Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cermat Menyikapi Bayi Pilek, Baca Dulu Artikel Ini

Cermat Menyikapi Bayi Pilek, Baca Dulu Artikel Ini

Si Kecil yang rewel tentu akan jadi hal yang membuat Mums sedih. Terlebih jika rewel yang muncul diakibatkan oleh gangguan kesehatan. Kondisi bayi pilek misalnya, bisa jadi salah satu penyebab si Kecil menjadi rewel. Gangguan pada sistem pernafasan membuat si Kecil tak nyaman, sehingga dapat membuatnya menjadi rewel.

Kondisi tersebut sebenarnya adalah gangguan kesehatan yang biasa terjadi. Infeksi virus dapat memicu terjadinya pilek pada bayi, dan berlangsung selama beberapa hari. Selain infeksi, daya tahan si Kecil yang belum terbentuk sempurna juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Ini mengapa penting untuk selalu menjaga lingkungan hidup si Kecil tetap higienis sehingga bisa meminimalisir resiko terjadinya bayi pilek dan membuatnya rewel.

Langkah Sederhana Menyikapi Bayi Pilek

Langkah Sederhana Menyikapi Bayi Pilek

Ketika si Kecil menderita pilek yang membuatnya rewel, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Mums lakukan untuk menyikapinya. Tidak berarti langkah sederhana ini dapat menyembuhkan si Kecil seketika, namun setidaknya diharapkan bisa sedikit membantu meringankan keluhan yang diderita si Kecil.

  • Jaga suhu dan kelembaban ruangan si Kecil. Misalnya, matikan air conditioner agar suhu tidak terlalu dingin dan udara tetap memiliki kelembaban yang normal.
  • Gunakan uap air panas dari perangkat seperti diffuser yang dilengkapi dengan minyak esensial. Aromanya yang nikmat bisa membantu menenangkan hidung si Kecil yang terus mengeluarkan lendir.
  • Teteskan air garam di bagian ujung lubang hidung si Kecil. Hal ini dapat membantu lendir yang ada menjadi lebih encer sehingga mudah dikeluarkan.
  • Oleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung si Kecil untuk menghindari iritasi karena sering digosok atau dibersihkan menggunakan kain.
  • Mums bisa membersihkan cairan hidung yang menumpuk dengan kapas yang dibasahi air hangat. Usap perlahan sampai lubang hidung si Kecil bersih dari lendir. Hal ini bisa membantu membuat pernafasan si Kecil menjadi lebih nyaman.

Bagaimana dengan Obat-Obatan?

Bagaimana dengan Obat-Obatan?

Sebenarnya pemberian obat ketika bayi pilek tidak terlalu direkomendasikan, terlebih jika obat yang diberikan bukanlah rekomendasi dokter. Pada bayi, kandungan obat yang tidak jelas asalnya bisa mengakibatkan efek samping yang berbahaya bagi keselamatan si Kecil, maka dari itu, hindari pemberian obat pada bayi ketika mengalami pilek.

Jika ingin memberikan obat atau mendapatkan kejelasan mengenai apa yang menyebabkan si Kecil pilek, Mums bisa mengunjungi dokter dan menanyakannya. Dokter akan dengan senang hati memeriksa keadaan si Kecil untuk kemudian diberikan obat atau tindak lanjut yang tepat. Biasanya untuk membantu meringankan dan memulihkan kondisi, dokter akan memberikan paracetamol atau ibuprofen, serta beberapa vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh si Kecil.

Waspadai ketika si Kecil Menunjukkan Gejala Ini

Waspadai ketika si Kecil Menunjukkan Gejala Ini

Pilek pada bayi memang hal yang terbilang biasa terjadi. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu Mums cermati. Ketika ada gejala lanjutan ada hal yang disebutkan dalam poin di bawah ini muncul, maka ada baiknya Mums segera membawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan profesional.

  • Bayi pilek dengan disertai batuk dan demam dengan suhu di atas 39 derajat Celcius.
  • Demam yang menyertai bayi pilek terjadi lebih dari dua hari.
  • Mums menemukan mata si Kecil menjadi berair atau ada kotoran mata.
  • Ketika si Kecil bernafas muncul bunyi yang mengiringinya.
  • Sulit makan, sulit tidur, dan perubahan pola keduanya.
  • Setelah sepekan, pilek yang dialami si Kecil tidak menunjukkan tanda mereda atau membaik.

Bayi pilek yang sudah mulai mengganggu rutinitasnya secara masif, wajib mendapat perhatian khusus. Tidak hanya karena proses tumbuh kembang si Kecil akan terganggu, namun pilek yang tidak berkesudahan bisa jadi indikator si Kecil menderita gangguan kesehatan yang lebih serius.

Rekomendasi dan diagnosa dokter akan jadi hal utama yang wajib Mums perhatikan. Ketika kondisi ini terjadi, sebisa mungkin jangan mengacu pada mitos atau obat yang tidak jelas. Segera bawa ke dokter untuk memeriksakan kondisi si Kecil, agar pilek yang dialami bisa lekas reda dan si Kecil bisa beraktivitas dengan lancar seperti biasanya.

Baca Juga : Ketahui 4 Ciri Bayi Sehat [Indikator Fisik & Emosional]

Memang gangguan kesehatan seperti ini sering kali terjadi pada bayi pada usia di bawah satu tahun. Selain karena memang si Kecil masih sangat rentan terkena infeksi virus dari berbagai sumber, daya tahan tubuh yang belum terbentuk sempurna juga menjadi hal lain yang memicu terjadinya gangguan kesehatan seperti ini.

Sekali lagi, bayi pilek memang tidak selalu berarti si Kecil mengalami gangguan kesehatan yang serius, namun tetap saja hal ini tidak boleh disepelekan. Beberapa poin untuk menyikapi pilek yang ada di atas tadi sifatnya hanya untuk membantu meringankan dan bukan sebagai obat penyembuh. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk proses pemulihan yang lebih cepat. Mums, sebagai ‘produsen’ ASI yang jadi asupan utama si Kecil juga wajib menjaga kesehatan. Konsumsi makanan bernutrisi dan lengkapi dengan Frisomum Gold Dualcare+ agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang