Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Mudah Menurunkan Panas Anak

Cara Mudah Menurunkan Panas Anak

Panas atau demam yang menyerang anak-anak tidak selalu berbahaya. Bahkan sebagian besar panas dan demam dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Mum dituntut untuk tidak panik dalam menurunkan panas anak. Patutnya sebagai orang tua harus waspada dan cermat dalam memantau kondisi anak saat panas. 

Panas sebenarnya merupakan reaksi tubuh untuk melawan infeksi secara alami. Infeksi yang menyerang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Bahkan ada kondisi di mana setelah imunisasi anak tiba-tiba demam. 

Dalam menyikapi kondisi panas pada anak, orang tua disarankan untuk cermat dan waspada. Jika memang panas anak disertai gejala lain, seperti bintik merah pada kulit atau kejang, Mum disarankan untuk segera membawa anak ke rumah sakit. Namun, jika anak merasakan demam ringan, ada beberapa cara mudah untuk menurunkan panas anak yang bisa Mum lakukan di rumah. 

Sebelum melakukan beberapa cara mudah menurunkan panas anak, Mum harus mengecek terlebih dahulu suhu tubuh menggunakan termometer. Tujuannya agar Mum bisa memantau dan waspada jika tiba-tiba panas anak meningkat terus-menerus. Berikut ini beberapa cara menurunkan panas yang bisa Mum praktekkan di rumah:

Berikan kompres

Mengompres bagian dahi anak adalah cara mudah menurunkan panas anak. Kebanyakan orang tua menggunakan cara ini saat tubuh anak panas. Mengompres dahi atau bagian tubuh yang panas sudah digunakan sejak zaman nenek moyang. Namun, zaman dulu kebanyakan orang tua menggunakan air dingin untuk mengompres anak saat panas. Padahal, hal tersebut tidak dapat menyembuhkan demam, karena suhu dingin tersebut dianggap ancaman oleh tubuh. Jadi, tubuh akan semakin meningkatkan suhunya dan hasilnya memperparah panas demam. 

Cara mengompres yang dianjurkan sekarang ini dengan menggunakan air hangat. Metode ini sangat ampuh untuk menurunkan panas. Mengapa demikian? Karena pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat kain kompresan dapat memicu produksi keringat, jadinya mempermudah keluarnya panas dari tubuh anak. Dengan begitu, suhu tubuh akan menurun secara alami dari dalam. 

Hindari memberikan anak baju tebal

Cara mudah menurunkan panas anak selanjutnya adalah jangan memakaikan baju tebal. Mengapa? Karena dengan pakaian panas atau tebal, tubuhnya akan kepanasan dan panas di tubuh akan sulit dikeluarkan, sehingga panas anak akan sulit untuk mereda. Pilihlah baju yang nyaman dan tidak terlalu tebal untuk anak saat panas. Jika memang saat anak panas merasa meriang atau kedinginan, Mum hanya perlu memberikan baju yang nyaman dengan bahan yang mudah menyerap keringat, serta Mum bisa menambahkan selimut tipis saat anak istirahat. 

Penuhi asupan cairan tubuh lebih banyak dan sering

Para ahli beranggapan bahwa cara mudah menurunkan panas anak dengan memperbanyak konsumsi cairan. Oleh karena itu, saat anak panas Mum bisa terus memberikan anak banyak cairan. Tidak perlu memberikannya sekaligus banyak, perlahan namun sering. Cairan seperti apa yang bisa membantu menurunkan panas anak adalah air putih hangat atau air putih biasa, namun Mum juga memberikan minuman olahraga yang penuh dengan ion. Selain itu, Mum juga memberikan air kelapa muda yang bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat panas demam. 

Perbanyak konsumsi buah-buahan sebagai imun tubuh

Berbagai macam buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, nanas, dan mangga memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Dengan demikian, cara mudah menurunkan panas anak adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan. Selain buah-buahan di atas, Mum juga bisa memberikan pisang pada anak saat panas. Karena pisang memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menggantikan mineral kalium dalam tubuh yang hilang saat panas demam yang disertai diare atau muntah. Pilihlah buah segar untuk menurunkan panas anak. Jangan memberikan produk buah kalengan atau jus buah kemasan, karena kemungkinan mengandung tambahan gula. Kabarnya, asupan gula yang tinggi dapat menghambat sistem kekebalan tubuh anak.

