Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cegah Diare Pada Anak Berikan 4 Kategori Makanan Ini

Cegah Diare Pada Anak Berikan 4 Kategori Makanan Ini

Diare pada anak seringkali membuat si Kecil rewel dan banyak menangis. Tidak hanya itu, jika tidak disikapi dengan tepat, diare juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil. Diare sendiri biasanya disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Rotavirus yang menyerang bagian pencernaan si Kecil sehingga membuat perut terasa sakit, tinja menjadi encer dan frekuensi buang air besar meningkat.

Jika ditarik sedikit kebelakang, sebenarnya pencegahan diare bisa dilakukan pada berbagai sisi. Misalnya, dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi si Kecil. Selain itu, bisa juga dengan memberikan makanan bernutrisi agar tubuhnya memiliki daya tahan yang lebih kuat. Namun yang terpenting adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Untuk pemilihan makanan sendiri, terdapat beberapa jenis kategori makanan dan minuman yang bisa membantu Mums mencegah diare pada anak. Mungkin banyak artikel yang menyampaikan mengenai makanan yang baik pada saat diare. Namun untuk pencegahannya, berikut kategori makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi si Kecil.

Air Kemasan Tersegel dan Air Minum di Rumah

Air yang kurang higienis biasanya jadi penyebab diare yang cukup besar porsinya. Bakteri jahat dan zat berbahaya yang ada pada air minum kurang higienis tidak hanya akan beresiko membuat si Kecil diare, namun juga dapat beresiko lebih serius. Sebab tidak mungkin bukan mengidentifikasi bakteri yang ada dalam air minum yang tidak berasal dari rumah?

Berikan si Kecil air minum dalam kemasan atau air minum yang berasal dari rumah. Segel yang ada pada air minum dalam kemasan bisa jadi tanda bahwa kandungan air cenderung aman dan steril sehingga bisa dikonsumsi dengan resiko minimal. Selain itu, air minum yang berasal dari dalam rumah juga dapat menjadi pilihan utama, karena telah direbus hingga mendidih, idealnya bakteri akan mati pada suhu air mendidih.

Makanan Rumah atau Makanan dengan Standar Kebersihan Ketat

Tentu saja selain minuman si Kecil juga harus mengkonsumsi makanan dengan higienitas yang terjamin. Paling aman adalah makanan yang Mums masak sendiri di rumah. Selain penuh kasih sayang, Mums juga tentu akan memastikan makanan tersebut higienis dan diolah dengan sebersih mungkin demi kesehatan si Kecil.

Jika terpaksa harus mengkonsumsi makanan yang tidak berasal dari dapur Mums, pastikan makanan tersebut memiliki standar kebersihan yang tinggi. Mums bisa terlebih dahulu menanyakan proses pengolahan atau melihat kondisi dapur penyedia makanan sehingga dapat menilai sendiri apakah makanan tersebut cukup bersih dan aman dikonsumsi si Kecil.

Buah atau Sayuran Matang

Makanan lain yang aman dikonsumsi, dalam hal pencegahan diare, adalah buah yang masih memiliki kulit serta sayuran yang dimasak hingga matang. Mengapa buah yang masih memiliki kulit? Karena kemasan alami tersebut dapat menjaga masuknya bakteri jahat ke dalam daging buah sehingga kebersihan bagian dalamnya lebih terjamin. Jangan lupa juga untuk mencuci buah sebelum dikupas dan dikonsumsi, agar kebersihannya lebih meningkat.

Diare pada anak juga tidak jarang muncul akibat sayuran yang diolah kurang matang sehingga bakteri jahat yang ada di sayuran tersebut tidak terbunuh. Untuk memastikan bakteri terbunuh, masak hingga matang sayuran yang akan dikonsumsi si Kecil. Atau minimal cuci hingga bersih hingga ke sela-sela daun untuk memastikan semua bagian sayuran bersih.

Daging Dimasak Hingga Matang

Menikmati sushi memang nikmat. Kombinasi beras Jepang, sayuran, saus dan daging ikan mentah atau setengah matang, dapat memberikan kepuasan di lidah. Namun demikian hal ini tidak dapat diterapkan pada si Kecil. Mums perlu memastikan semua daging yang dikonsumsi si Kecil dimasak hingga matang, baik daging merah, daging ayam maupun daging ikan.

Tujuannya sederhana, agar bakteri jahat yang menempel pada daging bisa dibunuh dan dibersihkan sehingga tubuh si Kecil mendapat manfaat maksimal dari daging yang dikonsumsinya. Lagipula jika dibandingkan, tentu daya tahan tubuh si Kecil belum sekuat daya tahan tubuh orang dewasa yang bisa mengatasi bakteri yang masuk melalui olahan daging tidak matang.

Keempat jenis makanan di atas bisa Mums berikan untuk si Kecil demi menghindari potensi diare pada anak yang mungkin terjadi. Sebenarnya secara naluriah Mums akan memiliki sense tertentu untuk mengidentifikasi makanan. Namun untuk memastikannya, setidaknya 4 kategori di atas dapat Mums gunakan.

Untuk membantu menghindari diare pada anak sendiri, Mums juga perlu memastikan asupan nutrisi harian si Kecil tercukupi. Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tidak mudah terinfeksi penyakit atau virus jahat. Untuk mendapatkan info lebih lengkap, Mums bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat di situs resminya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang