Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Mental [Indikator Umum]

Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Mental [Indikator Umum]

Kesehatan si Kecil dan tumbuh kembangnya akan selalu jadi prioritas utama Mums. Kesehatan di sini tidak hanya diartikan secara sempit sebagai kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mentalnya. Untuk memudahkan Mums dalam mengidentifikasi kondisi si Kecil saat ini, artikel ini akan memberikan beberapa ciri anak sehat yang dapat diamati secara langsung.

Ya, anak sehat merupakan dambaan setiap orang tua. Tumbuh kembang fisik ideal, mudah bergaul dengan teman sebaya, mudah bersosialisasi, dapat mengungkapkan emosi dengan baik, memiliki gerak yang lincah dan tangkas dan lain sebagainya, mungkin menjadi ciri utama dari anak yang sehat secara fisik dan mental.

Nah, langsung saja simak dan cermati ciri anak sehat secara fisik dan mental berdasarkan indikatornya masing-masing berikut ya, Mums!

Ciri Kesehatan Fisik

Jika dilihat dari fisiknya, terdapat beberapa ciri anak sehat yang akan nampak.

  • Aktif berkegiatan. Ciri ini menjadi ciri paling mudah dilihat. Aktivitas yang dilakukan si Kecil setiap hari dapat menjadi indikator utama. Idealnya, ketika si Kecil dapat beraktivitas dengan penuh semangat, maka ia memiliki fisik yang sehat dan bertenaga. Aktivitas yang dimaksud adalah bermain, berolahraga atau kemampuannya bergerak dengan lincah ketika berinteraksi dengan teman sebayanya.
  • Tumbuh kembang fisik. Ciri lainnya yang secara jelas dapat dilihat juga adalah pada tumbuh kembang fisiknya. Pertambahan volume tubuh secara keseluruhan, peningkatan tinggi badan, bertambahnya massa otot dan ciri fisik lainnya. Memang secara harfiah hal ini dapat terlihat, namun untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan ideal Mums bisa memeriksakannya ke dokter anak untuk mengetahui indikator dan milestone ideal untuk anak seusianya.
  • Tampilan fisik yang sehat dan segar. Anak sehat dapat dilihat pada tampilan fisiknya yang segar dan bersemangat. Pada bagian kulit, si Kecil akan menunjukkan kulit rona kulit yang segar serta tekstur yang cukup kenyal dan lembap. Pada rambutnya, tidak ada kerontokan yang tidak wajar dan cenderung berkilau. Kulit kepala sehat dan tidak berkutu. Coba perhatikan juga kuku si Kecil, kuku yang sehat nampak bersih dan tidak mudah patah. Sedangkan untuk lidah si Kecil yang sehat akan berwarna merah muda segar. Selain itu, anak sehat juga dapat dilihat dari kondisi gigi yang tidak berlubang dan tidak berkarang.

Ciri Kesehatan Mental

Nah, pada bagian ini, Mums bisa melihat beberapa indikator anak sehat secara mental atau psikis. Tentu selain asupan nutrisi yang baik, pendampingan pada setiap proses tumbuh kembangnya sangat diperlukan agar si Kecil memiliki kesehatan mental yang baik. Berikut indikatornya.

  • Memiliki emosi yang stabil. Ketika si Kecil memiliki emosi yang stabil, ia cenderung akan lebih tenang dan bersikap sopan pada orang yang ditemuinya. Sikap rewel tentu terkadang muncul, namun durasinya tidak terlalu lama dan cepat reda. Si Kecil juga dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya dengan jelas.
  • Percaya diri dan memiliki pembawaan ceria. Kesehatan mental dan psikis dapat pula terlihat dari kepercayaan diri yang ada pada si Kecil serta pembawaan ceria ketika berinteraksi dengan teman-temannya. Kepercayaan diri ini juga akan membuat si Kecil mudah bergaul dan berteman dengan banyak orang tanpa memiliki keraguan atau rasa minder.
  • Konsentrasi dan fokus. indikator selanjutnya si Kecil sehat secara mental adalah ia memiliki tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi. Perhatiannya tidak mudah teralihkan dan dapat menyelesaikan apa yang dikerjakannya dengan cukup cepat. Si Kecil juga cenderung lebih mudah menyerap pelajaran yang diterimanya di sekolah atau yang diberikan oleh Mums di rumah.
  • Waktu istirahat cukup. Waktu istirahat memegang peranan penting dalam kestabilan kondisi mentalnya. Idealnya, dengan istirahat yang cukup setiap organ si Kecil mendapatkan waktu pendinginan, sehingga pikiran dan perasaan si Kecil juga lebih stabil dan tidak moody.

Baik kesehatan fisik atau kesehatan mental si Kecil memerlukan perhatian yang besar dari Mums sebagai orang tua. Pendampingan intens dan keberadaan Mums untuk selalu memberikan dukungan pada si Kecil sangat krusial untuk memastikan si Kecil menjadi anak yang sehat. Hal ini tentu harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga proses tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan usia si Kecil.

Isu yang belakangan sering muncul adalah mengenai kesehatan mental anak. Tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya pintar di sekolah, dan justru memberikan tekanan mental yang berat. Hal ini tidak dapat dibenarkan, karena pada dasarnya, anak-anak memerlukan waktu bermain dan istirahat yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang secara ideal.

Anak yang sehat tidak hanya memerlukan asupan nutrisi yang tepat, namun juga perhatian dari Mums yang intens. Untuk membantu Mums memberikan asupan nutrisi yang cukup, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 dengan kandungan nutrisi yang kaya akan kandungan Probiotik, ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C dan E, Zink, Zat besi dan Selenium. Dengan teknologi Locknutri yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih, kualitas nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini membantu si Kecil kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap stimulus yang diberikan padanya.