Gunakan kaus kaki basah

Cara mudah menurunkan panas anak selanjutnya dengan memberikan anak kaos kaki basah saat anak mau tidur. Menurut para ahli, cara menurunkan panas anak dengan kaos kaki basah ini sangat ampuh dan terpercaya bisa menurunkan panas anak. Caranya juga terbilang mudah, Mum hanya perlu merendam sepasang kaos kaki dengan bahan katun dalam air hangat, lalu peras airnya, dan kemudian pasangkan kaos kaki pada kaki anak. Setelah itu, Mum bisa melapisi kaos kaki basah tersebut dengan kaos kaki yang lebih tebal. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan aliran darah yang kencang di ujung-ujung kaki serta merangsang aktivitas sistem imun tubuh.

Mandi air hangat

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak panas demam, tidak boleh memandikan anak. Padahal memandikan anak dengan air hangat merupakan cara ampuh untuk menurunkan panas anak. Jika Mum merasa dengan mengompres air hangat pada dahi anak tidak membantu menurunkan panas anak, Mum bisa mencoba cara mudah satu ini. Cukup dengan menyiapkan air hangat untuk anak mandi, atau Mum juga bisa hanya menyeka tubuh anak di dalam kamar mandi dengan air hangat. Hindari memandikan anak demam panas dengan air dingin, hal tersebut dapat membuat suhu tubuh anak semakin tinggi dan juga dapat membuat anak kedinginan.

Minum obat sesuai anjuran dokter

Jika diperlukan, Mum bisa memberikan obat untuk menurunkan panas anak, seperti paracetamol. Namun, Mum harus memperhatikan dosis paracetamol disesuaikan dengan usia anak dan berat badan anak. Jika Mum merasa bingung, lebih baik sesuai dengan saran dokter. Perlu menjadi catatan juga, bahwa paracetamol tidak disarankan untuk diberikan pada bayi berusia kurang dari 2 bulan, tanpa pantauan dokter. Sebenarnya dalam memberikan obat untuk menurunkan panas anak, ada baiknya Mum berkonsultasi dengan dokter anak. Tujuannya agar menghindari resiko yang tidak diinginkan saat anak panas. Bisa dibilang pemberian obat untuk menurunkan panas anak ini menjadi pilihan terakhir Mum, jika beberapa cara menurunkan panas anak di atas tidak ampuh.

Kapan Demam Panas Anak Perlu Diwaspadai?

Cara apapun untuk menurunkan panas anak akan dilakukan orang tua. Perlu Mum waspadai jika beberapa gejala berikut ini dialami anak Mum saat panas:

  • Anak berusia 3-6 bulan dengan suhu tubuh 101 F atau lebih tinggi
  • Anak berusia 1-2 tahun dengan suhu yang meningkat lebih dari 24 jam
  • Area lunak pada tengkorak anak terlihat menonjol
  • Anak muntah dan diare disertai panas demam
  • Munculnya gejala dehidrasi seperti mulut kering dan menangis tanpa air mata
  • Kejang
  • Demam disertai ruam-ruam di kulit
  • Panas anak berlangsung lebih dari 5 hari
  • Terdapat infeksi serius, kondisi tersebut biasanya lebih rentan dialami anak yang tidak rutin menerima imunisasi.

Demikian beberapa cara mudah menurunkan panas anak yang bisa Mum terapkan di rumah. Orang tua perlu waspada dan cermat dalam menyikapi keadaan sakit panas anak. Hal tersebut bertujuan agar penyembuhan untuk menurunkan panas anak berjalan dengan benar dan sembuh dengan cepat. Bahkan, tanpa perlu ke dokter dan mengonsumsi obat, Mum bisa dengan mudah menurunkan panas anak. 

Nah, selain itu Mums juga harus memenuhi nutrisi baik untuk tubuh si Kecil dengan memberikan Susu Friso Gold 3. Friso Gold 3 merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga dan tidak mengubah nutrisi baik pada susu Friso Gold 3 karena tidak melewati proses pemanasan berlebih, sehingga nutrisi baik akan mudah diserap oleh si Kecil dan membuatnya kuat dari dalam.