Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Secara Alami

Dahak yang menyumbat di tenggorokan merupakan hal sangat mengganggu. Sebagian orang dewasa pasti terganggu dengan hadirnya dahak di tenggorokan, apalagi dengan anak-anak. Dahak adalah lendir kental yang menyangkut pada bagian belakang tenggorokan ketika sedang sakit. Sebenarnya, lendiri tersebut diproduksi oleh paru-paru untuk menghalangi masuknya virus dan bakteri. Cairan tersebut seringkali muncul dan menyumbat tenggorokan saat sedang batuk, flu, dan radang tenggorokan. 

Adanya dahak di tenggorokan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus mengetahui cara mengeluarkan dahak pada anak, agar anak kembali nyaman pada tenggorokannya. Biasanya dahak bisa menjadi sangat kental, sehingga sulit sekali untuk dikeluarkan. Kondisi tersebut terjadi karena banyaknya hal-hal asing yang masuk. 

Namun, Mum jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan dengan meminumkan anak obat. Masih banyak cara mengeluarkan dahak pada anak secara alami, yang bisa Mum lakukan di rumah. Berikut beberapa cara mengeluarkan dahak pada anak yang perlu Mum simak.

Perbanyak minum air putih 

Cara mengeluarkan dahak pada anak yang alami dengan memperbanyak minum air putih. Cara ini bertujuan agar dahak pada anak menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan. Jika dahak pada anak dibawah 6 bulan, Mum bisa memberikan dia ASI lebih banyak dari sebelumnya. Pastikan asupan cairan pada anak tercukupi selama sakit yang membuat dahak pada anak susah dikeluarkan. 

Selain itu, disarankan juga Mum memberikan air hangat sebagai cara alami mengeluarkan dahak pada anak agar dahak lebih encer. Bisa juga memberikan anak asupan makanan yang hangat dan cair, seperti sup. Namun, hindari makanan yang terlalu kuat dan sangat berbumbu.

Menjaga kelembapan udara dalam ruangan

Udara yang kering bisa membuat tenggorokan kering dan iritasi. Akibatnya paru-paru sebagai pertahanan akan membuat banyak dahak, dan membuat tidak nyaman tenggorokan anak. Oleh karena itu, Mum bisa mencoba cara mengeluarkan dahak pada anak yang satu ini dengan menjaga kelembapan udara pada ruangan. Bagaimana cara melembabkan udara ruangan? Salah satunya dengan mengaktifkan humidifier di kamar anak, agar udara di kamarnya menjadi lembab. Hal tersebut mendukung dahak untuk lebih cair, sehingga mudah dikeluarkan. 

Buatlah minuman dari madu dan lemon

Hadirnya dahak pada anak biasanya dipicu oleh batuk dan radang tenggorokan. Untuk meredakannya, cobalah cara mengeluarkan dahak pada anak dengan membuat minuman hangat dari lemon dan madu. 

Minuman ini memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mencegah iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan anak. Selain itu, kehangatan dari minuman lemon dan madu ini akan membuat anak lebih nyaman. Namun, berikan minuman ini jangan terlalu banyak, agar anak tidak mengalami gangguan pencernaan.

Coba berkumur dengan air garam

Untuk dahak pada anak yang membandel, Mum bisa memanfaatkan air garam yang dilarutkan dengan air hangat sebagai cara mengeluarkan dahak pada anak. Setelah cairan tersebut dilarutkan, mintalah anak untuk kumur-kumur dengan air tersebut.

 Tujuannya untuk membantu mengeringkan bagian belakang tenggorokan yang dipenuhi dahak, sehingga dahak pun lebih encer dan mudah dikeluarkan. Cara mengeluarkan dahak pada anak satu ini bisa Mum lakukan 2-3 kali dalam sehari. Garam yang dibutuhkan hanya ½ sdt dan segelas air hangat.

Menggunakan alat penyedot khusus

Cara mengeluarkan dahak pada anak selanjutnya dengan menggunakan alat penyedot khusus. Alat penyedot ini biasanya terbuat dari bahan karet yang lentur dan mudah didapat di apotek-apotek. Biasanya cara mengeluarkan dahak pada anak dengan alat khusus ini untuk bayi yang sulit mengeluarkan dahaknya sendiri. Bayi akan rewel saat mengalami dahak yang membandel, oleh karena itu Mum pasti akan kesusahan dalam mengatasinya. 

