Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Hidung tersumbat menjadi salah satu hal yang mengganggu aktivitas. Berlebihnya produksi lendir di dalam hidung yang menyebabkan hidung tersumbat. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti alergi, sinusitis, infeksi hidung, flu, sampai polusi diri. Hidung tersumbat menyerang tidak mengenal usia, siapapun bisa mengalami hidung tersumbat. 

Namun, untuk usia anak-anak dan bayi, hidung tersumbat merupakan kondisi yang mengkhawatirkan pada anak-anak. Satu-satunya cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan mengeluarkan lendir berlebih dari dalam hidung. Namun sayang hal itu tidak semudah dikatakan, karena anak-anak belum bisa menghembuskan napas kuat-kuat untuk mendorong lendir keluar. Oleh sebab itu, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak harus dibantu orang dewasa. 

Hidung tersumbat pada anak akan membuat anak tidak nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan membuat anak Mum rewel karena hidung tersumbat membuat kepala turut serta merasakan ketidaknyamanannya. Oleh karena itu, Mum harus mengantisipasi hidung tersumbat pada anak yang bisa datang kapan saja. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa Mum lakukan di rumah. 

Menggunakan Bulb Syringe

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak bisa dengan menggunakan bulb syringe. Bulb syringe adalah alat berbentuk bola karet yang bisa diremas. Pada bola karet tersebut dilengkapi dengan pipet yang nantinya dimasukan ke dalam lubang hidung anak. Alat ini harus Mum miliki di rumah, karena dengan bola karet yang terdapat pipet ini merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. 

Cara penggunaannya, remas bola karet, tahan, dan masukan pipet ke dalam lubang hidung anak perlahan. Lalu, lepaskan remasan bola karet yang ditahan tadi. Lendir pada hidung anak yang tersumbat tadi akan tersedot ke dalam pipa, dan bersihkan pipet dan ulangi hingga anak merasa lega. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya, karena bagian dalam hidung anak bisa mengalami iritasi. 

Menyemprotkan obat Saline

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak selanjutnya dengan menyemprotkan obat saline. Obat Saline adalah obat semprot yang direkomendasikan untuk menguras produksi lendir yang menyumbat hidung anak. Jangan khawatir mom, Saline Spray ini aman digunakan untuk anak. 

Cara penggunaan saline spray ini harus dilakukan dengan berbaring. Setelah itu, semprotkan saline spray ke lubang hidung anak yang tersumbat. Setelah beberapa saat, lendir akan keluar dengan batuk atau bersin dengan mudah. Selain itu, obat saline ini tidak hanya berbentuk obat semprot, ada juga yang berbentuk obat tetes. 

Mengoleskan minyak kayu putih atau oil aroma peppermint di sekitar hidung

Selain untuk mengatasi masuk angin, minyak kayu putih juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Cara pemakaiannya, Mum hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih di sekitaran hidung atau juga bisa di sekitaran leher. Aroma pada minyak kayu putih akan melegakan hidung anak yang tersumbat dari lendir. 

Selain minyak kayu putih, Mum juga memanfaatkan oil aroma peppermint atau mentol. Aroma peppermint ini memiliki efek yang sama seperti minyak kayu putih. Pemakaian minyak kayu putih atau oil aroma peppermint ini jangan terlalu banyak, karena bisa membuat anak perih karena kepanasan, jadi secukupnya saja.

Memandikan anak dengan air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak lainnya dengan mengajak anak mandi dengan air hangat. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa mandi saat anak sedang flu atau hidung tersumbat adalah hal yang salah. Padahal dengan mengajak anak mandi air hangat, Mum dapat mengurangi bahkan menghilangkan hidung tersumbat pada anak. 

Membasuh kepala dan tubuh anak selama beberapa menit salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Uap panas dari air hangat yang masuk ke rongga-rongga hidung pun akan mencairkan lendir yang menyumbat hidung secara perlahan. Namun, Mum juga perlu memperhatikan suhu air hangat, jangan terlalu panas karena dapat menyakiti kulit anak.

Mengompres anak dengan air hangat

Selain mengajak anak mandi air hangat, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan mengompres anak dengan air hangat juga mampu melegakan hidung tersumbat pada anak. Caranya sama seperti mengompres anak yang tengah demam, namun menggunakan air hangat dan di bagian hidung dan wajah. 

Tujuan mengompres ini dilakukan agar uap panas yang ada di handuk akan mencairkan lendir di dalam hidung pada anak. Jangan letakan handuk kompresan terlalu lama agar anak tidak kehabisan napas. Handuk kompres ini harus dibasuh kembali ketika sudah mendingin.

Menggunakan humidifier di dalam ruangan

Selain penanganan langsung ke hidung yang tersumbat, ada cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan menggunakan humidifier. Humidifier ini adalah alat pelembab udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Selain itu, alat tersebut bisa menjadikan ruangan hangat. 

Udara hangat yang dihasilkan dari uap air tersebut dihirup oleh anak dapat mencairkan lendir di dalam hidung. Alat ini memiliki banyak fungsi untuk kebersihan udara di rumah Mum. Jadi, dengan memiliki alat humidifier ini Mum bisa memanfaatkannya untuk rumah dan untuk anak Mum saat hidungnya tersumbat.

Memberikan air jahe hangat pada anak

Air seduhan jahe juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang alami. Jahe selain memiliki manfaat bagi tubuh, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tubuh anak hangat dan meredakan hidung tersumbat yang alami. Cara membuatnya terbilang sangat mudah. Iris tipis jahe yang sudah dibersihkan dari kulitnya, lalu rebus selama beberapa menit. 

Setelah mendidih, tunggu hingga hangat lalu tambahkan gula atau madu supaya anak lebih menyukainya. Jangan lupa saring jahe yang sudah direbus tadi, agar anak tidak menelan irisan jahe. Air seduhan jahe ini harus disajikan selagi hangat, tujuannya agar hangat pada seduhan jahe bisa mencairkan lendir pada hidung anak yang tersumbat.

Itulah berbagai cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa Mum praktekkan di rumah ketika hidung anak tersumbat. Berkembangnya cara mengatasi hidung tersumbat pada anak di luaran sana kebanyakan memberikan cara-cara yang tidak disarankan. Seperti cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan menyedot lendir pada hidung anak yang dilakukan ibu dari si anak dengan mulutnya. 

Cara tersebut sangat tidak disarankan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Karena cara tersebut bisa mengirim virus yang tidak diketahui dari mulut si ibu ke anak. Oleh sebab itu, Mum perlu memperhatikan baik-baik cara mengatasi hidung tersumbat pada anak seperti cara di atas yang aman untuk anak, dan banyak disarankan oleh ahlinya. 

Selain itu, untuk menjaga kesehatan anak, Mums bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan susu Friso Gold 3. Kini susu Friso Gold 3 hadir dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi pada susu tidak berubah saat proses pemanasan, sehingga mudah juga dicerna oleh tubuh si kecil. Jadi, jagalah kesehatan anak dari luar dan dari dalam, agar anak tak mudah terserang penyakit dan selalu lengkapi nutrisi tubuh si kecil dengan susu Friso Gold 3.