Lompat ke isi utama
manfaat kacang merah

Catat Mums, Ini 4 Manfaat Kacang Merah untuk Anak

Manfaat kacang merah untuk anak ternyata penting untuk kesehatan tubuhnya lho. Yuk, ketahui manfaat dan resep olahannya di sini

Mums, ternyata ada begitu banyak manfaat kacang merah bagi kesehatan anak lho. Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, manfaat kacang merah juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang yang bentuknya menyerupai ginjal ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak, terutama dalam masa tumbuh kembang. 

Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram kacang merah mengandung sejumlah nutrisi, di antaranya:

  • Air sekira 57,2 gram
  • Energi sekira 171 kkal
  • Lemak sekira 11 gram
  • Karbohidrat 28 gram
  • Serat 2,1 gram
  • Kalium sekira 360,7 mg
  • Zinc sekira 1,4 mg
  • Vitamin B9 (asam folat) sekira 394 mg
  • Kolin sekira 65,9 mcg
  • Vitamin K sekira 5,6 mcg

Manfaat kacang merah bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi di atas. Tak heran jika jenis kacang yang satu ini bisa menjadi tambahan nutrisi untuk dikombinasikan ke dalam menu makanan anak-anak. 

Meski demikian, kacang merah merupakan sumber protein nabati. Perlu Mums ketahui bahwa mengonsumsi protein nabati yang terlalu banyak tanpa diimbangi protein hewani dan nutrisi lainnya dapat menghambat tumbuh kembang anak. 

Maka dari itu, meski manfaat kacang merah baik bagi tubuh, namun jenis kacang ini bukan satu-satunya nutrisi yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Ia masih membutuhkan makanan bergizi seimbang lainnya, terutama sumber protein hewani seperti susu, telur, ikan, daging sapi, kambing, domba, ayam, bebek, dan daging unggas lainnya. 

Namun Mums tidak perlu khawatir karena sebenarnya kacang merah bisa dikombinasikan dengan beragam jenis makanan lain yang kaya nutrisi, sehingga kebutuhan gizi harian anak pun tercukupi dengan baik. 

Supaya manfaat kacang merah lebih optimal, maka Mums harus mengolahnya dengan cara yang tepat. Hindari memasak atau memanaskan kacang merah lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. Lantas, apa saja ya manfaat kacang merah untuk kesehatan anak? Cari tahu penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Manfaat Kacang Merah untuk Anak

Berikut ini beberapa manfaat kacang merah yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, antara lain: 

  1. Mencegah sembelit atau konstipasi

    Manfaat kacang merah yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit atau konstipasi yang dialami oleh anak. Seperti yang Mums ketahui, sembelit atau konstipasi termasuk gangguan pencernaan yang paling sering dialami oleh anak-anak. 

    Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya Mums memberikan anak makanan yang tinggi serat seperti kacang merah. Dalam setiap 100 gram, kacang merah memiliki sekira 13 gram serat larut dan tak larut air. Serat tak larut ini paling banyak ditemukan dalam kulitnya, sedangkan serat larut banyak terkandung dalam daging kacangnya.

    Perlu Mums ketahui bahwa risiko sembelit atau konstipasi pada anak bisa diturunkan dengan asupan prebiotik yang tepat. Salah satu sumber makanan bergizi yang mengandung prebiotik adalah susu FRISO Gold 3

    Susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak usia 1-3 tahun ini mengandung prebiotik GOS yang menjaga bakteri baik dalam usus untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, sehingga si Kecil terhindar dari sembelit atau konstipasi. 

  2. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan daya tahan

    Manfaat kacang merah berkat kandungan serat tak hanya penting untuk mencegah sembelit, tetapi juga membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi lain yang dikonsumsi oleh anak. 

    Manfaat kacang merah juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena kesehatan pencernaan akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, pastikan Mums memberikan anak asupan kacang merah yang diimbangi dengan makanan tinggi nutrisi lain, salah satunya adalah susu FRISO Gold 3

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat kacang merah yang tak kalah penting yaitu dapat mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari, tentunya dengan diimbangi pola hidup sehat dan aktif. Manfaat kacang merah ini bisa didapatkan berkat kandungan protein yang tinggi dan bebas kolesterol serta rendah lemak. Dengan mengonsumsi kacang merah, anak mendapatkan protein tambahan tanpa harus khawatir kolesterol atau kadar lemak jenuh dalam tubuh naik.

    Tak hanya itu, manfaat kacang merah ini pun muncul berkat kandungan serat larut yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol ‘baik’ (HDL) dan kolesterol ‘jahat’ (LDL). Mengonsumsi kacang merah juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. 

