Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Buat Aktivitas Mandi Lebih Menyenangkan dengan Cara Ini

Buat Aktivitas Mandi Lebih Menyenangkan dengan Cara Ini

Buat Aktivitas Mandi Lebih Menyenangkan dengan Cara Ini

Di tahun pertamanya, si Kecil semakin tertarik pada objek yangada di sekitarnya. Kemampuan motoriknya pun semakin berkembang, Mum. Kiniia mulai bisaduduk, merangkak, merambat, atau bahkan melangkah dengan kakinya yang mungil. Agar tetap sehat saat melakukanberbagai aktivitas, si Kecil perlu diajarkan pentingnya menjaga kebersihansejak dini. Untuk itu, mari ajak ia untuk menjaga tubuhnya tetap bersih denganrutin mandi dua kali sehari!

Namun karena berbagai alasan, mandi bisa saja menjadi aktivitas yang membuat si Kecil takut,Mum. Tak jarang beberapa balita seusianya tak berhenti berteriak atau menangisketika mandi . Supaya si Kecil mengganggapmandi itu menyenangkan dan baik bagi kesehatannya, Mum bisa melakukan sesi berceritasebelum melakukan aktivitas rutin tersebut. Lihat langkah-langkahnya di bawahini, yuk!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Siapkan lembar berisi gambar berbagai aktivitas yang dilakukan ketika mandi.

  2. Menjelaskan Lembar Aktivitas

    Menjelaskan Lembar Aktivitas

    Jelaskan pada si Kecil tentang aktivitas apa saja yang harus dilakukan ketika mandi; seperti menyikat gigi, mencuci rambut dengan sampo, serta membersihkan tubuh menggunakan sabun. Tidak hanya itu, ajarkan juga bagaimana tata cara mandi yang baik ya, Mum.

  3. Ajak Si Kecil Mempraktekkan

    Ajak Si Kecil Mempraktekkan

    Selanjutnya, ajak si Kecil mandi untuk mempraktekkan aktivitas yang sudah Mum ceritakan. Supaya lebih seru, Mum juga bisa menggunakan peralatan mandi si Kecil sebagai ‘karakter’ untuk bercerita, lho. Misalnya, “Halo! Namaku sikat gigi. Aku dan sahabatku si pasta gigi bisa membuat gigi kamu bersih dan sehat, lho.” Atau “Hai! Namaku sabun! Aku bisa membuat tubuhmu wangi dan bersih dari kuman.”

  4. Manfaat Bagi Mum

    Memandikan si Kecil bisa menjadi momen untuk melepaskan rasa bosan dan stres yang Mum rasakan. Memang, melihat wajahnya yang riang dan mendengar tawanya yang lucu merupakan pembangkit mood yang paling ampuh. Aktivitas ini pun semakin seru ketika Mum mulai bercerita menggunakan peralatan mandi si Kecil.

  5. Manfaat Bagi Si Kecil

    Aktivitas bercerita yang Mum lakukan tentu dapat membuat mandi si Kecil terasa lebih menyenangkan. Ia pun bisa lebih bersemangat untuk mandi secara rutin, sehingga kesehatan tubuhnya juga bisa terjaga. Selain itu, sentuhan dan kasih sayang yang Mum berikan pada si Kecil juga dapat menstimulasi otaknya untuk berkembang dengan lebih optimal

  6. Info Nutrisi

    Selain menjaga kebersihan tubuhnya dari luar, Mum juga perlu melindungi si Kecil dari dalam. Apalagi di usianya kini, ia semakin aktif untuk mempelajari hal baru. Oleh karena itu, berikan asupan yang tidak hanya bergizi, tapi juga mudah dicerna. Asupan dengan tekstur yang lembut seperti yogurt bisa menjadi pilihan karena kandungan Probiotiknya bisa membantu si Kecil tidak mudah terserang penyakit.

Penuhi juga kebutuhan nutrisinya sehari-hari dengan rutin memberikan Friso Gold 3 yang diperkaya dengan ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, serta Zinc, Zat Besi, dan Selenium. Susu pertumbuhan ini diproduksi dengan Single Process tanpa pemanasan berlebih,sehingga kualitas nutrisi dalam susu tetap terjaga dan lebih mudah dicerna oleh tubuh si Kecil.