Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar

Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar

Sebagai orang tua, kita dituntut untuk mempunyai cara mendidik anak yang baik dan benar agar anak terbentuk memiliki pribadi yang berakhlak mulia dan diterima oleh lingkungan. Saat anak masih berusia 0 tahun, orang tua memiliki peran paling utama dan pertama dalam perkembangan otak sang anak.

Pada tahap tersebutlah anak mengalami masa-masa keemasan yang di mana perkembangan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat. Oleh karena itu, Mum sebagai orang tua jangan sampai salah memiliki cara mendidik anak yang baik dan benar agar anak tidak salah arah dalam perkembangan otaknya.

Cara mendidik anak yang baik memiliki banyak metode. Tingkat kesuksesannya bergantung dari metode yang diterapkan orang tua pastinya. Supaya Mum sebagai orang tua tidak bingung dalam cara mendidik anak yang baik dan benar, berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak yang baik dan bijak yang bisa Mum terapkan.

Jadilah pendengar yang baik untuk buah hati Mum

Pada usia keemasan anak, ia akan ada masa di mana anak akan lebih banyak bertanya, penasaran dengan yang ada di sekitar dan bawel dengan hal yang ia alami. Jadi, Mum harus menjadi pendengar yang baik untuk anak Mum dari masa-masa keemasannya hingga dewasa nanti. Cara mendidik anak yang baik satu ini terbilang cukup mudah, Mum hanya perlu sabar dengan segala macam hal yang akan anak Mum bincangkan kepada Mum.

Dengan begitu, pribadi saling terbuka antara Mum dan anak akan tertanam dengan baik. Selain itu, menjadi pendengar yang baik tidak hanya mendengarkan saja, tapi Mum juga harus terlihat selalu tertarik dengan apa yang dibicarakan anak Mum, agar kepercayaan diri dan keterbukaan anak Mum terbiasa dengan Mum sebagai orang tua.

Hindari menggunakan kata “Jangan”

Cara mendidik anak yang baik selanjutnya adalah sebagai orang tua Mum harus menghindari menggunakan kata “JANGAN” pada anak. Mengapa? Karena terlalu sering menggunakan kata jangan akan berakibat negatif pada anak, yang di mana kebanyakan orang tua yang melarang anaknya melakukan sesuatu yang mungkin sedikit membahayakan, padahal anaknya tengah asyik bereksperimen membuat anak merasa dibatasi perkembangan kreativitasnya.

Oleh karena itu, Mum bisa mencari kata melarang dengan makna yang lebih positif. Misalnya, Mum ingin mengatakan “jangan lari” pada anak Mum, kata jangan tersebut bisa diganti dengan “jalannya pelan-pelan saja”, “Berjalan saja”. Dengan begitu, anak akan mengerti apa yang dimaksud orang tuanya, dan tidak merasa dibatasi perkembangan kreatifitasnya.

Bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang kepada anak

Cara mendidik anak yang baik selanjutnya adalah bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang yang tulus pada anak. Cara mendidik yang satu ini bisa dibilang hal mutlak yang harus dimiliki setiap orang tua. Mengapa? Karena dengan tutur kata yang lembut, anak akan lebih mau mendengarkan perkataan orang tuanya.

Selain itu, orang tua juga jangan sungkan untuk menunjukkan kasih sayang kepada anaknya. Kedua hal tersebut merupakan cara mendidik yang baik untuk anak agar tumbuh menjadi pribadi yang lembut dan penuh kasih sayang, serta membangun pribadi anak untuk lebih simpati dan empati kepada semua orang.

Bangun kreativitas anak dengan bermain bersama

Cara mendidik anak yang baik selanjutnya adalah membangun kreativitas anak dengan rutin bermain bersama. Di tengah kesibukan Mum bekerja, meluangkan waktu untuk bermain bersama anak merupakan cara mendidik anak yang baik lho. Jadi, untuk seluruh orang tua yang juga dihadapkan dengan kesibukan kerja, jangan malas mengajak anak untuk main bersama. Karena hal itu bisa meningkatkan perkembangan kreativitas otak anak.

Berikan rasa nyaman bila di dekat Mum

Dari keempat cara mendidik anak yang baik di atas, jika sudah Mum terapkan terciptalah rasa nyaman anak bila berada di dekat Mum. Selain itu, cara mendidik anak yang baik juga harus menumbuhkan rasa nyaman itu dengan mengajak ia berdiskusi kecil di sela-sela kebersamaan Mum.