  4. Membantu mengendalikan nafsu makan

    Karena jenis kacang ini termasuk makanan yang mengandung protein, tinggi serat, dan karbohidrat kompleks, maka tak heran jika manfaat kacang merah dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama. 

    Tak heran jika kacang merah sering dijadikan makanan pendukung bagi orang-orang yang sedang menjalani pola hidup sehat dan diet. Nah, manfaat kacang merah ini tak hanya penting bagi orang dewasa, tetapi penting juga bagi anak-anak agar dapat mengontrol berat badannya dengan lebih sehat. Apalagi bagi anak yang mengalami obesitas, olahan yang berbahan dasar kacang merah bisa jadi pilihan tepat. 

  5. Membantu mencegah diabetes

    Manfaat kacang merah yang tak kalah penting yaitu dapat membantu mencegah terjadinya diabetes. Ternyata karbohidrat kompleks yang terkandung dalam kacang merah membantu menjaga agar glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat.

    Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang cepat dicerna, karbohidrat kompleks tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah dengan cepat. Dengan begitu, kadar gula dalam darah tidak akan tiba-tiba melonjak yang memicu diabetes. Manfaat kacang merah juga penting untuk membantu mencegah resistensi insulin yang berisiko meningkatkan kadar gula darah bagi pengidap diabetes.

Seperti yang telah disebutkan, kacang merah bukan satu-satunya makanan bergizi yang penting bagi anak. Setiap anak berhak mendapatkan asupan nutrisi berkualitas dari berbagai jenis makanan sehat, terutama susu sebagai sumber protein hewani terbaik.

Nah, susu FRISO Gold 3 bisa jadi solusi yang tepat karena merupakan susu yang melalui proses pengolahan satu kali (single process) sehingga nutrisi alami di dalamnya tidak rusak dan dapat dengan mudah dicerna oleh anak.

Susu FRISO Gold 3 merupakan susu bernutrisi tinggi yang bebas sukrosa, tanpa perisa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Di dalamnya mengandung prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

Resep Kacang Merah yang Lezat untuk Anak

Bosan dengan olahan kacang merah yang itu-itu saja? Bagaimana jika Mums mengolah kacang yang satu ini menjadi hidangan yang bisa bikin anak ketagihan? Yuk, ikuti resepnya di bawah ini.

Kue Ikan Kacang Merah

kue kacang merah

Bahan adonan kue:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm gula pasir halus
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam
  • 170 ml air
  • 1 sdm Susu FRISO Gold 3 

Bahan pasta kacang merah (untuk isian kue):

  • 250 gram kacang merah
  • 2 sdm gula pasir halus
  • 2 sdm air
  • 1 sdt ekstrak vanili

Cara membuat:

  1. Rebus kacang merah selama 1-2 jam menggunakan api kecil. Tambahkan ekstrak vanili dan gula halus. Masak sampai air rebusan mengental dan kacang merah mudah dihaluskan
  2. Untuk membuat adonan, campurkan semua bahan dan beri air sedikit demi sedikit. Aduk sampai semua tercampur rata
  3. Panaskan cetakan kue ikan, oleskan dengan minyak atau margarin
  4. Tuang adonan pada sepertiga cetakan, sebaiknya jangan sampai penuh untuk mengisi pasta kacang merah
  5. Masak adonan selama 2 menit, lalu tambahkan 1 sdm pasta kacang merah. Tutup bagian isian menggunakan adonan kembali
  6. Lalu masak kue ikan sampai matang merata
  7. Angkat dan sajikan selagi hangat

Es Kacang Merah 

es kacang merah

Bahan-bahan:

  • 500 gram kacang merah
  • 4 lembar daun pandan
  • 15 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu susu FRISO Gold 3
  • 2 sdm cokelat bubuk (dilarutkan dengan sedikit air)
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt tepung maizena 
  • 1 sdt tepung beras (dilarutkan dengan maizena dan sedikit air)
  • Air secukupnya untuk merebus kacang merah

Bahan pelengkap:

  • Es serut secukupnya
  • Santan matang secukupnya
  • Sirup merah secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci kacang merah, rendam semalaman
  2. Setelah direndam, rebus kacang merah dengan air yang kadarnya melebihi tingga kacang merah 
  3. Tambahkan gula pasir, susu FRISO Gold 3, ekstrak vanili, dan garam. Masak sampai mendidih dan air menyusut
  4. Perlahan aduk terus, lalu tuang sedikit demi sedikit larutan tepung maizena dan tepung beras ke dalamnya. Aduk kembali sampai mengental
  5. Tuang kacang merah di gelas saji, tambahkan saus cokelat, santan, es serut, sirup merah, dan sedikit susu kental manis

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang