Lompat ke isi utama
Cara Hitung Berat Badan Ideal

Cara Hitung Berat Badan Ideal Anak, Ikuti Langkahnya Yuk, Mums!

Cara hitung berat badan ideal bisa Mums lakukan dengan perhitungan berikut ini. Yuk, cari tahu cara dan tipsnya di sini

Sudahkah Mums mengetahui cara hitung berat badan ideal si Kecil? Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, penting bagi Mums untuk mengetahui cara hitung berat badan ideal si Kecil untuk menentukan apakah tumbuh kembangnya sudah cukup optimal atau belum. Sebab, anak-anak yang memiliki berat badan ideal mencerminkan bahwa ia tumbuh sehat, tanpa ada gangguan kesehatan, seperti kekurangan gizi atau kelebihan gizi. 

Tak sedikit orang tua yang menganggap buah hatinya kekurangan gizi karena badannya kurus, sehingga memberikan si Kecil asupan berlebihan dengan asumsi gemuk berarti sehat. Padahal, asumsi tersebut tidak benar lho, Mums. 

Asupan nutrisi yang diberikan kepada si Kecil secara berlebihan justru bisa menyebabkan ia mengalami kelebihan gizi hingga obesitas. Oleh karena itu, cara hitung berat badan ideal sebaiknya perlu dipahami oleh Mums supaya dapat menilai apakah si Kecil hanya kurus atau justru kekurangan gizi, begitupun sebaliknya. 

Bagaimana Cara Hitung Berat Badan Ideal si Kecil?

Setiap anak melewati proses tumbuh kembang yang berbeda. Bila Mums melihat tubuh si Kecil sedikit lebih kurus dibandingkan dengan anak seusianya, bukan berarti si Kecil mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Sebab, tumbuh kembang setiap anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari genetik, jenis kelamin, usia, asupan nutrisi, stimulasi, dan lainnya, sehingga proses tumbuh kembang anak bersifat sangat individual. 

Secara umum, Mums tetap perlu mengetahui cara hitung berat badan ideal untuk menentukan apakah tumbuh kembang si Kecil sudah ideal atau belum. Cara hitung berat badan ideal tersebut bisa dilakukan melalui penilaian Indeks Massa Tubuh (IMT) atau biasa dikenal dengan istilah Body Mass Index (BMI).

Untuk menentukan IMT si Kecil, Mums perlu mengukur tinggi dan berat badan si Kecil. Setelah mengetahui tinggi dan berat badannya. Berikut adalah contoh cara hitung berat badan ideal si Kecil sesuai IMT:

Bila si Kecil memiliki berat badan 15 kg dengan tinggi 86 cm (0,86 m), berikut cara hitung berat badan idealnya sesuai IMT:

  • Kalikan tinggi badan si Kecil dalam satuan meter yang dikuadratkan, yaitu 0,86 x 0,86 = 0,73
  • Selanjutnya, bagi berat badan si Kecil dengan hasil perkalian di atas, yaitu 14 : 0,73 = 19,17
  • Hasil nilai IMT si Kecil berarti sebesar 19,17 

Setelah Mums melakukan cara hitung berat badan ideal secara mandiri dari hasil IMT tersebut, maka Mums dapat menentukan apakah berat badan si Kecil sudah ideal, kurang, atau berlebih berdasarkan klasifikasi IMT untuk anak-anak sesuai dengan usianya. Untuk memudahkan Mums mengetahui cara hitung berat badan ideal, berikut ini rincian berat badan ideal untuk anak-anak usia 1-5 tahun sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan RI tahun 2020: 

Usia Anak perempuan Anak laki-laki
1-2 tahun 8,9 - 11,5 kg 9,6 - 12,2 kg
2-3 tahun 11,5 - 13,9 kg 12,2 - 14,3 kg 
3-4 tahun 13,9 - 16,1 kg 14,3 - 16,3 kg
4-5 tahun 16,1 - 18,2 kg 16,3 - 18,3 kg

Selain itu, cara hitung berat badan ideal lainnya yaitu dengan membandingkan berat badan si Kecil dengan grafik pertumbuhan berat badan anak berdasarkan usia, yang bisa Mums lihat pada Kartu Menuju Sehat atau Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). 

