Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

Mimisan pada anak akan menimbulkan kepanikan orang tua. Mimisan adalah kondisi keluar darah dari hidung yang memang memiliki kesan mengerikan, tetapi pada umumnya kondisi tersebut tidak berbahaya. Kepanikan ibu melihat anaknya mimisan membuat ibu bingung dalam mendapatkan cara mengatasi mimisan pada anak. Jadi orang tua akan bergegas membawa anak ke rumah sakit. Padahal, mimisan pada anak bisa diatasi sendiri.

Biasanya kondisi mimisan bisa menimpa anak-anak diusia 3-10 tahun. Usia tersebut memang lebih sering mengalami mimisan dibandingkan orang dewasa. Hal tersebut terjadi karena pembuluh darah di hidung anak-anak lebih rapuh dan mudah pecah. 

Penyebab Mimisan Pada Anak

Penyebab mimisan pada anak kerap terjadi karena pengaruh udara yang sangat kering atau berada di lingkungan yang panas. Selain itu, terlalu banyak mengorek hidung terlalu dalam atau terlalu sering membuang ingus dapat menyebabkan terjadinya mimisan pada anak.

Dari penyebab tersebut, flu dan alergi yang sering kambuh menjadi penyebab mimisan yang umum dan sering terjadi pada anak. hal-hal tersebutlah yang kerap kali membuat orang tua panik karena melihat darah yang mengalir di hidung anak. Sebagai orang tua, bersikap panik bukanlah keadaan yang diinginkan ketika anak mimisan. 

Cara Alami Mengatasi Mimisan

Ada beberapa cara mengatasi mimisan pada anak yang bisa Mum lakukan agar tidak panik. Cara-cara mengatasi ini bisa dikatakan sebagai pertolongan pertama orang tua untuk anak yang mimisan. Berikut beberapa cara mengatasi mimisan pada anak dengan aman.

Tetap tenang, jangan panik 

Cara mengatasi mimisan pada anak yang pertama adalah jangan panic. Mum harus tetap tenang agar bisa memberikan pertolongan pertama untuk anak Mum. Dengan tidak bersikap panik, anak juga akan merasa tenang. Jadi, dalam menghadapi anak yang mimisan Mum bisa berpikir jernih dan melakukan pertolongan pertama dengan tanggap.

Dudukan anak dengan posisi kepala menunduk

Cara mengatasi mimisan pada anak selanjutnya dengan meminta anak untuk duduk dengan posisi kepala menunduk. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kemungkinan darah mengalir dari saluran hidung bagian dalam ke tenggorokan atau keluar dari mulut. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan dapat membuat anak tersedak, batuk, atau muntah. Selain itu, minta anak untuk duduk dengan tidak bersandar. Agar hal tersebut tidak terjadi. 

Tutup hidung dengan tisu atau kain bersih

Selanjutnya cara mengatasi mimisan pada anak yang umum dilakukan adalah dengan menekan hidung dengan tisu atau lap kering dan bersih. Tujuannya untuk membersihkan darah yang terus mengalir untuk tidak mengotori pakaian. Selain itu, hindari memasukkan tisu atau lap bersih ke dalam lubang hidung. Karena hal tersebut bisa menambah kemungkinan iritasi di dalam hidung yang menyebabkan darah mimisan tidak berhenti.

Tekan bagian hidung yang lunak sekitar selama 10 menit

Cara mengatasi mimisan pada anak selanjutnya dengan menekan hidung di bagian lunaknya sekitar 10 menit secara stabil. Selain itu, bisa juga menekannya dengan kompres air dingin pada pangkal hidung yang mimisan. Tujuannya agar menghentikan pendarahan dari dalam hidung. Jika dalam 10 menit pendarahan belum berhenti, ulangi tekanannya. Ketika Mum melakukan hal tersebut, beri tahu anak Mum untuk bernafas melalui mulut terlebih dahulu.

Minta anak untuk tidak bersin

Saat darah masih mengalir, cara mengatasi mimisan pada anak selanjutnya dengan meminta anak untuk tidak bersin atau mengeluarkan darah dari hidung. Hal tersebut akan membuat mimisan menjadi sulit berhenti dan merangsang darah mulai mengering untuk kembali mengalir lagi. Selain itu, tujuan meminta anak untuk tidak bersin agar iritasi yang ada di dalam hidung tidak semakin parah dengan bersin. Jadi, ada baiknya anak untuk kuat menahan bersin. Oleh sebab itu, cara mengatasi mimisan pada anak adalah dengan menjauhkan benda atau bahan yang bisa memicu anak bersin.

