cerna bekerja lebih keras sebelum dapat menyerap nutrisi yang ada pada makanan tersebut.

Ketiga kriteria di atas merupakan kriteria umum yang bisa Mums terapkan sehari-hari. Dalam setiap kriteria, memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Hal ini mengingat bahwa memang makanan yang diberikan pada si Kecil harus bernutrisi, beragam dan juga bersih.
Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam kriteria makanan sehat tersebut, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 untuk si Kecil. Teknologi Locknutri yang ada akan menjaga kualitas alami nutrisi yang ada, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Mums juga dapat berkonsultasi pada Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso dengan menggunakan fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang