Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Mums Sudah Tahu?

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Mums Sudah Tahu?

Pernahkah Mums menyadari bahwa si Kecil mengalami cegukan ketika menyusui atau sesaat setelah menyusui? Jika pernah, mungkin Mum juga menyadari bahwa cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam tempo beberapa menit bukan? Namun demikian, sebenarnya ada cara menghilangkan cegukan dengan cukup cepat selain menunggunya. Pernahkah Mums membaca mengenai cara ini?

Penyebab cegukan terjadi karena mekanisme kontrol untuk refleks bagian perut si Kecil belum terbentuk dengan maksimal. Tentu saja hal ini dipengaruhi langsung oleh usianya yang masih sangat mudah. Pada waktunya nanti, refleks akan terbentuk dengan sempurna sehingga ia tak lagi mengalami cegukan terlalu sering.

Apakah ini gawat? Idealnya adalah tidak, cegukan hanya proses alami yang terjadi sebagai akibat dari refleks yang belum sempurna, hal ini menyebabkan diafragma si Kecil mengencang secara tiba-tiba, kemudian menutup pita suara di kerongkongan dan menghasilkan bunyi khas cegukan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan cegukan dengan cepat?

Posisi Menyusui yang Tepat

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Mums Sudah Tahu?

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menerapkan posisi menyusui yang tepat. Tepat dalam artian agar si Kecil tidak mengalami cegukan. Jadi posisi yang direkomendasikan adalah bagian puting dan areola masuk ke dalam mulut si Kecil. Hal ini penting dipastikan agar tidak ada udara yang masuk ketika si Kecil menyusui. Cegukan sering kali terjadi karena ada udara yang masuk ketika si Kecil menyusu dengan posisi yang kurang tepat.

Selanjutnya terkait posisi menyusui, adalah pastikan bagian perut si Kecil menghadap tepat dengan perut Mums. Hal ini penting untuk memposisikan tubuh si Kecil dengan ideal sehingga proses masuknya ASI ke organ pencernaan bisa berjalan lancar. Dengan memposisikan si Kecil demikian, idealnya resiko terjadinya cegukan dapat ditekan.

Memberikan Pelukan untuk si Kecil

Cukup klasik, cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelukan hangat pada si Kecil. Pada si Kecil yang baru lahir yang mengalami cegukan, cara menghilangkan cegukan paling mudah adalah dengan memeluknya. Ketika tubuh si Kecil merasa nyaman dan tenang, cegukan akan hilang dalam hitungan menit.

Cara ini sebenarnya tidak hanya ampuh untuk menghilangkan cegukan namun juga menenangkan si Kecil ketika ia tengah rewel. Sembari memeluk si Kecil dengan lembut, usap juga bagian punggungnya agar memberikan efek nyaman yang lebih baik.

Menepuk Lembut Bagian Punggung

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Mums Sudah Tahu?

Seperti diungkapkan sebelumnya, cegukan terjadi karena ada udara yang masuk ketika si Kecil menyusu. Udara yang terjebak di dalam perut ini akan ‘mengacaukan’ sistem pencernaan yang belum terbentuk sempurna, sehingga membuat si Kecil mengalami cegukan. Cara menghilangkan cegukan selanjutnya adalah dengan menepuk lembut bagian punggung si Kecil.

Posisinya adalah gendong si Kecil dalam posisi berdiri dengan kepala si Kecil berada di bagian pundak Mums. Kemudian tepuk lembut punggung si Kecil hingga ia bersendawa.  Udara yang terjebak di dalam bagian pencernaannya akan keluar dengan cara ini. Mums dapat membiasakan cara ini untuk membantu mengurangi jumlah udara yang terlanjur masuk ke organ pencernaan si Kecil.

Ketika Masa MPASI, Berikan Makanan Secara Bertahap

Ketika fase menyusui sudah harus disertai dengan MPASI, mungkin pada kisaran usia 6 bulan dimana sudah mulai bisa dikenalkan dengan MPASI, ada baiknya Mums memberikan makanan pendamping ASI tersebut dalam jumlah yang sedikit namun intensitas yang cukup sering. Hal ini lebih disarankan daripada memberikan makanan dalam porsi banyak dalam satu kali penyajian.

Mengkonsumsi jumlah makanan yang sedikit dan secara perlahan dapat pula mengurangi jumlah udara yang masuk ke organ pencernaannya. Jadi, memberikan MPASI dalam jumlah sedikit juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh ketika si Kecil mulai masuk pada fase ini.

Waspadai Cegukan Jika Terjadi Hal Ini

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Mums Sudah Tahu?

Secara wajar, cegukan memang hanya proses alami saja yang diakibatkan oleh belum sempurnanya organ pencernaan dan refleks si Kecil. Namun demikian jika dalam waktu cukup lama hal ini tidak hilang, bahkan setelah Mums mencoba cara menghilangkan cegukan di atas, maka ada baiknya Mums mencermati cegukan yang dialami si Kecil.

Ketika cegukan disertai dengan muntah, sangat direkomendasikan untuk membawa si Kecil ke dokter untuk diperiksa. Biasanya hal ini mengindikasikan bahwa bagian pencernaan si Kecil mengalami masalah.

Baca Juga : Simak Manfaat dan Tips Memandikan Bayi, Lakukan dengan Cermat ya Mums!

 Mengetahui cara menghilangkan cegukan bisa jadi satu pengetahuan yang berguna untuk Mums ketika menghadapi kondisi serupa. Tentu saja, untuk menunjang agar perkembangan bagian pencernaannya bisa optimal, kebutuhan nutrisi harian harus selalu dipenuhi. Untuk masa menyusui sendiri, Mums dapat menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ pada menu makanan sehat yang Mums miliki. Nutrisi yang terkandung dalam Frisomum Gold Dualcare+ dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums, sehingga produksi ASI bisa berjalan lancar dan berkualitas. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!