Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara-Membiasakan-Gaya-Hidup-Sehat-Pada-si-Kecil-[4-Poinnya].jpg

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada si Kecil [4 Poinnya]

Gaya hidup sehat perlu diperkenalkan pada si Kecil sejak dini. Kebiasaan hidup sehat berperan penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dan meningkatkan kesehatannya. Membiasakan hidup sehat pada si Kecil akan membantunya untuk melakukan aktivitas yang sehat di masa depan.

Pola hidup sehat bisa menjaga kualitas kesehatannya ketika dewasa. Selain itu, hidup sehat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas si Kecil. Gaya hidup sehat menjadi salah satu hal berharga yang bisa Mum berikan untuk si Kecil agar perkembangan tubuhnya lebih optimal.

Dalam hal ini, Mums menjadi salah satu kunci kesuksesan utama dalam membantu membentuk pola hidup sehat pada si Kecil. Mums perlu berperan aktif, tidak hanya membimbing, namun juga memberi contoh perilaku hidup sehat. Menurut World Health Organization (WHO), si Kecil akan membentuk kebiasaannya dengan mengamati dan meniru orang lain, terutama orang tuanya. Untuk membiasakan gaya hidup sehat pada si Kecil, Mums bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada si Kecil [4 Poinnya]

Kebersihan diri dan lingkungan menjadi awal dari hidup sehat. Menjaga kebersihan akan membantu melindungi si Kecil dari kuman dan bakteri yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Oleh sebab itu, pendidikan tentang kebersihan perlu diberikan sedini mungkin agar si Kecil terbiasa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya. Mums bisa mengajarkan kebersihan dari hal yang paling kecil seperti cuci tangan dan menggosok gigi. Selain itu, latih si Kecil untuk selalu membersihkan mainannya setelah selesai bermain.

Rutin Melakukan Olahraga

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada si Kecil [4 Poinnya]

Ajak si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin. Pilih aktivitas yang menyenangkan baginya, seperti bermain di taman atau melakukan jenis olahraga yang ia senangi. Jika perlu, Mums bisa menyediakan peralatan olahraga di rumah. Si Kecil yang kurang rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya berpotensi memiliki risiko obesitas. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan olahraga secara rutin metabolisme tubuh si Kecil semakin meningkat. Rutin olahraga bisa membuatnya menjalani hari lebih semangat sehingga olahraga dipercaya mampu meningkatkan prestasi akademik si Kecil.

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada si Kecil [4 Poinnya]

Biasakan si Kecil untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran sejak dini. Meski membiasakan si Kecil untuk makan sayur dan buah tidak mudah, namun bukan berarti hal ini tidak mungkin diwujudkan. Mums bisa melakukan banyak cara agar si Kecil mau mengonsumsi buah dan sayuran. Misalnya, mengolah sayuran dan buah menjadi jus, salad buah, atau olahan lainnya yang memiliki tampilan menarik.

Mums bisa mengajak si Kecil untuk ikut terlibat dalam menyiapkan makanan sehingga ketertarikannya mengenal berbagai sayuran dan buah akan meningkat. Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin dapat membantu tumbuh kembang si Kecil secara optimal. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam buah bisa membuat si Kecil kesehatan si Kecil terjaga dan terhindar dari risiko penyakit.

Minum Air Putih yang Cukup dan Kurangi Asupan Gula

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada si Kecil [4 Poinnya]

Seperti yang Mums ketahui, air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Membiasakan minum air putih yang cukup setiap hari pada si Kecil akan membuat cairan tubuhnya tetap seimbang sehingga semua organ tubuhnya dapat bekerja dengan baik. Air putih yang bebas akan gula dan kalori bermanfaat untuk mencegah peningkatan berat badan sehingga si Kecil terhindar dari risiko obesitas. Selain itu, air putih dapat membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan feses.

Jangan lupa untuk membatasi asupan gula sehari-hari ya, Mums. Sebab, asupan gula yang berlebih dapat memengaruhi kondisi kesehatan si Kecil. Mums bisa menyiapkan camilan sehat sebagai alternatif agar si Kecil tidak mengonsumsi gula berlebih.

Baca Juga: 4 Peran Orang Tua terhadap Anak, Pertumbuhan Fisik dan Mental

Ada banyak hal yang bisa Mums lakukan untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada si Kecil. Pada prinsipnya, latih si Kecil untuk memulai kebiasaan tersebut secara perlahan sehingga si Kecil tidak merasa terpaksa saat melakukannya. Gaya hidup sehat ini akan menjaga kesehatan anak di masa mendatang.

Selain membiasakan anak dengan pola hidup sehat, Mums juga harus berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Gaya hidup sehat tidak hanya melalui perawatan dari luar namun juga perawatan dari dalam. Asupan bergizi akan membantu anak meningkatkan sistem imun dalam tubuhnya. Untuk menunjang gaya hidup sehat, Mums juga bisa memberikan susu pertumbuhan Friso Gold 4. Susu Friso Gold 4 mengandung ALA, LA, Prebiotik, Kalsium, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, serta Selenium yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain itu, Friso dengan teknologi Locknutri, mampu menjaga kualitas nutrisi yang terkandung di dalam susu sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh si Kecil sehingga membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil agar kesehatannya tetap terjaga dan bisa terus bereksplorasi bersama Mums!