Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bolehkah Dipijat Saat Hamil?

Bolehkah Dipijat Saat Hamil?

Selamat, kini Mum sudah memasuki trimester terakhir! Pada masa ini, biasanya aktivitas si Kecil di dalam rahim makin meningkat, sehingga Mum jadi lebih mudah lelah. Ditambah lagi, pikiran Mum juga penuh dengan persiapan persalinan nanti. Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya Mum dan Dad meluangkan waktu sejenak untuk berlibur ke pantai.

Saat menikmati momen bersama, biarkanlah Dad memijat perut Mum. Jangan takut Mum, ini hanya berupa pijatan ringan, kok. Mau tahu bagaimana cara memijat yang aman bagi ibu hamil? Ayo kita baca sama-sama.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Kenalkan Dengan Dokter

    Sebelum melakukan aktivitas ini, konsultasikan dulu pada dokter atau bidan kepercayaan, ya. Ajak juga Dad untuk mempelajari gerakan memijat yang akan dipraktikkan. Jangan lupa, tanyakan area mana yang boleh dan tidak boleh dipijat.

  2. Siapkan Perlengkapan Untuk Pijat

    Siapkan matras, air minum, baju yang nyaman, body lotion untuk pijat, serta gambar tutorial gerakan pijat (bila ada). Mulai sesi memijat dengan duduk di atas matras sembari Dad mengoleskan body lotion ke bagian yang akan dipijat.

  3. Pijat Mulai Dari Pundak

    Pijat Mulai dari Pundak

    Pijat bisa dimulai dari bagian pundak. Pijatan pada bagian ini dapat membantu mengurangi pegal-pegal dan nyeri pada bahu Mum selama kehamilan.

  4. Lanjut Ke Bagian Punggung

    Lanjut ke Bagian Punggung

    Setelah itu, Dad bisa mulai memijat punggung bagian bawah sampai ke tulang belikat. Pijatan ini membantu mengurangi nyeri dan merelaksasi bagian belakang tubuh Mum.

  5. Pijat Perut Dengan Tekanan Minim

    Pijat Perut dengan Tekanan Minim

    Pijatan terakhir bisa dilakukan pada bagian perut. Lakukan dengan sangat lembut dan tekanan yang minim. Pijatan ini dapat membantu Mum untuk rileks dan memperbaiki kualitas tidur. Sebaiknya, tanyakan pada dokter atau terapis profesional sebelum melakukan pijatan pada bagian perut.

  6. Abadikan Momen Menyenangkan

    Abadikan juga momen menyenangkan ini melalui foto dan video ya, Mum. Ayo share pengalaman Mum ke FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.

Manfaat Bagi Mum

Bukan rahasia lagi bahwa pijat dapat melancarkan peredaran darah. Perpaduan antara gerakan pijat yang menenangkan serta udara pantai yang segar, akan membuat Mum lebih rileks dan berenergi. Dengan begitu, Mum semakin siap untuk menghadapi persalinan nanti. Pijat juga bisa mengurangi stres di penghujung kehamilan. Mum juga bisa meminta Dad untuk memijat secara lembut. Ya, Dad memang bukanlah terapis profesional. Namun, sentuhan dari orang tersayang dapat memberikan rasa nyaman yang Mum butuhkan sembari menunggu kelahiran si Kecil.

Manfaat Bagi Si Kecil

Percaya atau tidak, ternyata gerakan pijat bisa menguatkan ikatan antara Mum dan si Kecil yang masih di dalam kandungan. Ia pun bisa merasakan kenyamanan, sekaligus kehangatan dari pijatan demi pijatan pada perut Mum. Si Kecil bahkan dapat menunjukkan reaksi nyaman ketika perut Mum sedang dipijat. Menggemaskan sekali, ya!

Info Nutrisi

Pada tahap ini, Mum membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Bukan sekadar meningkatkan daya tahan tubuh, nutrisi lengkap ini juga untuk mendukung perkembangan plasenta dalam rahim. Jika Mum kurang berselera makan di trimester terakhir ini, pilihlah jenis makanan yang bergizi, tapi juga enak. Misalnya, brokoli yang kaya akan Asam Folat dapat disajikan dengan omelet dan keju cheddar agar semakin lezat.

Untuk membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini memungkinkan karena Friso diproduksi dengan Single Process di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga serta dapat mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal hingga persalinan nanti.