Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cerebral Palsy adalah Kelainan Motorik yang Perlu Disikapi dengan Tepat

Cerebral Palsy adalah Kelainan Motorik yang Perlu Disikapi dengan Tepat

Dalam dunia kesehatan, dikenal suatu istilah yang disebut dengan Cerebral Palsy. Cerebral Palsy adalah kelainan pada bagian motorik si Kecil ketika berada pada usia balita yang diakibatkan oleh infeksi otak yang serius, trauma fisik seperti benturan atau kurangnya asupan oksigen ke bagian otak. Gangguan ini dapat berdampak untuk jangka panjang dan cukup mengganggu tumbuh kembang si Kecil.

Cerebral Palsy sendiri merupakan penyakit yang dapat muncul bahkan pada usia yang sangat dini. Namun biasanya, si Kecil baru akan menunjukkan gejala ketika ia berada pada usia yang seharusnya sudah dapat bergerak dengan normal. Penyakit ini kemudian akan mengganggu perkembangan dan kekuatan otot sehingga menyebabkan terganggunya pertumbuhan kemampuan gerak fisik si Kecil.

Penyebab dari penyakit ini sendiri adalah adanya masalah pada bagian otak yang memiliki tanggung jawab untuk mengontrol gerak motorik tubuh. Hal ini bisa saja terjadi karena perkembangan otak tidak normal atau mengalami kerusakan ketika di dalam kandungan, saat melahirkan atau sesaat setelah lahir. Untuk gejala dan penanganannya, Mums dapat melihat pada bagian berikutnya.

Gejala yang Muncul

Karena Cerebral Palsy adalah penyakit yang menyerang bagian motorik si Kecil, maka beberapa gejala berikut ini dapat diamati dengan cukup mudah pada saat si Kecil berusia nol hingga tiga tahun. Usia ini sangat dapat menjadi acuan sebab pada usia ini si Kecil idealnya sudah mulai bisa bergerak dengan baik, memiliki keseimbangan serta postur tubuh yang ideal.

Berikut gejala yang dapat Mums amati dan nampak pada si Kecil jika ia mengidap Cerebral Palsy.

Kekakuan otot, terlihat pada tubuh si Kecil, yakni beberapa bagian tubuh si Kecil terasa sangat kaku dan sulit digerakkan secara normal.

Kelemahan otot, kebalikan dari poin pertama, hal ini dapat diamati ketika si Kecil nampak akan menggerakkan bagian tubuhnya namun tidak dapat bergerak dengan normal karena kekuatan otot tidak dapat menunjang gerakan tersebut.

Postur tubuh tidak normal, tentu ketika terjadi kekakuan atau kelemahan otot maka tumbuh kembang si Kecil tidak akan terjadi dengan sempurna dan membuat postur tubuh menjadi tidak normal.

Gerakan tubuh tidak terkontrol, karena kerja otak dan otot tidak sinkron, maka gerakan tubuh sesekali akan terlihat tidak terkontrol.

Keseimbangan dan koordinasi yang buruk, seperti Mums pahami, untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi gerak anggota tubuh diperlukan kerjasama otot dan otak yang baik. Karena Cerebral Palsy adalah penyakit atau kelainan yang menyerang keduanya, maka si Kecil tidak akan memiliki keseimbangan dan koordinasi yang sempurna.

Penanganan Penyakit Cerebral Palsy

Hingga saat artikel ini dituliskan, belum ada cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan Cerebral Palsy secara sempurna. Upaya yang dapat dilakukan hanya bertujuan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak yang memiliki penyakit ini dengan memberikan rangsangan dan stimulus secara terus menerus.

Namun demikian, karena gejala Cerebral Palsy adalah hal yang dapat dideteksi, Mums dapat melakukan beberapa hal berikut untuk memastikannya. Semakin cepat deteksi yang dilakukan maka dampak jangka panjang dapat ditekan seminimal mungkin agar si Kecil tetap dapat hidup mandiri dan tumbuh maksimal dengan keadaan yang dimilikinya.

  • Konsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums.
  • Melakukan CT Scan
  • Ultrasonografi
  • Melakukan pemeriksaan aktivitas listrik otak, biasa dikenal dengan sebutan EEG.
  • Melakukan pemeriksaan darah.

Beberapa pilihan tersebut dapat Mums lakukan agar dapat segera mengetahui dengan pasti apakah si Kecil mengalami gangguan atau penyakit Cerebral Palsy atau tidak. Semakin cepat diketahui, semakin cepat pula Mums memberikan perlakukan yang tepat untuk si Kecil.

Cerebral Palsy adalah Kelainan yang Perlu Disikapi Bersama

Ketika deteksi awal dilakukan, Mums beserta anggota keluarga yang lain dapat segera memberikan perlakuan yang tepat. Dengan kondisi pertumbuhan otak dan otot yang tidak normal, penting untuk Mums dan keluarga selalu mendukung dan memberikan rangsangan pada setiap proses tumbuh kembangnya.

Hal ini tidak hanya diwujudkan dalam rangsangan berupa kegiatan untuk tumbuh kembang fisik, namun juga membangun mentalnya agar si Kecil tetap memiliki rasa percaya diri. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil apapun kondisinya, agar kelak ia tetap dapat berkarya dan membanggakan Mums serta seluruh anggota keluarga.

Mengetahui dengan pasti setiap proses dan potensi gangguan yang muncul selama masa tumbuh kembang si Kecil merupakan hal yang harus dipastikan. Selain konsultasi dengan dokter kepercayaan Mums sejak masa kehamilan, lakukan juga konsultasi dengan dokter selama masa tumbuh kembangnya.

Cerebral Palsy adalah gangguan kesehatan yang cukup serius. Untuk itu, selalu lakukan langkah pencegahan yang tepat. Menerapkan pola hidup sehat serta konsumsi makanan bernutrisi harus selalu dilakukan agar kondisi Mums ketika masa kehamilan serta kebutuhan nutrisi terjaga. Demikian pula ketika si Kecil lahir ke dunia, kebutuhan nutrisi harian harus selalu dipenuhi dengan asupan makanan dan minuman kaya nutrisi. Salah satunya adalah Friso Gold 4 yang dilengkapi teknologi Locknutri. Teknologi ini dapat menjaga kualitas alami nutrisi susu sapi yang menjadi bahan dasar Friso Gold 4, sehingga dapat diserap dengan optimal oleh tubuh si Kecil. Tumbuh sehat, cerdas, dan kuat dari dalam, si Kecil dapat berkarya dan membanggakan setiap anggota keluarga!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang