Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cobaan Besar .... dan Hadiah yang Lebih Besar

Cobaan Besar .... dan Hadiah yang Lebih Besar

Tidak dapat dipungkiri bahwa kelahiran seorang anak dapat membawa perubahan drastis dan memberikan tekanan tersendiri dalam kehidupan suami istri. Walaupun awalnya mengalami kebingungan, selalu ada suatu kebahagiaan ketika Mum berhasil mengatasi tantangan awal tersebut bersama suami. Untuk itu, pelajari lebih lanjut cara melihat sisi positif dari permasalahan yang Mum hadapi.

Snowballing Stress

Sejak hari pertama, si Kecil membalikkan siklus hidup Mum. Mum mulai kehilangan waktu tidur dan konsentrasi di tempat kerja. Mum merasa tidur dan tetap terjaga pada waktu yang salah. Hal ini terus berlangsung pada hari-hari berikutnya dalam siklus yang sepertinya tak berujung. Sisi positifnya, Mum dapat membina hubungan yang lebih kuat dengan pasangan, serta bekerjasama ketika Mum belajar untuk melakukan hal-hal yang sulit dalam membesarkan sang anak.

Kekurangan Waktu

Segala rutinitas berubah dan tertata dengan sendirinya ketika si Kecil telah lahir. Mum akan menyadari kurangnya waktu bagi Mum dan pasangan untuk menikmati waktu, baik secara bersama-sama maupun sendirian. Sisi positifnya, Mum akan lebih menghargai waktu yang Mum miliki sebaik-baiknya.

Pekerjaan Rumah Tangga

Saat si Kecil hadir di dalam kehidupan Mum dan suami, waktu Mum menjadi semakin tersita. Setelah selesai mengurusi si Kecil, Mum masih dihadapkan pada tumpukan pekerjaan rumah tangga yang harus segera diselesaikan. Namun, di sisi lain Mum bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengganti momen kebersamaan Mum bersama suami. Misalnya, bercerita tentang kegiatan Mum saat mencuci piring atau sebelum tidur, bisa menjadi saat-saat romantis yang mengejutkan bersama suami.

Pertengkaran

Ketika sepasang suami istri memiliki hubungan yang kuat, hal ini memungkinkan adanya perbedaan pendapat yang lebih kuat juga. Dan apabila Mum terlanjur berargumen di depan si Kecil, pastikan bahwa ia juga melihat ketika Mum dan pasangan sedang berbaikan. Sisi positifnya, Mum dapat mengajari si Kecil tentang kesabaran, pengertian dan cara menyelesaikan masalah.

Emosi Campur Aduk

Apakah Mum cemburu ketika pasangan Mum lebih memperhatikan kemauan si Kecil dibandingkan memperhatikan Mum? Apakah Mum merasa bersalah ketika Mum lelah mengurus anak? Dan kemudian Mum berpikir bahwa Mum adalah satu-satunya wanita yang merasakan hal tersebut. Jangan Mum terlalu khawatir dengan adanya emosi yang campur aduk ini. Jika Mum dapat bertahan, perasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Pada akhirnya, rasa ketakutan Mum akan berkurang. Anda akan menjadi seorang ayah, seorang pria yang memiliki pribadi baru. Sisi lain dari semua ini adalah, mengetahui bahwa ketakutan dan keraguan merupakan keberanian yangtak terkira.

Jadi, bayangkan bahwa diri Mum menjadi sosok pahlawan. Bersikap fleksibel, tetap santai dan terkendali, bahkan ketika Mum belajar untuk menggantikan popok, menggendong anak dengan benar, memberi makan dan menepuk- tepuk punggungnya, kemudian menidurkannya. Sisi lain dari adanya semua hal ini adalah berpikir bahwa ini hanyalah pekerjaan yang bersifat sementara. Manfaatkan dan hargai semua pengalaman tersebut, karena si Kecil akan tumbuh besar tanpa terasa.

Untuk mengurangi tekanan dalam menghadapi masa pertumbuhannya, luangkan waktu Mum untuk melakukan aktivitas yang rileks bersama si Kecil.