Maka dari itu, muncullah alat penyedot khusus ini, untuk membantu Mum mengeluarkan dahak pada bayi. Jika dahak bayi kental, sebelumnya Mum bisa meneteskan air garam yang dilarutkan atau cairan salin ke dalam hidungnya. Baru setelah itu menyedotnya dengan alat khusus tersebut.

Telungkupkan anak

Menelungkupkan anak bisa menjadi salah satu cara mengeluarkan dahak pada anak. Setelah itu, Mum bisa menepuk-nepuk punggung anak secara perlahan saat ia batuk dan dahak akan mencoba untuk keluar.Jika dirasa dahak bandel, coba untuk mencoba cara mengeluarkan dahak pada anak di atas, baru mencoba dengan menelungkupkan anak. Tujuannya membantu dahak yang encer untuk segera keluar.

Gunakan daun sirih

Ternyata daun sirih juga bisa menjadi salah satu cara mengeluarkan dahak pada anak, lho. Caranya mudah sekali, Mum hanya perlu mengukus beberapa lembar daun sirih. Setelah itu, balurkan pada dada anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih terlebih dahulu agar anak merasa hangat. Kemudian, barulah letakan lembaran daun sirih ke dada anak beberapa menit. Cara mengeluarkan dahak pada anak ini terbilang salah satu cara yang ampuh mencairkan dahak. 

Uap

Selanjutnya Mum bisa mencoba cara mengeluarkan dahak pada anak dengan uap. Caranya sangat mudah, Mum hanya perlu sediakan air hangat di dalam baskom. Setelah itu campurkan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya ke baskom yang berisi air hangat tersebut. Lalu, dekatkan posisi anak dengan baskom tersebut dan mintalah anak menghirup uap yang ada di dalam baskom. Uap tersebutlah yang akan mengencerkan dahak dan memudahkan dahak untuk keluar.

Manfaatkan rempah-rempah

Selain lemon dan madu, ternyata ada cara mengeluarkan dahak pada anak yang lain, yaitu dengan memanfaatkan rempah-rempah yang ada di dapur Mum. Adapun rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak pada anak adalah jahe, ginseng, bawang putih, dan lain sebagainya. Dalam rempah-rempah tersebut terdapat kandungan yang mampu membunuh virus atau bakteri pada tubuh anak yang menyebabkan dahak yang membandel. Cara menyajikan rempah-rempah ini bisa Mum buat teh herbal ditambah madu atau juga bisa menyajikannya dengan cara mencampurkan pada makanan anak. 

Jemur di bawah matahari pagi

Cara mengeluarkan dahak pada anak yang terakhir ini dengan jemur anak di bawah matahari pagi. Cara ini bisa dibilang cara yang sering dipakai nenek moyang kita dengan tujuan agar anak atau bayi tidak penyakit kuning. Selain itu, ternyata cara ini juga masih digunakan hingga saat ini untuk mengencerkan dahak yang membandel pada anak. Cahaya matahari pagi memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit bayi atau anak. 

Bahkan menjemur tubuh di bawah sinar matahari pagi dilakukan tidak hanya untuk bayi dan anak-anak, orang dewasa pun juga kerap kali melakukan hal tersebut. Sinar matahari yang sehat adalah sinar matahari pukul 08.00-09.00. Kehangatan matahari yang diserap anak, akan memudahkan lendir dahak mencair dan keluar dengan sendirinya. 

Demikianlah beberapa cara mengeluarkan dahak pada anak yang bisa Mum praktekkan di rumah saat anak terserang penyakit batuk atau flu. Jangan sepelekan dahak pada anak, karena hal tersebut dapat membuat anak dan bayi Mum tidak nyaman menjalani hari-hari. Jika dahak pada anak tak kunjung reda dengan cara di atas, Mum bisa membawa anak-anak untuk konsultasi dengan dokter dan ahlinya. 

Untuk tetap menjaga kesehatan si Kecil dari serangan virus dan bakteri, Mums harus menjaga nutrisi baik pada tubuh si Kecil dengan memberikan susu Friso Gold 4 yang dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil setiap harinya. Friso dengan teknologi Locknutri membuat nutrisi alami pada Friso Gold 4 tetap terjaga dan tidak berubah karena tidak melewati proses pemanasan berlebih. Dengan begitu, nutrisi baik susu akan mudah diserap dan dicerna oleh si Kecil. Percayakan pemenuhan nutrisi tubuh si kecil dengan Friso Gold 4.