Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Buah untuk Bayi, Tepat sebagai MPASI untuk si Kecil! [5 Buah]

Buah untuk Bayi, Tepat sebagai MPASI untuk si Kecil! [5 Buah]

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil merupakan hal wajib yang harus Mums lakukan. Tumbuh kembangnya memerlukan asupan nutrisi yang tidak sedikit, terlebih ketika usianya semakin bertambah. Mulai usia 6 bulan, Mums sudah dapat mengenalkan makanan pendamping ASI untuknya. Salah satu pilihan yang direkomendasikan adalah beberapa jenis buah untuk bayi.

Memang pada usia 0 hingga 6 bulan, kebutuhan nutrisi si Kecil bisa terpenuhi hanya dengan konsumsi ASI yang rutin. Namun karena organ pencernaannya mulai sempurna dan kebutuhan nutrisi hariannya bertambah, MPASI berupa buah adalah pilihan yang tepat. Seperti Mums pahami, buah memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan mendukung tumbuh kembang.

Tapi apa semua buah bisa diberikan untuk si Kecil? Well, sebenarnya selama si Kecil tidak memiliki alergi dan Mums mengolah buah tersebut hingga cukup lunak, hal ini tidak masalah. Namun demikian, ada beberapa buah untuk bayi yang direkomendasikan. Cek daftarnya!

Buah untuk Bayi, Apel

Buah untuk Bayi, Tepat sebagai MPASI untuk si Kecil! [5 Buah]

Mengandung Kalium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, hingga Vitamin A dan Vitamin C, menjadikan apel buah untuk bayi yang sangat ideal. Setiap nutrisi tersebut diperlukan oleh tubuh si Kecil untuk terus tumbuh dan berkembang secara optimal. Nah sebelum diberikan pada si Kecil, buah apel terlebih dahulu bisa diolah dengan cara berikut ini.

Potong buah dalam ukuran kecil dan letakkan pada wadah yang tahan panas. Kemudian, kukus buah apel tersebut di dalam panci selama kurang lebih 3 menit. Setelah dikukus, Mums bisa menghaluskannya dengan menggunakan garpu atau blender. Untuk menambahkan rasa agar semakin lezat, Mums dapat menambahkan kayu manis. Dijamin si Kecil akan lahap memakan buah apel ini.

Buah Bahagia, Pisang

Mungkin tidak sedikit dari Mums yang sudah mengenalkan pisang pada si Kecil bahkan sebelum usianya menginjak 6 bulan. Hal ini dikarenakan tekstur pisang yang lembut dan cukup halus untuk dikonsumsi bayi. Dengan kemampuan pencernaan si Kecil, baik mulut atau organ dalamnya, buah pisang jadi salah satu buah yang paling mudah dikonsumsi tanpa menimbulkan gangguan.

Selain diberikan secara langsung (tentu dihaluskan dulu), Mums juga dapat memberikannya dalam bentuk bubur. Potong dalam ukuran kecil, kemudian tambahkan ASI atau susu formula. Haluskan dengan blender dan bubur pisang kaya nutrisi siap disajikan. Cara klasik lain yang bisa digunakan adalah dengan mengerok buah pisang dengan sendok.

Tekstur Lembut dan Kaya Lemak Sehat, Alpukat

Buah untuk Bayi, Tepat sebagai MPASI untuk si Kecil! [5 Buah]

Jika Mums mencari buah untuk bayi dengan tekstur yang sama lembutnya dengan pisang, mungkin alpukat bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki daging buah yang lembut dan cukup halus, buah ini juga kaya akan kandungan nutrisi yang dapat menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Kandungannya antara lain lemak tak jenuh, Vitamin E, dan beberapa nutrisi lainnya. Rasa dan tekstur khas dari alpukat bisa juga Mums kombinasikan dengan buah lain ketika disajikan. Misalnya, dengan mencampurkannya dengan pisang, atau bahkan susu. Cukup Mums blender saja daging buah alpukat dan bahan yang ingin ditambahkan, dan Mums bisa menyajikannya secara langsung.

Pepaya Juga Bisa Jadi Pilihan Tepat

Warna yang cerah, tekstur lembut, serta rasanya yang lezat, buah untuk bayi selanjutnya adalah pepaya. Kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Folat, dan serat membuat buah ini tak hanya baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil namun juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaannya.

Sama seperti beberapa buah yang disebutkan dalam daftar ini, Mums bisa menyajikan pepaya dalam bentuk bubur. Pertama, kupas buah pepaya dan belah menjadi dua. Hilangkan bagian biji pepaya, kemudian cuci pepaya hingga bersih. Potong dalam ukuran kecil dan haluskan. Voila! Bubur pepaya nikmat siap disantap oleh si Kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Kiwi, Kaya akan Serat dan Vitamin

Buah untuk Bayi, Tepat sebagai MPASI untuk si Kecil! [5 Buah]

Untuk buah kiwi sendiri, sebenarnya memiliki banyak nutrisi baik yang diperlukan untuk masa tumbuh kembang, seperti misalnya serat, Vitamin A, dan Vitamin C. Namun demikian tidak semua anak-anak bisa mengkonsumsi buah dengan warna hijau ini. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan timbulnya alergi pada anak, dan ketika tanda ini muncul Mums harus segera menghentikan konsumsi kiwi.

Untuk yang tidak memiliki alergi pada kiwi, Mums dapat menyajikannya dalam bentuk bubur. Pertama kupas buah kiwi dan potong kecil-kecil. Selanjutnya haluskan dengan garpu atau blender, dan sajikan untuk si Kecil. Rasanya yang segar akan menggugah selera si Kecil sekaligus bisa mengenalkan si Kecil pada rasa baru yang belum pernah dirasakannya.

Baca Juga : Ingin Memberikan Finger Food untuk si Kecil? [6 Opsinya]

Memilih MPASI yang baik tentu harus dengan pertimbangan dari dokter kepercayaan Mums. Maka dari itu, akan sangat baik jika dalam memutuskan MPASI apa yang diberikan Mums terlebih dahulu berkonsultasi. Selain untuk menghindari alergi yang mungkin terjadi, hal ini juga ditujukan agar Mums paham benar kebutuhan nutrisi si Kecil dan porsi MPASI yang diberikan.

Buah untuk bayi sendiri merupakan salah satu pilihan MPASI yang paling tepat sebab bersifat alami sehingga nutrisinya mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Nah, untuk membantu mencukupi nutrisi harian si Kecil selama masa MPASI ini, Mums juga dapat mengkonsumsi Frisomum Gold Dualcare+. Susu ini dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh Mums, sehingga dapat memproduksi ASI dengan nutrisi yang lengkap. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh sehat dan kuat!