Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Buat si Kecil Lahap Makan dengan 5 Menu Sarapan Sehat Ini

Buat si Kecil Lahap Makan dengan 5 Menu Sarapan Sehat Ini

Sarapan menjadi menu makanan pertama yang dikonsumsi oleh si Kecil untuk mengawali harinya. Oleh karena itu, menu sarapan sehat akan berperan penting sebagai cadangan energi yang bisa mendukung aktivitas si Kecil seharian. Terlebih, saat menginjak usia 4 tahun ia sedang dalam masa pertumbuhan.

Menu sarapan yang sehat akan membuat si Kecil tidak malas makan dan melahapnya dengan baik, sehingga sarapan akan mencukupi kebutuhan gizi hariannya. Selain itu, sarapan sehat dapat membantu si Kecil lebih fokus dan siap menjalani harinya. Membiasakan si Kecil sarapan menjadi kewajiban yang harus Mums lakukan, terutama saat si Kecil sudah masuk kelompok bermain dan juga bangku sekolah. Selain bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, sarapan juga bisa meningkatkan prestasi belajarnya.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat untuk Anak yang Membantu Tumbuh Kembangnya

Dalam menyajikan menu sarapan untuk si Kecil, jangan hanya berfokus pada asal kenyang ya, Mums. Sarapan sehat harus memenuhi kurang lebih 30% dari total Angka Kebutuhan Gizi (AKG) yang diperlukan setiap hari. Menu sarapan yang disajikan setidaknya mengandung protein, lemak, karbohidrat, air, dan serat makanan yang baik untuk si Kecil. Kandungan tersebut bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil per hari.

Artikel berikut ini akan membahas beberapa menu sarapan sehat yang bisa Mums berikan untuk si Kecil. Pada prinsipnya, Mums harus memastikan nutrisi dalam menu sarapan tersebut mengandung unsur yang bisa mendukung aktivitas hariannya, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, dan meningkatkan kecerdasannya. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa menu sarapan sehat yang bisa Mums buat di rumah.

Salad Buah dan Sayur

Buat si Kecil Lahap Makan dengan 5 Menu Sarapan Sehat Ini

Sayur mungkin tampak membosankan bagi si Kecil, karena tampilannya yang seragam dan rasanya yang hambar. Namun, jangan khawatir, Mums bisa mengolah sayur sedemikian rupa agar si Kecil tetap lahap memakannya. Salah satu caranya adalah mengolah sayur dan buah menjadi salad. Mums bisa berkreasi sendiri untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya. Tambahkan buah segar seperti apel, tomat, semangka, melon, dan anggur untuk memperkaya nutrisi. Tidak hanya sehat, salad buah dan sayur yang Mums buat sendiri akan lebih lezat dan mengenyangkan untuk si Kecil.

Roti Gandum Isi Selai

Gandum memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti protein, Vitamin B, Magnesium, Zat Besi, dan mineral. Kandungan karbohidrat dalam roti gandum dipercaya mampu mencukupi kebutuhan kalori si Kecil di pagi hari. Oleh karena itu, sarapan roti gandum sangat aman untuk kesehatan si Kecil. Agar semakin lezat dan kaya nutrisi, Mums bisa mengoleskan selai kacang atau nanas di dalamnya.

Sosis dan Kentang Goreng

Buat si Kecil Lahap Makan dengan 5 Menu Sarapan Sehat Ini

Sosis daging sapi kaya akan kandungan protein, Zat Besi, dan lemak yang baik untuk pertumbuhan si Kecil. Selain sehat, sosis memiliki cita rasa yang lezat sehingga si Kecil tidak akan malas saat menyantapnya. Mums bisa mengoleskan sosis dengan saus tomat untuk menambah kelezatannya. Tambahkan kentang dalam menu sarapan ini agar karbohidrat si Kecil bisa terpenuhi. Sarapan ini akan menjadi simpanan energi untuk si Kecil sampai ia bertemu dengan waktu makan siang.

Bubur Sereal Manis

Sereal mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, Vitamin B1, B2, B3, B5, B9, Kalsium, Magnesium, Folat, Fosfor, Mangan, Kalium, dan Zat Besi. Selain mengoptimalkan tumbuh kembang, sereal baik untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan pencernaan si Kecil.

Mums bisa membuatnya dengan cara menyeduh 5 sendok makan sereal ke dalam mangkuk dan campurkan dengan susu panas. Beri isian sereal dengan buah-buahan yang manis dan segar seperti pisang, kiwi, dan stroberi.

Dadar Gulung Sayur dan Daging Cincang

Buat si Kecil Lahap Makan dengan 5 Menu Sarapan Sehat Ini

Agar kebutuhan protein harian si Kecil terpenuhi, Mums bisa menjadikan telur sebagai menu sarapannya. Protein yang terkandung dalam telur sangat baik untuk pertumbuhan anak. Mums bisa mengolah telur menjadi menu sarapan dadar gulung. Tambahkan sayur dan daging cincang sebagai isian agar lebih lezat dan kaya nutrisi.

Cara membuat menu sarapan ini cukup mudah, Mums. Cukup kocok lepas 2 butir telur, kemudian dadar menggunakan teflon. Setelah itu, tumis daging cincang menggunakan bawang bombai, beri sedikit saus tiram. Setelah daging matang, tambahkan sayur yang sudah dikukus terlebih dahulu ke dalam daging. Masukkan tumisan daging cincang dan sayur ke dalam telur yang sudah didadar. Terakhir, gulung telur beserta isiannya dan sajikan pada si Kecil.

Lima menu sehat di atas bisa menjadi pilihan sarapan yang Mums berikan kepada si Kecil setiap hari. Ingat untuk selalu rutin mengganti menu sarapannya ya, Mums. Alasannya adalah untuk mencegah agar si Kecil tidak mudah bosan dan tetap lahap makan di pagi hari.

Saat dalam masa pertumbuhan, si Kecil akan sangat aktif untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Kegiatan tersebut tentu memerlukan banyak energi setiap harinya. Oleh karena itu, selalu cukupi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan menu makanan yang sehat agar hari-harinya tetap berjalan menyenangkan. Untuk membantu Mums mencukupi nutrisi harian si Kecil, berikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap kebutuhannya. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi yang terkandung dalam susu akan tetap terjaga, sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil. Pemberian nutrisi yang cukup akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tidak mudah terserang penyakit.