Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Catat, Mums! Inilah 12 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Catat, Mums! Inilah 12 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Sepertinya sudah jadi rahasia umum ya, Mums, bahwa setiap orang wajib mengonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi untuk Ibu hamil yang membutuhkan tambahan nutrisi dua kali lipat selama masa kehamilan. Meski kebanyakan jenis buah bernutrisi tinggi, tapi ada beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil lho, Mums. 

Dari semua jenis buah, terdapat lima nutrisi paling umum, antara lain serat, vitamin C, vitamin A, folat, dan kalium. Vitamin dan mineral lainnya pun tetap ada, tergantung dari jenis-jenis buahnya. Itulah kenapa buah memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit, melancarkan saluran cerna, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, mencegah obesitas, serta menjaga kesehatan mata. Lalu, apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil?

Pisang

Pisang termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung banyak kalium dan kalori yang penting bagi kesehatan Mums dan calon buah hati kelak. Kalium dalam pisang berperan untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu kerja otot lebih optimal. Selain itu, pisang bisa menjadi pilihan bagi Mums yang sering mengalami morning sickness karena di dalamnya terdapat vitamin B6 yang berperan untuk mengurangi rasa mual di awal kehamilan. Kandungan seratnya pun bisa mencegah sembelit yang sering dialami Ibu hamil.

Alpukat

Mums sering mengalami morning sickness tapi tidak terlalu suka buah pisang? Tidak perlu khawatir karena alpukat bisa jadi alternatifnya. Alpukat mengandung nutrisi tinggi, mulai dari vitamin B, vitamin C, serat, kolin, magnesium, asam folat yang dapat mengurangi rasa mual. Buah yang bagus untuk ibu hamil ini juga bisa meredakan kram kaki, serta mendukung perkembangan otak janin. 

Jeruk

Seperti yang Mums ketahui, buah yang bagus untuk ibu hamil ini merupakan buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Jeruk juga mengandung asam folat dan serat yang baik untuk pencernaan ibu hamil, serta kandungan airnya yang cukup banyak bisa membuat ibu hamil tetap terhidrasi. 

Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah mangga. Buah ini kaya akan vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin. Mums bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari hanya dengan mengonsumsi satu mangkuk mangga lho. Selain itu, kalium dalam mangga dapat menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. 

Apel

Buah yang bagus untuk ibu hamil ini mengandung nutrisi andalan, seperti serat, vitamin A, dan vitamin C yang dibutuhkan oleh Mums dan janin. Apel bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi apel saat hamil akan mengurangi risiko bayi terserang asma dan alergi saat lahir.

Pir

Tak kalah dengan apel, pir juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena di dalamnya terdapat serat, kalium, dan folat yang dapat menjaga kesehatan jantung Mums dan janin, merangsang regenerasi sel, serta mengurangi sembelit. Selain itu, pir juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, tembaga, dan magnesium. Dengan mengonsumsi pir, sistem kekebalan ibu hamil juga akan meningkat, membantu menjaga kesehatan saraf, dan meningkatkan kesehatan saluran cerna. 

Jambu Biji

Selain menjadi obat alami untuk mengatasi diare dan demam berdarah, jambu biji juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil lho, Mums. Jambu biji jadi pilihan tepat bagi Ibu hamil yang menginginkan lebih dari nutrisi vitamin C, vitamin E, dan folat. Manfaat mengonsumsi buah ini selama masa kehamilan akan mengurangi sembelit, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan manfaat lainnya. 

Anggur

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa anggur dapat membuat ibu hamil keguguran. Faktanya, antioksidan dalam anggur untuk melawan radikal bebas, sehingga daya tahan tubuh bisa meningkat dan mengurangi risiko terjadinya infeksi. Asam folat dalam anggur pun dapat membantu perkembangan otak janin, sehingga tak heran jika anggur termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil dan kesehatan bayi. Selain itu, buah anggur cocok bagi Mums yang mengidap anemia karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang penting bagi kesehatan.

Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air cukup banyak, sehingga dibutuhkan oleh Ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi. Pasalnya, saat hamil, kebutuhan cairan Mums akan meningkat hingga dua kali lipat. Kebutuhan cairan ini penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban, serta perkembangan kehamilan pun dapat terjaga dengan baik. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, likopen, tembaga, dan asam amino. Buah yang bagus untuk ibu hamil ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengontrol tekanan darah saat hamil. 

Kiwi

Kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B, zinc, dan antioksidan dalam kiwi tidak boleh disia-siakan begitu saja ya, Mums! Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga terhindar dari risiko terkena infeksi virus atau bakteri jahat. Selain itu, buah yang bagus untuk ibu hamil ini juga dapat mendukung tumbuh kembang otak dan saraf janin, menjaga kesehatan saluran pernapasan, serta menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil dengan manfaat yang tidak perlu diragukan lagi. Manfaat buah naga yang paling penting yakni untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah naga juga bisa membantu mengatasi berbagai keluhan yang sering dialami ibu hamil, seperti sembelit dan anemia. Ini karena kandungan vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, protein, antioksidan, serat, dan zat besi yang ada dalam buah naga. 

Stroberi

Stroberi sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan Mums dan janin. Meski rasanya sedikit asam, namun stroberi dapat membantu mencegah anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah yang bagus untuk ibu hamil ini pun berfungsi sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat dan gula alami. 

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dan manfaatnya, tidak ada alasan lagi bagi Mums untuk tidak mengonsumsi buah-buahan, ya! Meski buah memiliki rasa yang segar dan menyehatkan, pasti Mums juga sering merasa bosan jika harus mengonsumsi buah potong biasa. Oleh karena itu, di bawah ini ada cara lain dalam mengonsumsi buah tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya. 

Baca juga: 3 Resep Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Selera Makan Anak

Cara Mengonsumsi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Cara-cara di bawah ini tidak akan menghilangkan nutrisi dalam buah, asalkan diolah secara tepat tanpa mengandung bahan tambahan yang berlebihan. Mums tetap harus mengutamakan nutrisi penting dalam buah untuk kesehatan selama hamil. 

Salad Buah

Buah yang bagus untuk ibu hamil bisa dikreasikan menjadi salad buah dengan tambahan madu, yogurt, serta granola untuk menambah nutrisi di dalamnya. Mums disarankan menggunakan bahan tambahan yang memiliki gizi seimbang agar nutrisi dalam buah tidak akan hilang. 

Smoothies 

Mums juga bisa mengolah buah-buah di atas menjadi smoothies dengan tambahan sayuran sesuai selera. Perlu Mums ingat, smoothies yang sehat lebih baik tanpa gula atau pemanis buatan lainnya. Oleh karena itu, lebih baik cukup mencampurkan buah dan sayur menggunakan air es agar lebih segar. 

Jus

Membuat jus adalah cara paling umum yang bisa Mums pilih jika bosan mengonsumsi buah potong. Mums juga disarankan untuk tidak menambah pemanis buatan ke dalam jus agar nutrisi dalam buah tetap ada. 

Tambahkan Sebagai Topping 

Buah yang bagus untuk ibu hamil, seperti stroberi dan pisang juga bisa dijadikan topping pada sereal, pancake, atau roti. Cara ini bisa Mums lakukan untuk membuat sarapan pagi agar membantu meningkatkan selera makan dan menambah semangat untuk beraktivitas. 

Dari buah-buah di atas, mana yang jadi favorit, Mums? Apapun buahnya, Mums tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari, ya! Selain memaksimalkan vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh, Mums juga harus memenuhi asupan nutrisi lain, salah satunya dari susu yang diformulasikan untuk ibu hamil. Frisomum Gold Dualcare+ bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung Prebiotik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi konstipasi atau sembelit yang sering dirasakan oleh ibu hamil. 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang