Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cacar Air pada si Kecil, Pahami Gejala dan Cara Mengatasinya

Cacar Air pada si Kecil, Pahami Gejala dan Cara Mengatasinya

Kondisi kesehatan si Kecil tentu menjadi perhatian utama bagi Mums. Jika si Kecil yang biasanya ceria tiba-tiba menjadi lesu dan lemas, pasti langsung membuat Mums cemas. Terlebih, daya tahan tubuh yang belum sempurna membuat si Kecil rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang kerap menyerang si Kecil adalah cacar air.

Penyakit yang disebabkan oleh virus herpes varicella-zoster ini memang lebih banyak dialami oleh anak-anak, khususnya yang berusia di bawah 10 tahun. Penyakit ini bersifat sangat menular dan bisa membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan rewel. Namun, jangan khawatir, Mums, penyakit ini bisa sembuh dalam waktu 1-2 minggu.

Walau penyakit ini tidak mematikan, namun ada baiknya jika Mums tidak menunda untuk membawa si Kecil ke dokter saat ia mulai menunjukkan gejala cacar air. Lantas, apa saja gejala cacar air yang bisa Mums ketahui, serta bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak rangkuman lengkapnya di bawah ini.

Gejala Cacar Air

Cacar Air pada si Kecil, Pahami Gejala dan Cara Mengatasinya

Gejala cacar air biasanya baru muncul 4-5 hari setelah si Kecil mengalami demam. Namun, ruam cara bisa muncul dalam 10-21 hari setelah si Kecil terpapar virus ini. Beberapa ciri dan gejala cacar air yang bisa Mums ketahui, di antaranya:

  • Muncul ruam kulit berwarna kemerahan yang lama kelamaan akan berubah menjadi bintik-bintik kecil melepuh dan terisi cairan. Bintik-bintik ini biasa disebut lenting cacar.
  • Setelah 1-2 hari, lenting cacar akan mengering dan mengelupas.
  • Kumpulan cacar baru akan muncul setelah 4-5 hari setelah lenting mengelupas.
  • Umumnya, diameter lenting cacar air tidak lebih dari 0,5 centimeter.
  • Ruam yang ditimbulkan virus ini biasanya dimulai dari area sekitar kepala dan punggung, kemudian menyebar ke seluruh tubuh setelah 1-2 hari.
  • Gejala yang utama muncul adalah demam. Semakin banyak lenting cacar, semakin tinggi demam yang dialami si Kecil.
  • Ruam cacar air paling umum terjadi di dalam mulut, kelopak mata, dan kelamin.
  • Ruam atau lenting cacar juga umum terjadi dalam mulut, kelopak mata, dan kelamin.

Gejala cacar di atas dapat menyebar lebih luas dan cepat apabila si Kecil memiliki sistem imun yang lemah. Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil agar daya tahan tubuhnya semakin meningkat.

Bagaimana Mengatasinya?

Cacar Air pada si Kecil, Pahami Gejala dan Cara Mengatasinya

Gejala cacar air bisa disembuhkan lebih cepat dengan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa penanganan yang bisa Mums lakukan untuk mengatasi cacar air pada si Kecil.

Cegah Anak Menggaruk Ruam

Rasa gatal akibat gejala cacar air dapat membuat si Kecil tidak tahan untuk menggaruknya. Sebaiknya Mums tetap mengawasi dan mengontrol si Kecil untuk tidak menggaruk ruam atau bintik-bintik pada permukaan kulit. Menggaruk ruam dan bintik cacar air dapat menyebabkan infeksi kulit dan bekas luka setelah sembuh.

Beri Obat Demam

Untuk meredakan gejala demam akibat cacar air, Mums bisa memberinya obat demam khusus untuk si Kecil. Misalnya, paracetamol, acetaminophen, dan ibuprofen. Sebelum memberikan obat, sebaiknya Mums berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat pada si Kecil.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Air Putih

Mengonsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup akan membuat daya tahan tubuh si Kecil meningkat dan organ tubuhnya dapat bekerja dengan baik. Air putih juga dapat mencegah risiko dehidrasi pada si Kecil akibat demam. Mums sebaiknya memberi makanan bergizi dengan tekstur yang lembut, halus, dan dingin seperti sup, puding, agar-agar, dan bubur. Asupan nutrisi yang diperoleh dari berbagai makanan tersebut akan membantu proses penyembuhan gejala cacar air yang dialaminya.

Cegah Penularan Cacar Air di Rumah

Seperti yang telah disebutkan di awal, cacar air merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Maka, saat si Kecil terkena cacar air sebaiknya ia jangan keluar rumah. Biarkan si Kecil di rumah dan batasi paparannya dengan orang lain sampai si Kecil benar-benar sembuh. Mums juga perlu memastikan anggota keluar di rumah tidak boleh tertular penyakit ini. Gunakan masker dan rajin cuci tangan saat berinteraksi dengan si Kecil. Selalu jaga kebersihan di rumah agar cacar air yang dialami si Kecil tidak semakin parah.

Cara Mencegah Cacar Air pada si Kecil

Cacar Air pada si Kecil, Pahami Gejala dan Cara Mengatasinya

Pencegahan gejala cacar air pada si Kecil dapat dilakukan melalui pemberian vaksin. Vaksin harus dilakukan dua kali, tepatnya saat si Kecil berusia 12-15 bulan dan 4-6 tahun. Jika si Kecil sudah terpapar virus ini, ia harus mendapatkan vaksin selambat-lambatnya 5 hari setelah kontak pertama dengan virus. Selain untuk mencegah, vaksin juga diberikan agar gejala cacar air tidak semakin parah. Tak hanya melalui vaksin, pencegahan cacar air pada si Kecil juga bisa dilakukan dengan menghindari orang yang mengalami cacar air.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga SIstem Imun si Kecil!

Sistem imun yang kuat dapat mencegah cacar air muncul kembali. Untuk meningkatkan sistem imun si Kecil, Mums harus rutin memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Mums bisa melengkapi nutrisi harian si Kecil melalui susu pertumbuhan. Friso Gold 3 diperkaya nutrisi yang baik untuk membantu mendukung daya tahan tubuh si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu penuhi nutrisi si Kecil sehingga tumbuh kembangnya optimal dan bisa lebih bebas merasakan pengalaman seru bersama Mums!