Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cara Mendidik Anak menjadi Mandiri, Berikut yang Harus Mums Lakukan

Cara Mendidik Anak menjadi Mandiri, Berikut yang Harus Mums Lakukan

Melihat si Kecil tumbuh menjadi anak yang mandiri tentu akan membuat Mums tenang. Kemandirian menjadi modal utama si Kecil untuk dapat menghadapi tantangan yang ditemuinya kelak. Kemandirian juga yang akan membuat si Kecil bisa bertahan dan terus beradaptasi dengan lingkungannya. Lalu bagaimana cara mendidik anak agar dapat menjadi mandiri?
Mungkin banyak tips dan trik yang Mums baca mengenai hal ini. Berlatih membereskan mainan, dan seterusnya. Hal ini menjadi sedikit lebih mudah ketika si Kecil sudah berumur mungkin 5 atau 6 tahun. Namun bagaimana untuk memberikan nilai awal, menanamkan nilai kemandirian pada anak-anak berumur 1 hingga 3 tahun misalnya? Adakah cara yang efektif namun tetap menyenangkan?
Ya, jawabannya adalah ada. Setidaknya, beberapa poin yang dijelaskan di bawah ini merupakan latihan yang disarankan untuk diberikan pada si Kecil ketika ia berusia 1 hingga 3 tahun. Mungkin akan memerlukan penyesuaian di sana sini, namun secara ideal, berikut beberapa latihan untuk menanamkan kemandirian pada diri si Kecil sejak dini.

Berpakaian

Anak usia 3 tahun, wajarnya sudah memiliki kemampuan untuk berpakaian. Meski belum pakaian yang rumit seperti kemeja berkancing, atau sepatu yang menggunakan tali, dan sejenisnya. Tentu hal ini tidak serta merta bisa dilakukan si Kecil, Mums harus melakukan pembiasaan, dan menjadikan aktivitas berpakaian sebagai latihan harian.
Perhatikan saat si Kecil coba untuk memakai pakaiannya sendiri. Beri jarak dan ruang pada si Kecil untuk berusaha dan jangan buru-buru memberikan bantuan. Ketika menemui kesulitan, sudah menjadi naluri si Kecil untuk mencari solusinya. Baru ketika benar-benar tidak dapat dilakukan, Mums bisa hadir memberikan bantuan yang diperlukan.

Makan Sendiri

Waktu makan, biasanya merupakan alarm untuk Mums menghadapi si Kecil yang suka menghamburkan makanan atau melemparkannya. Percaya atau tidak, ini merupakan proses belajar yang dilakukan si Kecil. Si Kecil yang tak lagi mau disuapi menjadi tanda bahwa ia siap untuk belajar kemandirian.
Jika dilihat memang akan cenderung berantakan dan membuat kotor. Namun dengan begini, si Kecil akan terbiasa untuk makan sendiri dengan cara yang paling efektif. Alih-alih memarahinya, Mums bisa menunjukkan pada si Kecil cara makan yang baik menggunakan peralatan makan yang disediakan. Biarkan si Kecil memperhatikan dan mencobanya sendiri.

Buang Air

Yang satu ini akan lebih cocok untuk si Kecil yang sudah bisa mengidentifikasi kapan ia harus buang air. Pada umur 1 tahun mungkin buang airnya masih tidak teratur dan terkadang malah mengotori celana. Buang air tidak pada tempatnya bisa dilatih dengan memberikan waktu di kamar mandi beberapa menit setelah makan, agar badan si Kecil dapat mengeluarkan sisa pencernaan pada waktunya.
Pada usia lebih lanjut, 3 tahun misalnya, berikan kesempatan si Kecil untuk buang air sendiri. Well, mungkin Mums harus sedikit bersiap menghadapi kekacauan yang ditimbulkannya di kamar mandi. Namun demi latihan kemandirian, hal ini agaknya cukup sepadan untuk dilakukan.

Pekerjaan Rumah

Pernahkan Mums mendapati si Kecil memegang sapu dan mengikuti gerakan Mums ketika menyapu? Atau ketika si Kecil memainkan kemoceng, dengan menirukan gaya Mums? Imitasi yang dilakukan si Kecil bisa menjadi tanda bahwa ia ingin ikut serta dalam melakukan pekerjaan rumah. Membantu Mums, sedikit atau banyak, bisa melatih independensi si Kecil dan rasa percaya dirinya.
Selain pembiasaan dan pengenalan berbagai alat kebersihan rumah tangga pada si Kecil, Mums juga bisa dengan sengaja mengajak si Kecil ketika membereskan rumah. Ketika menyaksikan apa yang Mums lakukan dan melihat hasilnya, si Kecil akan termotivasi dan mulai mencoba. Meski tak jarang berujung pada rumah yang semakin kacau, namun latihan tersebut akan terjadi tanpa si Kecil sadari.

Berikan Pilihan

Untuk makanan ringan, warna pakaian, tempat rekreasi dan kegiatan bermain, berikan si Kecil pilihan. Tentu Mums paham betul mana yang terbaik untuk si Kecil. Namun jika terus menerus ‘dilayani’ maka si Kecil tidak akan memiliki kesempatan untuk belajar mandiri melakukan berbagai hal.
Dengan memberikannya pilihan, Mums telah memberikan kewenangan, kekuasaan pada si Kecil untuk melakukan apa yang diinginkannya. Kemampuan mengambil pilihan menunjukkan bahwa si Kecil mulai paham apa yang diinginkannya dan menjalani pilihan tersebut dengan bertanggung jawab. Cara mendidik anak dengan metode ini  bisa sangat membantu si Kecil mengembangkan kemandiriannya.

Selain cara di atas, Mums juga wajib memberikan nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Ketika tubuhnya sehat, maka semangat untuk terus belajar akan terjaga. Berikan Friso Gold 3 dengan Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan sehingga mudah untuk dicerna oleh tubuh si Kecil. Lebih lanjut, Mums bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) langsung pada situs resmi Friso.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang