Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Menyembuhkan Anak Masuk Angin Muntah

Cara Menyembuhkan Anak Masuk Angin Muntah

Masuk angin merupakan gangguan yang tak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja, namun juga bisa dialami oleh anak. Masuk angin ditandai dengan gejala mual, muntah, keringat dingin, tidak enak badan, terkadang juga disertai dengan demam.

Meskipun demikian, sebenarnya tidak ada istilah masuk angin dalam dunia medis. Menurut medis, masuk angin merupakan gejala awal dari suatu penyakit yang berhubungan dengan pencernaan atau pernapasan. Gejala yang terjadi pada anak biasanya disebabkan karena si kecil terlalu lelah, kahujanan, minum es, terlambat makan, atau kedinginan.

Gejala diatas dipicu oleh menurunnya daya tahan tubuh si kecil, yang ditandai dengan muntah, mual, pusing, nyeri badan, serta demam. Diantara gejala yang timbul akibat masuk angin tersebut, muntah merupakan gejala yang paling sering dialami anak.

Namun Mums tak perlu khawatir, karena anak masuk angin muntah bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan meningkatnya kembali kekebalan tubuh anak. Mum pun bisa meredakan gejala anak masuk angin muntah dengan beberapa cara berikut ini.

1. Oleskan minyak telon

Cara pertama yang bisa Mum lakukan untuk menyembuhkan anak masuk angin muntah adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih ke perut dan punggung anak. Minyak telon mampu menghangatkan tubuh serta memberikan rasa nyaman di tubuh. Berikan olesan minyak telon sesering mungkin ketika masuk angin menyerang.

2. Oleskan minyak kayu putih

Pada anak yang lebih besar, biasanya minyak telon tidak mampu lagi untuk meredakan masuk angin. Oleh karena itu Mum bisa menggantinya dengan minyak kayu putih yang memberikan sensasi lebih panas.

Oleskan pada bagian perut, punggung, dan dada si kecil secara merata. Cara ini cukup efektif untuk meredakan anak masuk angin muntah.

3. Berikan jahe hangat

Mum juga bisa meredakan masuk angin si kecil dengan memberinya minuman jahe hangat. Jahe memiliki khasiat untuk meredakan mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh masuk angin.

Caranya mudah, cukup rebus jahe dan campurkan dengan teh hangat dan madu. Cara ini mampu membuat anak berkeringat dan kembali sehat.

4. Balurkan bawang merah dicampur minyak

Orang tua jaman dahulu menyarankan bawang merah dicampur minyak untuk meringankan gejala masuk angin. Dan cara ini terbukti efektif untuk membuat anak merasa lebih nyaman saat masuk angin menyerang.

Caranya iris bawang merah, campur dengan minyak goreng/tanah, lalu balurkan di tubuh si kecil. Mulai dari kening, leher, punggung, hingga perut. Cara ini sangat manjur untuk menyembuhkan anak masuk angin muntah.

5. Tempelkan daun jarak ke perut anak

Cara lain untuk meredakan gejala anak masuk angin muntah adalah dengan menggunakan daun jarak. Cukup tempelkan daun jarak yang sudah dicuci bersih ke perut anak, lalu oleskan minyak kayu putih. Cara ini cukup efektif untuk menangkal masuk angin pada si kecil.

6. Berikan sup ayam hangat

Sup ayam hangat ternyata juga merupakan obat ampuh untuk mengatasi masuk angin pada anak, lho. Untuk itu berikan semangkuk sup ayam hangat ketika si kecil masuk angin untuk mengembalikan kembali staminanya. Nafsu makan anak pun bisa meningkat dengan semangkuk sup ayam ini.

7. Berikan air putih yang banyak

Anak masuk angin muntah rentan terkena dehidrasi. Terlebih jika volume muntah yang dikeluarkan anak cukup banyak. Jadi pastikan Mum memberikan air putih dalam jumlah banyak untuk mengganti cairan yang keluar lewat muntah.

8. Berikan pijatan

Untuk anak yang lebih kecil, Mum bisa memberikan pijatan di area perutnya. Biasanya anak masuk angin muntah disebabkan oleh ketidakberesan pada saluran pencernaan. Untuk itulah Mum bisa memijat area punggung dan perut si kecil untuk meredakan masuk angin.

9. Berikan oralit

Jika si kecil mengalami muntah yang berkepanjangan, Mums juga bisa memberikan oralit pada si kecil. Oralit berguna untuk mengembalikan kembali cairan tubuh si kecil agar tidak terjadi dehidrasi.

10. Hentikan pemberian makanan padat sementara waktu

Ketika mual dan muntah masih dialami oleh anak, Mum perlu menghentikan pemberian makanan padat untuk sementara waktu. Lebih baik istirahatkan terlebih dahulu pencernaan anak agar bisa berfungsi normal kembali. Faktanya, memberikan makanan padat ketika si kecil muntah justru akan memperparah kondisinya.

11. Berikan makanan sedikit namun sering

Saat anak masuk angin muntah, Mum perlu memberikan makanan secara perlahan pada si kecil. Jangan langsung memberikannya dalam porsi besar. Lebih baik porsi sedikit namun frekuensinya lebih sering. Pastikan terlebih dahulu gejala masuk angin pada anak mereda, baru kemudian berikan makanan. Stop memaksa anak makan terlalu banyak ketika masuk angin, Mums!

12. Berikan aromaterapi

Aromaterapi juga mampu meredakan mual akibat masuk angin. Untuk si kecil, Mum bisa menyiapkan aromaterapi di kamar anak untuk dihirup. Pilih aromaterapi dengan aroma yang tidak terlalu kuat agar tidak menambah rasa mual si kecil.

13. Humidifier

Cara lain untuk mengatasi anak masuk angin muntah adalah dengan menggunakan humidifier. Biasanya masuk angin pada anak disertai dengan gejala batuk atau pilek, untuk itulah penting bagi Mum untuk menyimpan humidifier.

Letakkan humidifier di ruangan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat pada anak. Dengan menggunakan humidifier, bakteri dan jamur di ruangan bisa mati dan ruangan akan steril kembali.

14. Pantau suhu si kecil

Jika masuk angin yang menyerang si kecil disertai demam, Mum perlu waspada terhadap suhu badan anak. Ketika suhu badan mulai meninggi hingga 38 derajat, segera berikan obat turun panas untuk membuat si kecil merasa lebih nyaman.

15. Konsultasi dokter

Jika masuk angin yang diderita si kecil tak kunjung sembuh, tak ada salahnya untuk membawa si kecil ke dokter. Dokter nantinya bisa memberikan obat sirup khusus untuk masuk angin, atau memberikan solusi lain. Mum cukup menjelaskan apa yang terjadi pada anak agar dokter mudah menegakkan diagnosa.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan anak masuk angin muntah. Tak ada yang perlu dikhawatirkan ketika anak mengalami gejala masuk angin, asalkan Mum tahu bagaimana mengatasinya.

Cegah masuk angin pada anak dengan cara tidak membiarkannya mandi hujan, tidak membiarkan anak bermain air terlalu lama, memberikan baju hangat ketika berada di luar rumah dan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. Mum juga perlu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak merupakan makanan padat gizi yang membuat anak tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu Anda bisa mencegah masuk angin dan penyakit lainnya pada si Kecil dengan memberikan nutrisi yang tepat. Salah satunya dengan Friso Gold 3 yang memiliki nutrisi terbaik untuk di kecil. Friso Gold 3 merupakan susu pertumbuhan untuk anak yang mengandung prebiotik, vitamin, zinc, dan zat besi. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri tetap menjaga kualitas alami susu karena diproses tanpa pemanasan berlebih sehingga mudah dicerna oleh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Selama hal-hal diatas diatas diterapkan pada anak, maka anak masuk angin muntah dapat dicegah. Yang terpenting, jangan biarkan anak dehidrasi atau kekurangan cairan selama masuk angin ya, Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang