Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Camping Tidak Harus di Luar Rumah, Lho!

Camping Tidak Harus di Luar Rumah, Lho!

Mum, coba perhatikan. Saat sedang bermain bersama dihalaman rumah, apakah si Kecil sering terlihat penasaran waktu melihat berbagaiserangga dan tumbuhan di sana? Perkembangannya yang pesat memang membuat rasaingin tahunya semakin bertambah, ya.

Oleh karena itu, yuk ajak siKecil mengenal alam di musim liburan ini. Tak perlu harus langsung ke luarrumah, kok. Cukup dirikan tenda di halaman rumah dan biarkan imajinasi si Kecilyang bekerja!

Aktivitas Bersama si Kecil

1. Pertama, yuk siapkan pakaian beserta perlengkapan yang dibutuhkan terlebih dulu. Saat mendampingi si Kecil memasukkan barang-barang ke ranselnya, tanyakan kepadanya, “ini perlu tidak ya, dibawa ke gunung?” Bersiaplah mendapatkan aneka jawaban yang mengejutkan! Usai packing, Mum bisa mulai mengajak si Kecil berpakaian seakan-akan mau mendaki gunung.

2. Jika sudah siap semuanya, yuk ajak si Kecil membangun tenda sederhana di halaman rumah, misalnya dengan menggunakan selimut lebar dan kursi sebagai fondasinya. Mum bisa klik di sini untuk mengetahui cara membuat tenda sederhana.

3. Sambil mendirikan tenda, pancing imajinasi si Kecil dengan menceritakan suasana pegunungan kepadanya. Misalnya, cuacanya berangin, banyak pohon rindang, dan suhunya dingin. Perhatikan reaksinya saat mendengar cerita Mum, ya.

4. Saat berkemah, siapkan juga rencana aktivitas untuk si Kecil. Salah satu contohnya, bisa dengan melukis batu, atau mengajak si Kecil menjiplak dan mengarsir aneka ragam daun dengan crayon berwarna-warni.

5. Sambil beraktivitas nanti,minta Dad untuk mengabadikan momen indah ini ke dalam foto atau video, ya. Shareaktivitas seru ini kepada Mum lainnya di FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoIDdengan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Saat bermain, mungkin saja si Kecil suka mengalihkan fokusnya karena melihat mainan lain di sekitarnya. Jika terjadi hal seperti itu, atasi dengan membersihkan area camping dari mainan si Kecil sebelum memulai beraktivitas.

Untuk bermain camping di rumah, Mum dapat menyiapkan perlengkapan berikut ini:

  1. Pakaian si Kecil.
  2. Jaket.
  3. Kaus kaki.
  4. 4. Scarf dan topi.
  5. Botol minum dan camilan.
  6. Selimut lebar dan kursi.
  7. Perlengkapan mewarnai.
  8. Mainan atau boneka favorit si Kecil.

Manfaat Bagi Mum

Penjelasan Mum saat berpura-pura berkemah di gunung mungkin berbeda dengan apa yang dibayangkan si Kecil. Imajinasinya yang luas terkadang membuat isi pikirannya sulit untuk ditebak, Mum. Ini memang menguji kesabaran. Namun, daripada merasa cemas karena merasa penjelasan Mum tak sampai kepadanya, lebih baik nikmati saja kebersamaan ini. Dengan begitu, momen indah ini dapat menjadi kenangan tak terlupakan bagi kalian berdua.

Manfaaat Bagi si Kecil

Wow, imajinasinya saat bertualang sungguh mengagumkan ya, Mum! Apalagi, saat ia sedang beranggapan mau pergi ke gunung. Walaupun kita sebagai orang dewasa melihat hal ini sebagai sesuatu yang sederhana, tapi baginya ini merupakan hal baru yang menantang. Tak hanya imajinasinya yang terasah. Rangkaian aktivitas yang Mum siapkan untuknya (seperti mengepak barang dan mengarsir daun) juga dapat melatih keterampilan tangannya.

Info Gizi dan Nutrisi

Cuaca di gunung tentuberbeda dengan di rumah. Oleh karena itu, jelaskan kepada si Kecil kalau kitaharus rajin mengonsumsi makanan yang sehat agar tubuh kita tetap fit saatberkemah di gunung.

Berhubung suhudataran tinggi cenderung lebih dingin, chickensoup yang hangat dapat dijadikan pilihan untuk menemani waktu istirahat camping-nya nanti, Mum. Selainrasanya yang lezat, chicken soup takhanya cocok untuk menghangatkan tubuh, tapi juga berisi bahan bernutrisitinggi. Misalnya, ada wortel yang mengandung beta-carotene yang dapat mencegah infeksi, serta bawang putih yangmengandung zat antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Selesai makan nanti, sajikan juga susu hangat untuknya,Mum. Susu pertumbuhan yang kaya akan nutrisi dapat melengkapi kebutuhannutrisinya di masa tumbuh kembang ini. Oleh karena itu, pastikan Mum memilihsusu pertumbuhan dengan kandungan gizi yang mudah dicerna oleh si Kecil. Friso Gold 3, yang dilengkapi dengan Protein, Nukleotida, Prebiotik, Zinc, Zat Besi, dan Selenium, memastikan semua kandungan nutrisinya terlindungi danmudah dicerna tubuh. Ini semua berkat sistem Single Process yang membuat susu tidak diproses dan dipanaskansecara berlebih sehingga kebaikan nutrisinya bisa terus terjaga hingga sampaike gelas si Kecil.