Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cukupi Kebutuhan Vitamin C si Kecil demi Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Cukupi Kebutuhan Vitamin C si Kecil demi Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Asupan VItamin C dikenal luas berperan besar dalam menjaga daya tahan tubuh. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Terlebih vitamin ini juga memiliki beberapa manfaat lain lho Mums selain meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dalam konteks tumbuh kembang. Ini mengapa kebutuhan nutrisi harian untuk Vitamin C harus dicukupi setiap harinya.

Mungkin Mums sudah banyak mendengar dan melihat di berbagai media bahwa asupan vitamin ini diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini memang benar dan berdasarkan fakta atau temuan. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin C dapat benar-benar meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terasa lebih segar dan tidak mudah sakit.

Pada anak-anak sendiri vitamin ini memiliki banyak peran penting. Well, pada dasarnya setiap vitamin dan nutrisi memang memiliki peran dan porsinya masing-masing. Namun dalam hal daya tahan tubuh si Kecil, vitamin ini ‘bekerjasama’ dengan vitamin lain seperti A dan E, sehingga daya tahan tubuh si Kecil menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin C dan Daya Tahan Tubuh si Kecil

Jika dilihat, manfaat dasar dari Vitamin C sendiri untuk daya tahan tubuh si Kecil cukup besar kontribusinya. Penyakit ‘awam’ seperti misalnya batuk atau pilek yang disebabkan oleh virus, dapat dengan mudah diminimalisir resikonya dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan VItamin C ini. Dengan demikian si Kecil tidak akan mudah terserang kedua penyakit paling umum yang diderita anak-anak ini.

Selain itu, dengan asupan vitamin yang cukup si Kecil juga akan lebih cepat pulih ketika terserang batuk atau pilek. Vitamin ini bekerja bersama dengan nutrisi lainnya untuk memperkuat sel tubuh yang terserang virus, sehingga virus dapat lebih mudah ditaklukkan. Meski mungkin terserang penyakit, jangka waktunya tidak akan terlalu lama dan si Kecil akan lebih mudah sehat kembali.

Vitamin C juga memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh si Kecil dari paparan radikal bebas yang ditemuinya ketika beraktivitas. Dalam jangka panjang, asupan Vitamin C yang cukup dapat membantu si Kecil mencegah penuaan dini, resiko kanker serta penyakit berat seperti penyakit jantung.

Terkait dengan daya tahan tubuh, salah satu nutrisi yang juga memiliki peran besar adalah Zat Besi. Nah, Zat Besi ini perlu diserap ke dalam tubuh agar dapat membantu membangun daya tahan tubuh yang kuat. VItamin C dalam hal ini berperan untuk meningkatkan penyerapan Zat Besi ke dalam tubuh sehingga asupan nutrisi yang masuk dapat benar-benar terserap ke dalam tubuh dengan sempurna. Inilah sebabnya Mums, asupan Vitamin C yang cukup harus selalu dipastikan agar si Kecil mendapatkan semua manfaat baik dari vitamin ini.

Sumber Makanan dan Dosis yang Diperlukan untuk si Kecil

Jika berbicara mengenai sumber makanan yang mengandung Vitamin C, Mums akan mendapatkan sederet pilihan yang cukup banyak. Tentu ini kabar baik, karena dengan variasi yang cukup banyak Mums dapat membuat kreasi masakan yang beragam pula sehingga si Kecil tetap dapat menikmati makanan yang Mums berikan sekaligus tercukupi kebutuhan nutrisinya. Jenis makanannya antara lain :

  • Jeruk
  • Pepaya
  • Stroberi
  • Brokoli
  • Melon
  • Mangga
  • Tomat
  • Bayam
  • Kentang
  • Pisang
  • Kiwi

Tentu jenis makanan yang Mums berikan harus pula menyesuaikan kemampuan si Kecil dalam mencerna. Misalnya, ketika si Kecil berada pada usia 1 hingga 3 tahun, Mums dapat memilih atau mengolah makanan yang ada di daftar tersebut sedemikian rupa sehingga dapat dikonsumsi si Kecil tanpa harus memberatkan kerja organ pencernaannya. Misalnya dengan menjadikannya bubur, atau dihaluskan, atau dijus, asalkan si Kecil dapat mengkonsumsinya dengan cukup mudah.

Untuk kebutuhan tubuh si Kecil sendiri, idealnya pada usia 1 hingga 3 tahun jumlah yang dibutuhkan adalah 15 miligram per hari. Jumlah ini meningkat pada usia 4 hingga 6 tahun menjadi 25 miligram per harinya. Hal ini wajar mengingat idealnya ukuran tubuh dan metabolisme tubuhnya meningkat seiring bertambahnya usia.

Dalam mencukupi kebutuhan Vitamin C untuk si Kecil, pilihan makanan yang disebutkan di atas tadi dapat dimasukkan ke daftar menu. Tentu olahan yang dapat dibuat sangat beragam, mulai dari sup, jus, rebusan, tim, campuran bubur dan sebagainya. Mums dapat menemukan berbagai resep dan rekomendasi olahan di berbagai sumber dengan cukup mudah.

Terakhir, kebutuhan Vitamin C merupakan salah satu kebutuhan nutrisi yang juga harus dicukupi setiap harinya. Untuk membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil, jadikan Friso Gold 3 partner utama. Kandungan nutrisi yang kaya serta kualitas nutrisi alami yang terjaga dalam Friso Gold memudahkan tubuh si Kecil menyerap nutrisi yang ada. Hal ini karena adanya teknologi Locknutri, yang menjamin kualitas alami nutrisi susu sampai ke tangan Mums dan si Kecil. Dengan metode Single Process, di mana susu hanya melalui satu kali proses pemanasan tanpa suhu yang berlebihan sehingga dapat menjaga kualitas alami nutrisi yang ada di dalamnya.