Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bingung Permainan Bayi Apa yang Cocok untuk si Kecil? Simak Penjelasannya Di Sini!

Bingung Permainan Bayi Apa yang Cocok untuk si Kecil? Simak Penjelasannya Di Sini!

Mendampingi setiap fase tumbuh kembang si Kecil mungkin menjadi salah satu hal paling membahagiakan untuk Mums. Setiap kemampuan baru, setiap hal baru yang dipelajari, dan setiap menit yang dilewati terasa sangat berarti. Dalam mendampinginya, Mums juga dapat melakukan beberapa permainan bayi untuk memberikan rangsangan pada si Kecil agar memiliki masa tumbuh kembang yang optimal.

Apakah hal ini diperlukan? Ya, hal ini diperlukan agar si Kecil dapat mengenali dan belajar berbagai hal baru. Permainan bayi tidak hanya ditujukan untuk memberikan rasa senang pada si Kecil namun juga media dan sarana yang baik untuknya belajar. Dengan melakukan permainan bayi, selain Mums dapat memberikan rangsangan untuk tumbuh kembangnya, hubungan emosional Mums dan si Kecil juga akan semakin baik.

Ketika si Kecil tumbuh dari awal, katakanlah bulan pertama kehidupannya, tentu permainan yang diberikan tak bisa disamakan dengan ketika ia sudah mampu bergerak aktif. Maka dari itu, Mums dapat melihat beberapa jenis permainan yang dapat dilakukan bersama si Kecil sesuai dengan usianya, mulai dari 0 hingga 3 bulan, 4 sampai 7 bulan dan 8 hingga 12 bulan. Check this out ya Mums!

Permainan Bayi ketika si Kecil Masih Di Bawah 3 Bulan

Pada usia ini, seperti Mums sudah ketahui, si Kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beristirahat dan menyusu. Bayi usia di bawah 3 bulan memang belum memiliki kemampuan fisik untuk melakukan permainan aktif. Namun ini tidak berarti tidak ada permainan yang bisa Mums lakukan bersamanya lho.

Meski sederhana, permainan seperti menggerakkan tangan si Kecil dengan gerakan tepukan dengan perlahan, menggerakkan kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda, serta memainkan beberapa benda di area penglihatannya dapat menjadi stimulus yang cukup baik. Permainan tersebut dapat memberikan stimulus gerak pada si Kecil dan melatih kemampuan matanya dalam mengikuti objek bergerak.

Satu permainan lain yang dapat dilakukan adalah memberikan benda kecil pada genggaman si Kecil. Ya, mungkin terdengar sepele, namun hal ini bisa membantu si Kecil dalam melatih kekuatan genggaman tangan sekaligus melatih kesadarannya pada kemampuan menggerakkan bagian tubuh tersebut. Ternyata hal sederhana seperti ini banyak manfaatnya ya Mums?

Menginjak 4 Bulan, Ini Jenis Permainannya

Nah pada usia ini hingga 7 bulan, permainan bayi yang diberikan bisa lebih beragam. Mengapa demikian? Karena secara alami tubuh si Kecil sudah memiliki kekuatan lebih besar dan ia memiliki koordinasi yang lebih baik pada tubuhnya. Selain itu si Kecil juga sudah memiliki kemampuan emosional lebih baik, seperti membalas senyuman dari orang disekitarnya.

Salah satu permainan yang cukup mudah dan menyenangkan adalah memegang benda di sekitar si Kecil dan menyebutkan namanya. Mums akan mendapati si Kecil tertawa dan memberikan perhatian pada apa yang Mums lakukan. Bahkan terkadang si Kecil juga akan mengeluarkan suara seperti tengah berusaha untuk menirukan apa yang Mums sebutkan tadi.

Lalu apa manfaatnya? Hal ini memiliki dampak pada kemampuan berbicara dan perbendaharaan katanya. Dengan mendengar banyak kata yang Mums ucapkan, si Kecil sedikit demi sedikit akan mengingat kata tersebut. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar seperti merangsang kecerdasannya, Mums dapat menyentuh bagian tubuhnya sembari menyebutkan namanya. Sentuhan hangat Mums akan memberikan rangsangan pada otak si Kecil, sehingga ia akan memiliki kecerdasan yang lebih baik.

Jenis Permainan Ketika Mendekati Usia 1 Tahun

Untuk usia selanjutnya, antara 8 hingga 12 bulan, permainan bayi yang dilakukan tentu bisa lebih beragam karena ia sudah memiliki kemampuan fisik yang jauh lebih berkembang serta kecerdasan yang juga sudah berkembang. Mums akan mendapati bahwa permainan yang dilakukan akan lebih bervariatif karena si Kecil sudah mulai aktif bergerak (seperti merangkak dan belajar berjalan).

Tidak lupa, si Kecil mulai dapat berinteraksi dengan lebih baik lagi. Ia akan memahami apa yang Mums sampaikan, instruksi dan aturan permainan sederhana, dan banyak hal lain. Mungkin untuk memberikan stimulus pada si Kecil, Mums dapat melakukan permainan petak umpet di area rumah. Untuk memainkan permainan yang disebutkan tadi, ada baiknya Mums melakukannya berulang kali agar si Kecil mendapatkan manfaat dari setiap kegiatan tersebut.

Mums dapat memadukan setiap permainan bayi yang sudah direkomendasikan di atas, atau mungkin saja membuat permainan baru, dengan bantuan berbagai alat dan teknologi. Tentu, penggunaan alat bantu dan teknologi juga harus dilakukan dengan cermat agar tidak memberikan dampak negatif untuk tumbuh kembang si Kecil.

Lengkapi pula stimulus permainan bayi yang diberikan dengan asupan makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Si kecil dapat tumbuh optimal dengan stimulus yang baik serta keterpenuhan nutrisi. Dua faktor ini akan terasa makin lengkap ketika Mums senantiasa hadir mendampingi si Kecil, sehingga curahan kasih sayang yang Mums berikan dapat dirasakan langsung olehnya.