Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bulldozer, Crane, atau Roller? Yuk, Buat Mainannya dari Kertas

Bulldozer, Crane, atau Roller? Yuk, Buat Mainannya dari Kertas

Bulldozer, crane atau roller? Walaupun si Kecil mungkin pernah melihat ketiganya di TV atau saat jalan-jalan ke luar rumah, tapi nama- nama ini mungkin masih terasa asing bagi si Kecil. Oleh karena itu, yuk kenalkan si Kecil dengan 3 alat berat tersebut lewat kreasi dari kertas yang seru dan menarik. Caranya? Siapkan kertas dan karton, lalu ikuti langkahnya di bawah ini.

Durasi Permainan: 30 menit

Tingkat Kesulitan: Sedang

Bulldozer, crane atau roller? Walaupun si Kecil mungkin pernah melihat ketiganya di TV atau saat jalan-jalan ke luar rumah, tapi nama- nama ini mungkin masih terasa asing bagi si Kecil. Oleh karena itu, yuk kenalkan si Kecil dengan 3 alat berat tersebut lewat kreasi dari kertas yang seru dan menarik. Caranya? Siapkan kertas dan karton, lalu ikuti langkahnya di bawah ini.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Download dan print gambar Friso Paper Toys yang terdapat di bagian Info Pendukung Aktivitas. Siapkan masing-masing 2 cetak untuk Mum dan si Kecil, ya.
  2. Tempelkan gambar pada karton atau kertas yang lebih tebal.
  3. Dengan menggunakan crayon atau pensil warna, warnai rangka mainan sesuai keinginan Mum dan si Kecil.
  4. Jika sudah, kini gunting rangkanya mengikuti petunjuk yang ada di sana. Sambil menggunting, Mum juga bisa menceritakan tentang bagian alat berat itu, seperti roda besar dan setirnya.
  5. Setelah itu, bimbing si Kecil untuk melipat dan menempel gambarnya sesuai pola.
  6. Mainannya sudah jadi semua, Mum? Sekarang, kenalkan juga si Kecil dengan mainan barunya, sambil menjelaskan fungsinya masing-masing. Misalnya bulldozer untuk mendorong dan memindahkan tanah atau pasir saat membangun gedung, crane untuk mengangkat perlengkapan bangunan yang besar, dan roller untuk meratakan jalan aspal di depan rumahnya.
  7. Mum, sambil bermain nanti, jangan lupa foto selfie dengan si Kecil dan mainan-mainan barunya itu, ya. Foto ini tentu bisa menjadi kenangan yang indah ketika Dia sudah besar nanti. Sebagai inspirasi untuk Friso Mums lainnya, bagikan foto tersebut ke halaman Facebook kami, Friso Indonesia atau twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Waktu menggunting kertas, si Kecil biasanya tertarik untuk ikut membantu Mum. Untuk itu, sediakan gunting khusus anak yang aman baginya supaya si Kecil juga bisa ikut menggunting juga.

Untuk membuat paper toys ini, siapkan beberapa perlengkapan berikut ini:

  • Komputer dengan akses internet
  • Kertas A4
  • Karton
  • Gunting (sediakan juga gunting khusus anak untuk si Kecil)
  • Lem atau double tape
  • Crayon atau pensil warna

Serta download gambar Friso Paper Toys yang terdapat di bawah ini:

FRISO KEKE

FRISO RORO

FRISO SASA

Manfaat Bagi Mum

Happy child comes from a happy Mum! Berkreasi seni bersama si Kecil bisa Mum gunakan untuk kembali refreshing dan menyegarkan mood setelah menghadapi kesibukan di kantor. Selain itu, sambil menemani si Kecil saat asyik menggunting dan melipat kertasnya, Mum juga dapat ikut melihat sejauh mana kemampuan motorik serta koordinasi mata dan tangannya sudah berkembang.

Manfaat Bagi si Kecil

Berkenalan dengan hal baru, seperti jenis alat-alat berat yang Mum ceritakan kepadanya akan membuka wawasan baru baginya serta melatih daya ingat dan perbendaharaan kata si Kecil. Diskusi dan cerita ini juga bisa menjadi latihan yang baik untuk melatih kemampuan bicara dan mengembangkan perbendaharaan katanya. Perpaduan penjelasan Mum yang dilanjutkan dengan kreasi bersama ini akan membuat si Kecil lebih mudah mengingat informasi baru yang diterimanya . Tak cuma itu, berkreasi pun dapat melatih kemampuan motorik halus si Kecil, daya kreativitas, serta ikut menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Info Gizi & Nutrisi

Berkreasi tak cuma seru, tapi juga salah satu stimulasi yang baik untuk mendukung proses tumbuh kembang si Kecil saat ini. Tentunya, perkembangannya akan semakin optimal jika didukung oleh tubuh yang sehat dan kuat. Untuk itu, sambil bermain nanti, coba siapkan beberapa snack lezat penguat daya tahan tubuh berikut ini:

  1. Yoghurt

    Minuman ini memiliki kandungan probiotik, bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, dan membantu tubuh melawan penyakit

  2. Blueberry

    Studi dari Universitas Oregon City berpendapat kalau kandungan pterostilbene pada buah ini bisa ikut meningkatkan daya tahan tubuh.

  3. Aprikot

    Seperti yang diungkapkan oleh Gregory Freund, profesor University of Illinois College of Medicine, kandungan serat dalam aprikot dapat mengubah sel pro-inflammatory dalam tubuh menjadi sel anti-inflammatory, yang membuat tubuh dapat sembuh lebih cepat dari infeksi.


Jangan lupakan susu pertumbuhannya juga, Mum. Kandungan Nukleotida dan Prebiotik yang terdapat dalam susu ikut mendukung kesehatan pencernaan si Kecil serta memperkuat daya tahan tubuhnya. Agar kandungan nutrisinya dapat diserap dengan baik, pastikan susu pertumbuhan si Kecil telah melewati proses produksi yang menjamin kualitas gizi di dalamnya. Friso Gold 3 hadir dengan konsep produksi Grass to Glass, dimana susu melewati proses pemanasan yang tidak berlebih, sehinga nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga kualitasnya dan dapat diserap tubuh dengan optimal.