Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Ampuh Memperbanyak ASI Selama Menyusui [4 Poin Penting]

Cara Ampuh Memperbanyak ASI Selama Menyusui [4 Poin Penting]

Mencukupi kebutuhan ASI menjadi keharusan bagi Mums yang baru melahirkan. Sebab, ASI merupakan asupan nutrisi utama bagi si Kecil sejak ia lahir hingga usia 2 tahun. Selama waktu tersebut, Mums harus mampu memberikan ASI eksklusif pada si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal.

Berdasarkan penelitian, memberi ASI secara eksklusif pada 6 bulan pertama si Kecil memberikan manfaat yang bisa dirasakan dalam jangka panjang. Bahkan, World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif karena menurut penelitian, si Kecil yang diberikan ASI memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit infeksi seperti pneumonia dan diare. Pemberian ASI yang cukup dapat menunjang tumbuh kembang si Kecil yang normal, serta dapat mengurangi risiko obesitas pada tubuhnya.

Memperbanyak ASI merupakan cara yang bisa Mums lakukan agar mampu memberikan nutrisi yang cukup untuk si Kecil. Sayangnya, tak semua Mums bisa lancar memberikan ASI. Ada beberapa kondisi seperti baby blues syndrome yang menyebabkan susah keluarnya ASI. Namun, jangan khawatir Mums, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Mums lakukan untuk memperbanyak ASI secara alami, cepat, dan mudah.

Sering Menyusui

Cara Ampuh Memperbanyak ASI Selama Menyusui [4 Poin Penting]

Saat beberapa minggu pertama kelahiran si Kecil, jadwal pemberian ASI mungkin belum bisa teratur. Walaupun demikian, berikanlah ASI kapan pun si Kecil membutuhkannya. Mums dapat memberikan ASI kurang lebih sekitar 2 atau 3 jam sekali. Sebab, si Kecil yang baru lahir biasanya membutuhkan ASI sebanyak 8 hingga 12 kali dalam sehari. Mums perlu membangunkan si Kecil untuk diberikan ASI bila pemberian ASI terakhir sudah lebih dari 2 jam.

Pada dasarnya, semakin sering Mums menyusui, produksi ASI akan semakin bertambah sesuai kebutuhannya. Hal ini terjadi karena hormon prolaktin akan bekerja merangsang produksi ASI apabila Mums terus menyusui.

Perhatikan Perlekatan (Latch On) si Kecil saat Menyusu

Cara Ampuh Memperbanyak ASI Selama Menyusui [4 Poin Penting]

Jika selama menyusui ASI yang keluar sedikit, mungkin perlekatan (latch on) yang dilakukan si Kecil kurang tepat. Perlekatan yang nyaman dan sesuai bisa menjadi satu dari beberapa cara untuk memperbanyak ASI. Secara umum, latch on atau perlekatan merupakan cara menempatkan mulut bayi dengan puting susu di posisi yang tepat. Tujuan latch on untuk mencegah munculnya luka, nyeri, bahkan sakit pada puting susu karena isapan si Kecil kurang tepat.

Ketika perlekatan si Kecil pada puting susu sudah tepat, ASI yang keluar akan lebih optimal. Jadi, pastikan, Mums memerhatikan perlekatan si Kecil saat menyusu. Jika kurang tepat, Mums bisa mulai memperbaiki posisinya.

Perbanyak Istirahat dan Kurangi Stres

Cara Ampuh Memperbanyak ASI Selama Menyusui [4 Poin Penting]

Istirahat sangat penting untuk menjaga kestabilan produksi ASI. Ada baiknya Mums mengatur jadwal tidur, misalnya jika si Kecil tidur, Mums dianjurkan untuk tidur juga. Istirahat bisa dilakukan sambil bersantai bersama si Kecil atau mengurangi kegiatan di luar rumah.

Selain itu, pastikan Mums bisa mengelola stres dengan baik. Stres mungkin tidak mengurangi produksi ASI, namun bisa menghambat proses keluarnya ASI. Mums bisa meminta bantuan pasangan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, atau jika perlu minta bantuan anggota keluarga lainnya dalam merawat si Kecil. Semua hal tersebut bisa Mums lakukan untuk meringankan beban, sehingga Mums bisa menyusui dengan tenang.

Baca Juga: Siap Menjadi Supermum dengan Selalu Berpikir Positif

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Menyusui

Cara Ampuh Memperbanyak ASI Selama Menyusui [4 Poin Penting]

Perlu Mums ingat, Mums juga membutuhkan nutrisi yang cukup selama fase menyusui. Oleh karena itu, pastikan Mums mendapat asupan makanan harian yang terpenuhi dengan baik. Asupan nutrisi yang baik akan mendorong kelancaran produksi ASI.

Konsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin seperti buah dan sayuran. Lengkapi kebutuhan protein dan Zat Besi dari sumber makanan seperti daging sapi, ayam, ikan, dan telur. Mums juga harus mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air kurang lebih 8 gelas per hari.

Setelah memastikan kebutuhan nutrisi tercukupi, Mums bisa mulai mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memperbanyak ASI seperti oatmeal, bawang putih, wortel, ubi, bayam, brokoli, daun katuk, dan biji wijen. Sumber makanan lainnya seperti kacang almond dan buah pepaya juga terbukti baik untuk memperbanyak dan memperlancar persediaan ASI selama menyusui.

Pada prinsipnya, cara memperbanyak ASI yang Mums lakukan harus dilengkapi juga dengan asupan nutrisi yang sesuai. Selain dari beberapa jenis makanan yang telah disebutkan di atas, asupan nutrisi juga bisa Mums dapatkan melalui susu ibu hamil dan menyusui. Namun jangan sembarangan mengonsumsi susu ya, Mums. Sebaiknya, pilih susu yang kaya nutrisi sehingga bisa mendukung Mums dalam menghasilkan ASI yang berkualitas untuk si Kecil.

Frisomum Gold Dualcare+ diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi yang dipercaya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums dan si Kecil. Frisomum Gold Dualcare+ diproduksi menggunakan Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga kualitas nutrisi di dalam susu tetap terjaga. Mulai sekarang, ayo rutin mengonsumsi asupan bergizi untuk mendukung kesehatan Mums dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.