Gunakan uap air panas

Cara mengatasi mimisan pada anak dengan menggunakan uap air panas ini untuk anak mimisan yang disebabkan oleh udara dingin. Oleh karena itu, penguapan salah satu jalan untuk meringankan mimisan pada anak. caranya Mum sediakan air panas pada wadah, lalu hirup uap panas dari air dalam wadah tersebut. Lakukan hal ini dalam beberapa menit.

Itu tadi beberapa cara mengatasi mimisan pada anak yang harus Mum lakukan sebagai pertolongan pertama. Sebagai orang tua perlu bijak menghadapi anak-anak yang rentan akan mimisan. Kondisi tersebut tidaklah selalu berbahaya, jadi disarankan untuk tidak panik menghadapinya. Namun, jika mimisan pada anak tidak berhenti setelah mengikuti cara mengatasi mimisan pada anak di atas, sudah saatnya Mum membawa anak ke dokter untuk ditangani oleh ahlinya. Begitupun jika ada pendarahan yang terjadi di tempat lainnya selain hidung di saat yang  bersamaan.

Selain itu, saat anak mimisan mengeluh pusing dan terlihat lemas karena darah yang keluar cukup banyak, Mum bisa membawanya ke dokter. Banyak hal yang bisa menyebabkan mimisan pada anak. hal tersebut juga perlu Mum telusuri penyebab mimisan pada anak Mum. 

Beberapa penyebab mimisan pada anak dapat orangtua antisipasi, antara lain dengan mencegah anak memasukkan benda asing ke hidung, dan mengajari anak untuk tidak menghembuskan nafas terlalu kencang saat buang lendir ingus. Selain itu, ajarkan kepada anak untuk tidak terbiasa mengorek hidung. Ingatkan selalu kepada anak mengenai pentingnya menjaga keamanan diri sendiri terutama hidung.

Obat mengatasi Mimisan Secara Alami

Setelah membahas cara mengatasi mimisan pada anak di atas, ada juga beberapa obat mimisan secara alami yang juga bisa Mum gunakan untuk mengatasi mimisan pada anak:

  • Es batu

    Cara mengatasi mimisan pada anak juga bisa mengompres dengan air dingin, nah secara alami berarti es batu juga bisa menjadi alternatif obat untuk mengurangi pendarahan mimisan pada anak. caranya bungkus bongkahan es batu dengan kain lembut lalu tempelkan pada hidung anak.

  • Bawang merah

    Cara mengatasi mimisan pada anak secara alami selain dengan es batu, bawang merah juga bisa menjadi obat mimisan alami. Adanya senyawa belerang yang terkandung pada bawang merah bisa membantu membekukan darah secara alami. Selain itu, bawang merah juga kaya akan vitamin C dan bioflavonoid yang berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah kapiler.

  • Air Garam

    Obat mimisan ketiga yang bisa meredakan mimisan dengan air garam. Air garam ini dapat digunakan untuk membantu meredakan pendarahan akibat udara dingin dan kering. Caranya, larutkan air garam dengan segelas air hangat, lalu gunakan kapas dan dibasahi dengan air tersebut. Selanjutnya, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung secara perlahan dengan sedikit mendongakkan kepala. 

Demikian cara-cara mengatasi mimisan pada anak secara alami. Langkah-langkah di atas tentunya harus dilakukan oleh orang tua sang anak untuk meredam kepanikan si kecil. Nah, selain itu Mums juga bisa turut serta membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil dari dalam dengan memberikan susu Friso Gold 4. Friso dengan teknologi Locknutri, nutrisi alami yang terkandung di dalam Friso Gold 4 akan selalu terjaga karena tidak melewati proses pemanasan berlebih, sehingga mudah juga dicerna oleh tubuh si kecil. Ayo mums! jaga tumbuh kembang si kecil dengan Friso Gold 4, sehingga anak bebas bereksplorasi tanpa takut sakit.