Mengetahui cara hitung berat badan ideal si Kecil memang perlu dipahami oleh Mums. Namun, hasil perhitungan tinggi dan berat badan anak-anak sebenarnya tidak seakurat orang dewasa. Ini karena persentase lemak tubuh anak-anak berubah ketika mereka tumbuh, sehingga IMT atau BMI mereka bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Selain itu, angka-angka yang terdapat pada tabel di atas pun kurang akurat jika diterapkan pada anak-anak penderita gangguan tumbuh kembang. Untuk itu, perlu mengetahui cara hitung berat badan ideal saat Mums berkonsultasi dengan dokter anak. 

Baca juga: 7 Nutrisi untuk Optimalkan Tinggi Badan Anak

Tak hanya mengetahui cara hitung berat badan ideal, Mums juga perlu memahami bahwa tumbuh kembang si Kecil dipengaruhi oleh asupan nutrisi, kecukupan istirahat dan waktu tidur, aktivitas fisik, serta stimulasi. Faktor-faktor inilah yang dapat memengaruhi berat badan dan tinggi badan seorang anak. Itulah sebabnya, kecepatan pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. Oleh karena itu, selain melakukan cara hitung berat badan ideal secara mandiri, Mums dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter anak guna mengetahui apakah tumbuh kembang si Kecil sudah cukup optimal atau belum. 

Tips Menjaga Berat Badan si Kecil yang Ideal

Setelah mengetahui cara hitung berat badan ideal, kini saatnya Mums menjaga berat badan si Kecil agar lebih optimal. Berikut beberapa tips yang bisa Mums lakukan, di antaranya:

  1. Berikan makanan gizi seimbang

    Mengetahui cara hitung berat badan ideal si Kecil saja tak cukup untuk memantau pertumbuhannya. Mums perlu melakukan cara lain untuk menjaga berat badan si Kecil agar lebih ideal, salah satunya dengan memberikan ia makanan bergizi seimbang. 

    Dalam 1 porsi makanan, sebaiknya terdapat porsi untuk karbohidrat, protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, Mums juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula tambahan (sukrosa) pada si Kecil karena dapat mengganggu pertumbuhannya. 

    Salah satu makanan bergizi yang bisa dijadikan nutrisi tambahan bagi si Kecil adalah susu Friso Gold 3 karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Susu Friso Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

  2. Cukupi waktu istirahat dan tidur

    Tahukah Mums bahwa istirahat merupakan hal yang penting dalam proses tumbuh kembang anak-anak? Hal ini diperlukan untuk membantu proses pengembalian energi yang dibutuhkan si Kecil sehari-hari. Si Kecil membutuhkan waktu istirahat dan tidur yang cukup agar badannya tetap fit dan berat badannya terkontrol dengan baik. Dengan waktu tidur yang cukup, maka metabolisme tubuh si Kecil akan bekerja lebih optimal, guna menyerap asupan nutrisi untuk menjaga berat badannya. 

  3. Rutin melakukan aktivitas fisik

    Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga perlu dibiasakan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa Mums lakukan bersama si Kecil, seperti berlari, bermain bola, lompat tali, naik sepeda, renang, dan lain sebagainya. Selain penting untuk menjaga kesehatan fisik, aktivitas tersebut juga berpengaruh terhadap kesehatan psikis si Kecil. 

Jika si Kecil memiliki berat badan kurang ataupun lebih, Mums bisa lakukan tips di atas agar dapat mengontrol berat badannya lebih ideal. Setelah itu, cobalah untuk lakukan cara hitung berat badan ideal secara rutin. 

Nah, itulah penjelasan mengenai cara hitung berat badan ideal dan tips mengontrolnya dengan cara yang tepat. Semoga artikel ini bisa membantu Mums untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil agar lebih optimal, ya!

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang