Lompat ke isi utama
Cara Menyembuhkan Anak Masuk Angin Muntah

15 Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin

Adakah cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa dilakukan sendiri di rumah? Apa saja yang harus Mums lakukan? Simak tipsnya di sini

Ada berbagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa Mums lakukan sendiri di rumah. Tapi, yang namanya orang tua pasti akan merasakan panik saat melihat buah hatinya muntah ya, Mums? 

Ciri-ciri dan Penyebab Masuk Angin pada Anak

Saat anak mengalami masuk angin, biasanya akan terlihat dari beberapa ciri, di antaranya panas dingin atau meriang, sakit kepala, badan sangat lemas, nafsu makan berkurang, mual, muntah, sering buang angin, dan lain sebagainya. Di antara ciri-ciri tersebut, kondisi yang paling sering dialami anak saat masuk angin adalah muntah. 

Supaya bisa mengetahui cara mengatasi anak muntah karena masuk angin secara tepat, Mums perlu tahu dulu penyebabnya. Biasanya masuk angin ditandai dengan gejala mual, muntah, keringat dingin, tidak enak badan, terkadang juga disertai dengan demam.

Meskipun masuk angin pada anak akan mereda dengan sendirinya, tapi tak ada salahnya jika Mums mau mencoba beberapa cara mengatasi anak muntah karena masuk angin sebagai pertolongan pertama. Simak tipsnya di bawah ini, yuk! 

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin?

asam lambung

Berikut ini beberapa cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa Mums lakukan di rumah, antara lain:

  1. Oleskan minyak telon

    Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang pertama adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih ke perut dan punggung anak. Minyak telon mampu menghangatkan tubuh serta memberikan rasa nyaman di tubuh. Berikan olesan minyak telon sesering mungkin ketika masuk angin menyerang.

  2. Oleskan minyak kayu putih

    Sebenarnya sama seperti poin sebelumnya, cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang selanjutnya yaitu mengoleskan minyak kayu putih. Cara ini bisa Mums lakukan pada anak yang lebih besar karena minyak telon biasanya kurang ampuh untuk menghangatkan. 

    Oleh karena itu, Mums bisa menggantinya dengan minyak kayu putih yang memberikan sensasi lebih panas sebagai salah satu cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Mums bisa mengoleskan pada bagian perut, punggung, dan dada si kecil secara merata. Cara ini cukup efektif untuk meredakan anak muntah karena masuk angin.

    Baca Juga : 8 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Si Kecil

  3. Berikan air jahe hangat

    Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang lainnya yaitu membuat air jahe yang hangat. Jahe memiliki khasiat untuk meredakan mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh masuk angin.

    Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang satu ini cukup mudah, Mums bisa rebus jahe dan campurkan dengan teh hangat dan madu. Cara ini mampu membuat anak berkeringat dan kembali sehat.

  4. Balurkan bawang merah dicampur minyak

    Orang tua jaman dahulu menyarankan bawang merah dicampur minyak untuk meringankan gejala masuk angin. Dan cara ini terbukti efektif untuk membuat anak merasa lebih nyaman saat masuk angin menyerang.

    Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang satu ini cukup mudah, Mums tinggal iris bawang merah, campur dengan minyak goreng/tanah, lalu balurkan di tubuh si kecil. Mulai dari kening, leher, punggung, hingga perut. Cara ini sangat manjur untuk menyembuhkan anak muntah karena masuk angin.

  5. Tempelkan daun jarak ke perut anak

    Ingin coba cara lain? Mums bisa lho melakukan cara mengatasi anak muntah karena masuk angin dengan menggunakan daun jarak. Cukup tempelkan daun jarak yang sudah dicuci bersih ke perut anak, lalu oleskan minyak kayu putih. Cara ini cukup efektif untuk menangkal masuk angin pada si kecil. Namun, perlu Mums ingat bahwa cara yang satu ini dianggap kurang efektif, sehingga Mums bisa melakukan cara mengatasi anak muntah karena masuk angin lainnya, ya! 

    Baca Juga : Mengenali Demam Berdarah pada Anak-Anak, Lihat Di Sini

  6. Berikan sup ayam hangat

    Sup ayam hangat ternyata juga merupakan obat ampuh untuk mengatasi masuk angin pada anak, lho. Untuk itu berikan semangkuk sup ayam hangat ketika si kecil masuk angin untuk mengembalikan kembali staminanya. Nafsu makan anak pun bisa meningkat dengan semangkuk sup ayam ini. Cukup mudah kan untuk melakukan cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang satu ini, Mums?

  7. Berikan air putih yang banyak

    Anak muntah karena masuk angin rentan terkena dehidrasi. Terlebih jika volume muntah yang dikeluarkan anak cukup banyak. Jadi, Mums bisa memberikan si Kecil air putih yang banyak sebagai salah satu cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Dengan begitu, tubuh si Kecil mendapatkan cairan pengganti yang keluar saat muntah.

  8. Berikan pijatan

    Untuk anak yang lebih kecil, Mum bisa memberikan pijatan di area perutnya sebagai salah satu cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Biasanya anak muntah karena masuk angin disebabkan oleh ketidakberesan pada saluran pencernaan. Untuk itulah Mum bisa memijat area punggung dan perut si kecil untuk meredakan masuk angin.

  9. Berikan oralit

    Jika si kecil mengalami muntah yang berkepanjangan, Mums juga bisa memberikan oralit pada si kecil. Oralit berguna untuk mengembalikan kembali cairan tubuh si kecil agar tidak terjadi dehidrasi.

  10. Hentikan pemberian makanan padat sementara waktu

    Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang tak kalah penting yaitu menghentikan pemberian makanan padat sementara waktu. Lebih baik istirahatkan terlebih dahulu pencernaan anak agar bisa berfungsi normal kembali. Faktanya, memberikan makanan padat ketika si kecil muntah justru akan memperparah kondisinya.

  11. Berikan makanan sedikit namun sering

    Berkaitan dengan poin sebelumnya, cara mengatasi anak muntah karena masuk angin akan lebih efektif jika Mums memberikan si Kecil makanan dengan porsi sedikit, tetapi sering. Jangan langsung memberikannya dalam porsi besar. Lebih baik porsi sedikit namun frekuensinya lebih sering. Pastikan terlebih dahulu gejala masuk angin pada anak mereda, baru kemudian berikan makanan. Stop memaksa anak makan terlalu banyak ketika masuk angin, Mums!

  12. Berikan aromaterapi

    Aromaterapi juga mampu meredakan mual akibat masuk angin. Untuk si kecil, Mum bisa menyiapkan aromaterapi di kamar anak untuk dihirup. Pilih aromaterapi dengan aroma yang tidak terlalu kuat agar tidak menambah rasa mual si kecil.

  13. Humidifier

    Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa Mums coba yaitu menggunakan humidifier. Biasanya masuk angin pada anak disertai dengan gejala batuk atau pilek, untuk itulah penting bagi Mum untuk menyimpan humidifier.

    Baca Juga : Tips Liburan Anak Tanpa Rewel dan Tetap Seru [5 Tips Ampuh]

    Letakkan humidifier di ruangan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat pada anak. Dengan menggunakan humidifier, bakteri dan jamur di ruangan bisa mati dan ruangan akan steril kembali.

  14. Pantau suhu si kecil

    Jika masuk angin yang menyerang si kecil disertai demam, Mum perlu waspada terhadap suhu badan anak. Ketika suhu badan mulai meninggi hingga 38 derajat, segera berikan obat turun panas untuk membuat si kecil merasa lebih nyaman.

  15. Konsultasi dokter

    Mums sudah mencoba berbagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin di atas? Tetapi kondisi si Kecil tak kunjung sembuh? Sebaiknya segeralah bawa si Kecil ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Itulah beberapa cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa Mums lakukan. Tak ada yang perlu dikhawatirkan ketika anak mengalami gejala masuk angin, asalkan Mums tahu bagaimana mengatasinya.

Selain mengetahui cara mengatasi anak muntah karena masuk angin, sebenarnya Mums bisa melakukan langkah pencegahan sebelumnya. Cegah masuk angin pada anak dengan cara tidak membiarkannya mandi hujan, tidak membiarkan anak bermain air terlalu lama, memberikan baju hangat ketika berada di luar rumah dan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. Mum juga perlu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak merupakan makanan padat gizi yang membuat anak tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Menjaga Kondisi Kehamilan Sehat Saat New Normal

Selain itu Anda bisa mencegah masuk angin dan penyakit lainnya pada si Kecil dengan memberikan nutrisi yang tepat. Salah satunya dengan Friso Gold 3 karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan proses pengolahan satu kali (single process) sehingga nutrisi alami di dalamnya tidak rusak dan lebih mudah dicerna oleh anak. 

Selain sebagai sumber zat besi dan protein, susu Friso Gold 3 juga mengandung prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral yang tinggi, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.