Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

42251-camilan-sehat-untuk-dukung-tumbuh-kembang-anakpng

Camilan Sehat untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Mum, susu anak 1 tahun serta makanan seperti buah dan sayur, memiliki kandungan nutrisi untuk mendukung si Kecil yang kini semakin aktif bergerak. Seiring dengan kemampuan kognitif dan motoriknya yang semakin berkembang, kini ia lebih sering bergerak dan menjelajahi lingkungan di sekitarnya.

Mum, susu anak 1 tahun serta makanan seperti buah dan sayur, memiliki kandungan nutrisi untuk mendukung si Kecil yang kini semakin aktif bergerak. Seiring dengan kemampuan kognitif dan motoriknya yang semakin berkembang, kini ia lebih sering bergerak dan menjelajahi lingkungan di sekitarnya. Agar asupan nutrisinya lebih bervariasi, Mum bisa menyajikan camilan sehat untuk menemani aktivitasnya setiap hari. Penasaran apa saja jenisnya? Yuk, lihat ulasannya di bawah ini!

Sereal Gandum

Dengan kandungan Serat yang dimilikinya, sereal gandum merupakan camilan yang baik untuk pencernaan si Kecil. Selain itu, camilan ini juga mengandung Vitamin dan Kalsium yang biasa terdapat dalam susu balita. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Sajikan sereal gandum di dalam mangkuk, lalu campurkan dengan susu ataupun yogurt.

Keju

Keju memiliki kandungan Protein yang bisa memberi si Kecil energi untuk setiap aktivitasnya. Warna keju yang menggugah selera juga bisa membuat ia lebih tertarik untuk menyantapnya sebagai camilan. Mum bisa menyajikan keju dalam potongan kecil untuk langsung dimakan, atau melelehkannya di atas buah atau sayuran sebagai penambah rasa.

Smoothies

Selain lezat, sajian smoothies juga penuh nutrisi lho, Mum. Untuk membuatnya, siapkan yogurt rasa vanila, jus jeruk dari buah asli, serta pisang sebagai bahan untuk membuat smoothies. Setelah semua bahan dicampurkan menggunakan blender, Mum bisa menambahkan potongan kecil buah lain di atasnya, seperti stroberi atau apel. Sajian ini bisa menjadi variasi menu yang dapat memberikan asupan nutrisi pada si Kecil, selain tentunya dari susu anak 1 tahun yang biasa ia minum.

Kentang Manis

Kentang manis merupakan salah satu sayuran yang paling banyak mengandung nutrisi. Bagaimana tidak, Mum, jenis sayuran ini kaya akan Kalsium, Vitamin A, B6, E, dan C, serta Folat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Rebus atau panggang kentang manis lalu potong menjadi ukuran kecil agar lebih mudah untuk dimakan oleh si Kecil.

Telur

Sama halnya seperti susu balita, telur kaya akan zat yang dibutuhkan oleh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal, yaitu Omega 3, Selenium, Protein, Vitamin, dan Mineral. Baiknya lagi, telur sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai camilan. Namun, ada hal yang perlu Mum perhatikan jika ingin memberikan telur kepada si Kecil, yaitu memastikannya dimasak dengan benar-benar matang. Hal ini untuk mencegah bakteri salmonella yang ada dalam telur memicu keracunan pada si Kecil.

Buah dan Sayuran

Dibandingkan buah, sayuran memang lebih dianjurkan sebagai makanan padat pertama untuk diberikan pada si Kecil. Pasalnya, jika lebih dulu diberikan buah dengan rasa yang manis, dikhawatirkan ia akan sulit menerima rasa sayur yang cenderung pahit. Namun, Mum tidak perlu khawatir, karena hal ini bisa disiasati dengan mencampurkan sayuran ke dalam makanan yang si Kecil suka, misalnya omelet. Sementara untuk buah, penyajiannya bisa lebih mudah. Sebaiknya pilih buah dengan tekstur yang lembut, seperti pisang, alpukat, atau pepaya. Tambahkan lelehan keju atau yogurt di atasnya agar semakin menggoda selera.

Itulah beberapa camilan yang bisa Mum berikan sebagai asupan tambahan untuk si Kecil. Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisinya sehari-hari dengan rutin memberikan Friso Gold 3 yang diperkaya dengan ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, serta Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami dari susu anak 1 tahun ini tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang