Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Ampuh Menghilangkan Stres saat Hamil [7 Poinnya]

Cara Ampuh Menghilangkan Stres saat Hamil [7 Poinnya]

Stres merupakan hal yang cukup sering terjadi saat hamil. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan sehingga membuat Mums merasa tidak nyaman dengan perubahan kondisi tubuh saat hamil yang berakibat pada munculnya stres berlebihan. Tidak stabilnya emosi dan mudah marah merupakan gejala stres yang kerap dialami oleh Mums.

Jika dibiarkan begitu saja, stres bisa memicu berbagai masalah, mulai dari masalah kesehatan Mums hingga gangguan pada tumbuh kembang janin. Mums tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Maka dari itu, cobalah untuk menenangkan diri sejenak dan mulai mencoba mengendalikan emosi yang timbul karena stres. Jauhi juga hal-hal pemicu stres yang bisa memengaruhi tumbuh kembang janin. Selain itu, tidak ada salahnya Mums mencoba cara-cara ampuh menghilangkan stres saat hamil berikut ini.

Temukan Pemicu Stres

Agar stres yang Mums alami bisa teratasi dan tidak semakin parah, Mums harus menemukan pemicu stres terlebih dahulu. Misalnya, pemicu stres Mums adalah berpikiran negatif tentang proses persalinan, maka hindari cerita-cerita mengerikan tentang persalinan yang bisa membuat Mums semakin stres.

Setelah menemukan pemicu stres saat hamil, Mums bisa menceritakan hal tersebut pada pasangan atau orang terdekat. Melakukan konsultasi dengan dokter juga sangat membantu. Jangan sampai pikiran negatif dan pemicu stres lainnya terus membebani pikiran Mums.

Lakukan Meditasi

Cara Ampuh Menghilangkan Stres saat Hamil [7 Poinnya]

Cara menghilangkan stres saat hamil melalui meditasi terbilang cukup efektif. Meditasi akan membantu Mums menenangkan pikiran sehingga Mums bisa terlepas dari berbagai pikiran negatif yang dapat memicu stres. Cara ini juga merupakan salah satu terapi yang baik untuk mental dan bermanfaat bagi Mums dan si Kecil. Melalui meditasi, Mums akan lebih bisa mengontrol emosi dan menahan marah yang kerap terjadi selama masa kehamilan.

Pelajari Teknik Relaksasi

Relaksasi terbukti bisa menghilangkan stres saat hamil. Ada banyak teknik relaksasi yang bisa Mums pilih seperti pijat, yoga, atau spa. Sebelum memilih teknik relaksasi, ada baiknya Mums berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, teknik relaksasi tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan berbahaya bagi kandungan. Mums bisa mempelajari teknik relaksasi melalui kelas ibu hamil agar terjamin keamanannya.

Selain dapat menghilangkan stres saat hamil, cara ini juga dapat membuat tubuh Mums lebih segar. Tak hanya itu, relaksasi sangat baik untuk kesehatan Mums dan janin, serta dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil sejak dalam kandungan.

Olahraga Rutin

Cara Ampuh Menghilangkan Stres saat Hamil [7 Poinnya]

Olahraga menjadi cara alternatif menghilangkan stres saat hamil karena bisa merangsang hormon yang menyebabkan rasa bahagia. Jangan sampai berhenti olahraga saat hamil ya, Mums. Selain menyehatkan badan dan kandungan, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat menyehatkan pikiran.

Mums bisa melakukan olahraga ringan agar kondisi tubuh tetap fit. Olahraga ringan sangat baik untuk manajemen berat badan agar terhindar dari diabetes saat hamil. Bentuk olahraga yang bisa Mums lakukan seperti jalan kaki, senam hamil, yoga, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Siap Menjadi Supermum dengan Selalu Berpikir Positif

Memanjakan Diri

Jangan lupa untuk memanjakan diri agar tidak terlalu stres memikirkan tanggung jawab yang besar ketika si Kecil lahir. Mums bisa melakukan hal-hal yang disukai atau hal-hal yang bisa membuat Mums senang. Cobalah memanjakan diri dengan cara berbelanja atau jalan-jalan. Tapi, pastikan hal-hal yang memanjakan diri tersebut tidak terlalu melelahkan dan menguras energi ya, Mums.

Istirahat Cukup

Cara Ampuh Menghilangkan Stres saat Hamil [7 Poinnya]

Istirahat yang cukup tentu menjadi hal yang sangat penting dilakukan saat hamil. Selain menjaga kesehatan fisik, istirahat juga dapat menjaga kesehatan pikiran. Istirahat yang cukup dapat menghilangkan stres dan mencegah keguguran. Mums harus memiliki waktu tidur setidaknya 7 jam per hari.

Sebaiknya hindari tidur pada pagi hari ya, Mums. Tidur pagi bagi ibu hamil dapat menyebabkan insomnia, lesu, gangguan metabolisme, sulit konsentrasi, sakit kepala, hingga terlalu banyak cairan ketuban. Di pagi hari, Mums bisa beristirahat santai sembari meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan si Kecil dalam kandungan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara terakhir menghilangkan stres saat hamil adalah rajin mengonsumsi makanan bergizi. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi terbukti mampu mengurangi tekanan darah yang membuat Mums dan si Kecil merasa lebih nyaman. Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat dan protein untuk memperkuat metabolisme Mums dan si Kecil.

Beberapa makanan bergizi yang bisa Mums konsumsi antara lain ikan salmon, kacang hijau, kalkun, ayam tanpa lemak, buah-buahan segar, dan yogurt. Jika perlu, konsumsi juga sumber makanan yang bisa memperlancar persalinan dan meningkatkan produksi ASI. Selain itu, agar tidak kehilangan konsentrasi dan kebutuhan mineral tetap terpenuhi dengan baik saat hamil, Mums perlu banyak minum air putih.

Agar kebutuhan nutrisi Mums semakin lengkap, Mums juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil. Frisomum Gold Dualcare+ diperkaya dengan asam folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan. Susu ibu hamil dan menyusui ini juga mengandung Prebiotik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi konstipasi atau sembelit yang kerap terjadi saat hamil. Ayo Mums, selalu konsumsi asupan nutrisi yang tepat agar si Kecil tetap sehat dan terlindungi sejak dalam kandungan.