Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara-Membuat-si-Kecil-Paham-Hal-yang-Membatalkan-Puasa.jpg

Cara Membuat si Kecil Paham Hal yang Membatalkan Puasa

Belajar berpuasa merupakan hal terpuji yang dilakukan si Kecil dan akan membuat orang tua manapun merasa bangga. Usaha bangun ketika waktu sahur tiba, upaya menahan godaan lapar dan haus yang melanda, serta dapat mengendalikan diri ketika waktu berbuka tiba, semua akan membuat Mums bangga. Jangan lupa juga Mums, sembari memotivasinya agar terus bersemangat, Mums juga perlu memberitahukan hal apa saja yang membatalkan puasa.

Mengapa penting? Agar si Kecil perlahan belajar dengan benar nilai-nilai ibadah puasa yang wajib dijalankannya ketika ia benar-benar mampu kelak. Mungkin selama proses belajar ia akan melakukan sekali atau dua kali pelanggaran. Tak perlu cemas, namanya juga belajar, iya kan? Ketika menemui hal seperti ini, Mums sebaiknya bersikap bijak dan tidak membuatnya merasa tertekan.

Ada banyak cara untuk membuat si Kecil paham hal apa saja yang membatalkan puasa yang dilakukannya. Nah, untuk memberikan gambaran sekaligus membantu Mums dalam menanamkan nilai-nilai yang sudah disampaikan oleh ajaran agama, yuk simak beberapa poin di bawah ini.

Membaca Bersama tentang Apa yang Membatalkan Puasa

Ajak si Kecil untuk mencari tahu bersama mengenai hal apa saja yang membuat puasanya batal. Mums dapat mencari pengetahuan ini melalui berbagai sumber, yang sekiranya membuat si Kecil tertarik untuk mencari tahu. Bisa lewat video di YouTube, bacaan terkait, atau lewat buku-buku pengetahuan.

Ketika si Kecil sudah tertarik dengan apa yang ditampilkan oleh media yang Mums pilih, biasanya si Kecil akan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi. Di sini Mums berperan besar untuk melakukan pendampingan pada si Kecil. Sebisa mungkin jawab semua rasa ingin tahu dan penasarannya dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Harapannya, setelah ia memahami apa yang membatalkan puasa, ia tidak akan melakukannya.

Bagaimana Jika Ia Melanggar?

Ketika Mums mendapati si Kecil melanggar aturan puasa yang sudah dibaca bersama, pastikan untuk tidak memberikan reaksi yang berlebihan. Cari tahu penyebab utama mengapa si Kecil melakukan hal tersebut dengan menanyakannya. Ingat Mums, komunikasi yang baik bisa menyelesaikan segala permasalahan, jadi cari tahu apa yang menyebabkannya melakukan hal itu.

Setelah diketahui, beri pemahaman pada si Kecil bahwa hal itu tak boleh dilakukan selama berpuasa. Ketika ia melanggar aturan berpuasa, maka puasa yang dilakukannya akan menjadi batal dan tidak terhitung. Memang cukup sulit menyampaikan nilai-nilai di dalam puasa, namun dengan kesabaran dan ketelatenan Mums, hal ini pasti bisa dilakukan.

Jangan serta merta memarahi si Kecil dan membuatnya merasa tertekan. Ketika ia merasakan konsekuensi tidak menyenangkan dan menekannya secara emosi, justru dapat membuat si Kecil tidak mau untuk berpuasa lagi karena paham resiko yang akan dihadapinya. Selalu perlakukan si Kecil dengan penuh kasih, agar ia juga tetap bersemangat dalam belajar berpuasa.

Buat Perjanjian atau Kesepakatan dengan si Kecil

Setelah memahami apa-apa saja yang membuat puasanya batal, Mums dapat membuat perjanjian dengan si Kecil. Perjanjian ini berisi mengenai konsekuensi terkait dengan usahanya untuk belajar puasa. Misalnya, Mums bisa menetapkan waktu untuk membatalkan puasanya jika ia merasa tak kuat.

Berikan apresiasi untuk setiap usahanya. Misalnya, ketika ia membatalkan jam 12.00, maka apresiasi yang didapatkan adalah minuman segar. Begitu seterusnya dengan peningkatan apresiasi setiap jam ia mampu menahan puasanya. Dengan catatan, setelah ia membatalkan puasanya ini ia kembali melanjutkan puasa hingga waktu berbuka tiba.

Cara ini cukup efektif untuk melatih si Kecil berpuasa. Ia jadi punya pendorong yang cukup kuat jika ia dapat menyelesaikan ‘tantangan’ belajar puasa yang dilakukannya.

Berikan Contoh Nyata

Terakhir dan paling penting, adalah memberikannya contoh nyata berpuasa. Perlihatkan bahwa puasa adalah hal yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh semua orang. Ketika ia melihat Mums berlaku demikian, maka ia akan memiliki motivasi untuk meniru apa yang Mums lakukan.

Ingat, anak-anak adalah makhluk peniru paling canggih. Jadi selalu berikan contoh nyata untuk setiap hal yang ingin Mums ajarkan agar ia dapat belajar lebih baik. Pada kasus puasa ini bukan berarti Mums melakukan apa yang membatalkan puasa, namun lebih kepada menunjukkan betapa menyenangkannya berpuasa.

Setelah mengetahui cara mengajari si Kecil memahami apa yang membatalkan puasa, Mums juga tetap perlu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Untuk mempersiapkan puasa yang dilakukan si Kecil, selalu berikan makanan bernutrisi serta susu pertumbuhan dengan nutrisi lengkap seperti Friso Gold 4. Dengan nutrisi yang padat, Friso Gold 4 mampu membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian sekaligus memberikan tenaga untuk si Kecil belajar puasa penuh. Friso dengan teknologi Locknutri kualitas nutrisi akan terjaga dalam kondisi terbaik sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selain itu, berikan juga ketika berbuka dan sebelum tidur, untuk memastikan asupan nutrisi hariannya tercukupi. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan ajarkan nilai kebaikan di setiap kegiatannya!