Agar anak merasa nyaman, sebaiknya jangan mendominasi pembicaraan dengan menjadi orang yang serba tau. Jadilah seperti seorang teman untuk anak Mum, agar komunikasi yang baik akan tercipta antara Mum dan anak Mum.

Tumbuhkan sikap saling menghormati

Cara mendidik anak yang baik selanjutnya adalah menumbuhkan sikap saling menghormati satu sama lain. Ajarkan anak Mum untuk selalu menghormati siapapun orangnya, baik orang yang lebih tua maupun teman sebaya. Dengan begitu, anak Mum sudah terbiasa sejak dini untuk memahami hal tersebut saat dewasa nanti. Sikap tersebut merupakan hal penting yang harus Mum tanamkan sejak dini. Supaya anak bisa diterima dengan baik di lingkungannya kelak.

Ajarkan rasa tanggung jawab

Mengajarkan anak untuk memiliki rasa tanggung jawab sejak dini merupakan cara mendidik anak yang baik dan benar. Tidak hanya mengajarkan, Mum sebagai orang tua juga harus mengingatkan selalu soal rasa tanggung jawab ini kepada anak.

Contohnya, seperti tanggung jawab anak di sekolah, harus berangkat sekolah jika waktunya telah tiba, tanggung jawab terhadap tugas-tugas sekolah, dsb. Jika anak Mum bertanya mengapa hal demikian harus dilakukan, Mum harus sudah siap memiliki jawaban yang mudah dipahami olehnya.

Jangan ditakut-takuti

Menakuti-nakuti anak memang merupakan jalan pintas untuk mendidik anak. Namun, menakut-nakuti anak bukanlah cara mendidik anak yang baik dan benar. Memang dengan menakutinya, anak akan dengan segera menuruti orang tua, namun dampak dari menakutinya tersebutlah yang menurunkan tingkat kemandirian anak nantinya. Selain itu, anak juga bisa trauma terhadap hal yang di takut-takuti orang tuanya saat dewasa nanti. Jadi, ada baiknya jangan menakut-nakuti anak untuk membuat peraturan ke anak, gunakan cara mendidik anak yang baik dan benar dengan metode yang lain.

Ajarkan untuk meminta maaf dan berterima kasih

Cara mendidik anak yang baik dan benar adalah dengan mengajarkan untuk meminta maaf saat anak melakukan kesalahan dan berterima kasih terhadap hal apapun yang ia dapatkan. Meminta maaf atas sebuah kesalahan merupakan tindakan yang mulia dan mengucapkan terima kasih juga merupakan tindakan baik untuk anak kelak nanti.

Tanamkan kedua hal tersebut kepada anak sejak dini, dimulai dari Mum sebagai orang tua, anak akan mulai mencontoh hal baik  ini dari Mum. Jadi, ajarkan dan ingatkan kedua hal tersebut untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari.

Jangan membohongi anak

Selain menakut-nakuti anak, membohongi anak juga bukanlah cara mendidik anak yang baik dan benar. Metode mendidik anak yang instan dengan membohongi anak juga hal salah yang sering kali diterapkan orang tua. Padahal dengan sering membohongi anak terhadap suatu hal, menjadikan anak tumbuh dengan penuh kebohongan. Sehingga saat anak dewasa nanti, berbohong dianggap tindakan wajar untuk dilakukan ke semua orang termasuk ke orang tuanya.

Cara mendidik anak yang baik dan benar tergantung kita sebagai orang tua bersikap kepada anak. Orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian anak, oleh karena itu orang tua dituntut harus mengetahui cara mendidik anak yang baik dan benar, agar anak bisa tumbuh dengan baik dan diterima oleh lingkungan. Selain itu, anak di usia 0 hingga ia mulai memasuki dunia pendidikan, anak akan lebih banyak mencontoh ayah dan ibunya. Oleh karena itu, orang tua harus membiasakan diri untuk mencontohkan hal baik kepada anak.

Jangan lupa juga ya Mum untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mum bisa berikan Susu Friso Gold 3. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kealamian kualitas protein susu sehingga mudah diserap oleh tubuh, dan juga bantu si Kecil kuat dari dalam.