Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cerita Dongeng Anak, Cara Sederhana Merangsang Tumbuh Kembangnya

Cerita Dongeng Anak, Cara Sederhana Merangsang Tumbuh Kembangnya

Membacakan cerita dongeng anak, merupakan salah satu kegiatan yang dapat Mums lakukan untuk mendampingi si Kecil ketika waktu tidur telah tiba. Bukan tanpa manfaat, membacakan dongeng si Kecil ternyata memiliki beberapa manfaat yang juga dapat mendukung optimalnya fase tumbuh kembang. Sebagai seorang ibu, siapa sih yang tidak mau si Kecil tumbuh optimal, bukan begitu Mums?

Tanpa berlama-lama lagi, yuk Mums simak beberapa poin di bawah ini!

Membacakan Cerita Dongeng Anak Baik untuk Kemampuan Sosial

Wait, tapi bagaimana bisa? Bukankan membacakan cerita dongeng pada si Kecil tidak dilakukan beramai-ramai bersama temannya? Begini Mums, cerita atau dongeng tentu memiliki alur yang mengisahkan beberapa tokoh. Terdapat interaksi yang terjadi antara tokoh-tokoh tersebut yang kemudian Mums ceritakan pada si Kecil. Di sinilah si Kecil dapat belajar mengenai interaksi sosial secara umum.

Memang mungkin manfaat ini tidak serta merta muncul karena diperlukan beberapa waktu untuk mengendapkan cerita dan nilai sosial yang didengarkan si Kecil. Namun secara laten, membacakan dongeng dapat merangsang pemahaman si Kecil pada hubungan sosial sehingga secara umum dapat meningkatkan kemampuan sosialnya.

Pengembangan Visualisasi dan Imajinasi

Karakter yang ada pada dongeng anak biasanya merupakan karakter fiktif yang memiliki bentuk, watak dan persona unik. Membacakan dongeng untuk si Kecil dapat pula membantunya melatih kemampuan visualisasi serta daya imajinasi, sehingga kelak ia akan menjadi seorang anak yang kreatif dan mudah untuk mewujudkan apa yang dibayangkannya.

Visualisasi juga penting untuk si Kecil ketika ia nanti sudah mulai menapaki jenjang pendidikannya. Tentu akan banyak tantangan yang harus dihadapi si Kecil. Kemampuan membayangkan tantangan serta membayangkan jalan keluar dari tantangan tersebut akan sangat mempercepat pemecahan masalah. Ini mengapa, anak yang kreatif biasanya dapat menyelesaikan persoalan dengan lebih cepat dan solusinya lebih baik.

Kemampuan Kognitif si Kecil Juga Turut Terangsang

Ketika tengah mendengarkan Mums bercerita, si Kecil secara tak sadar akan ikut hanyut dalam cerita. Mencoba memahami jalan cerita, mendengarkan bacaan, melihat gambar dan teks yang ada di hadapannya, akan merangsang pula kemampuan kognitif yang dimiliki si Kecil. Terlebih jika ia kemudian dapat menceritakan kembali cerita dongeng anak yang baru didengarnya.

Bersamaan dengan rangsangan kemampuan kognitif, si Kecil juga akan terlatih untuk berpikir kritis. Ia akan terlatih untuk mempertanyakan penyebab dari hal yang terjadi. Karena alur cerita selalu berurutan, si Kecil akan memiliki sensitivitas pada konsep sebab akibat. Hal ini terjadi secara alami ketika si Kecil dapat mendengarkan dengan baik serta berkonsentrasi pada cerita yang Mums sampaikan.

Informasi Mengenai Budaya Lain yang Belum Dipahaminya

Cerita dongeng anak yang kini mudah ditemukan dapat menjadi jalan untuk si Kecil mengetahui budaya dan adat lain yang ada di sekitarnya. Cerita rakyat dari berbagai daerah, atau bahkan berbagai negara bisa dengan mudah Mums akses karena keterbukaan teknologi seperti sekarang ini. Tentu, ini akan sangat membantu Mums dalam memberikan dongeng yang sarat nilai kebaikan serta manfaat.

Pengetahuan pada budaya lain melalui dongeng dapat melatih rasa ingin tahu si Kecil pada hal-hal baru. Dongeng biasanya disampaikan dengan cara yang menarik, sehingga ini akan menjadi jalan yang tepat untuk pengenalan budaya dan tradisi lain selain daripada yang dipahami si Kecil saat ini. Bukan tidak mungkin, pengetahuan akan hal tersebut akan merangsang rasa ingin tahunya lebih jauh sehingga kelak ia dapat mendatangi tempat asal dongeng yang pernah didengarnya.

Cerita Dongeng Anak untuk Hubungan Mums dan si Kecil

Waktu sebelum tidur juga dapat Mums gunakan untuk meningkatkan eratnya hubungan Mums dengan si Kecil. Dengan membacakannya dongeng, si Kecil dapat merasa lebih dekat dengan Mums. Interaksi intim seperti itu akan merangsang rasa nyaman muncul dari dalam diri si Kecil. Ketika ia merasa nyaman, otomatis waktu istirahat yang didapatnya juga akan semakin optimal.

Eratnya hubungan Mums dan si Kecil memang dapat dipupuk dengan berbagai cara. Bermain bersama, beraktivitas bersama, belajar dan bernyanyi atau dengan membacakan dongeng. Selain hubungan emosional semakin erat, si Kecil juga akan tumbuh semakin optimal ketika ia beraktivitas dengan hati yang senang.

Rangsangan tumbuh kembang si Kecil dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari aktivitas fisik, belajar membaca dan bernyanyi, hingga mendengarkan Mums membacakan dongeng. Setiap rangsangan ini perlu dilakukan secara intens agar fase tumbuh kembangnya dapat berjalan maksimal.

Membacakan cerita dongeng anak, serta aktivitas rangsangan yang lain, harus pula didukung dengan asupan nutrisi harian yang tercukupi. Jelas, makanan dan minuman kaya nutrisi harus diberikan. Untuk membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi dalam susu dapat tetap terjaga. Selain itu, Friso Gold 4 juga diproses dengan metode Single Process, dimana susu tidak mengalami pemanasan berlebih sehingga nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Yuk Mum, dampingi setiap fase tumbuh kembangnya dengan Friso Gold!