Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Inilah-Daftar-Cemilan-Anak-yang-Penting-Untuk-Dukung-Tumbuh-Kembangnya

Daftar Cemilan Anak yang Penting Untuk Dukung Tumbuh Kembang

Selain makanan utama, cemilan anak juga berperan sebagai tambahan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang si kecil lebih optimal lho, Mums. Apalagi di dua tahun pertamanya, anak memerlukan asupan gizi yang seimbang agar tubuhnya sehat, kuat, dan pintar. Gizi seimbang ini bisa Mums dapatkan dari sumber makanan mengandung protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin, dan mineral. Namun sayangnya, saat ini banyak cemilan anak yang tidak menyehatkan, seperti makanan cepat saji dan makanan serta minuman yang mengandung banyak gula. Padahal, di masa emas pertumbuhannya, anak-anak memerlukan nutrisi yang menjadi penentu pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak di masa mendatang.

Oleh karena itu, cemilan anak yang sehat dan bergizi hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Demi menjaga nafsu makan anak tetap terjaga dan gizinya terpenuhi, Mums bisa kreasikan cemilan anak pada menunya sehari-hari agar si kecil tidak cepat bosan. Selain itu, cemilan anak yang disajikan dengan gizi seimbang juga bisa jadi hal penting untuk mengajarkan si kecil berbagai rasa dan jenis-jenis makanan, sehingga si kecil bisa terbiasa dengan jenis makanan yang menyehatkan saat tumbuh dewasa kelak. Nah, saatnya Mums catat cemilan anak 

1. Roti gandum, pasta, dan nasi merah

Roti gandum, pasta, dan nasi merah

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh. Nah, roti gandum, pasta, dan nasi merah bisa menjadi nutrisi sehari-hari untuk anak karena di dalamnya mengandung karbohidrat yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tiga makanan ini juga bisa memberikan si kecil energi untuk beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Mums bisa ganti nasi putih menjadi nasi merah dengan tambahan lauk yang disukai si kecil agar lebih sehat. Untuk roti gandum, Mums bisa jadikan sebagai cemilan anak atau menu sarapan yang dikreasikan dengan telur atau selai kacang. Sementara, pasta bisa Mums kreasikan sebagai makanan siang atau malam yang bisa dikreasikan dengan saus tomat dan daging cincang untuk menambah selera makan si kecil. 

2. Buah, sayuran, dan biji-bijian

Buah, sayuran, dan biji-bijian

Mums ingin saluran pencernaan si kecil sehat dan lancar? Saatnya berikan buah, sayur, dan biji-bijian yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Biasakan si kecil mengonsumsi tiga bahan makanan ini sebagai cemilan anak agar ia dapat membedakan antara makanan yang kaya akan nutrisi dan makanan yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Jika Mums tidak memperkenalkan buah, sayuran, dan biji-bijian sejak dini, kemungkinan besar si kecil pun akan tumbuh menjadi anak yang tidak menyukai makanan tersebut dan memilih makanan lain sebagai cemilannya. Padahal, menurut pedoman gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, buah dan sayuran harus selalu ada dalam setiap satu porsi makan anak-anak agar asupan nutrisinya tetap seimbang. Selain memperlancar sistem pencernaan, serat juga bermanfaat untuk membantu metabolisme dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit pencernaan kronis, dan penyakit jantung di masa mendatang lho, Mums.

3. Ikan, telur, dan sayuran hijau

Ikan, telur, dan sayuran hijau

Tahukah Mums bahwa zat besi termasuk nutrisi yang penting untuk kesehatan anak? Ini karena zat besi berperan dalam memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Jika kekurangan zat besi, sel-sel di dalam tubuh akan kekurangan oksigen. Untuk itu, kebutuhan ini bisa didukung dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi zat besi, seperti ikan, telur, dan sayuran hijau. Mums bisa mengolah ikan, telur, dan sayuran hijau sebagai cemilan anak yang sehat dan bergizi setiap harinya. 

4. Oatmeal, pisang, dan kacang panggang

Oatmeal, pisang, dan kacang panggang

Selain protein, karbohidrat, dan serat, magnesium juga memiliki peran penting untuk tumbuh kembang anak, salah satunya untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem saraf anak agar tetap optimal. Nah, kandungan magnesium ini bisa Mums dapatkan dalam cemilan anak seperti oatmeal, pisang, dan kacang-kacangan. Ketiga bahan makanan ini bisa jadi satu porsi menu sehat lho, Mums. Campurkan oatmeal dengan susu, pisang, serta topping kacang almond untuk sarapan anak.

5. Kentang, pisang, dan tomat

Kentang, pisang, dan tomat

Potasium atau biasa dikenal dengan istilah kalium berperan penting untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan mendukung fungsi otot serta sistem saraf. Untuk mendapatkan manfaat kalium, si kecil bisa mengonsumsi kentang, pisang, atau tomat sebagai cemilan anak yang menyehatkan. Dalam mengolah kentang, Mums bisa kreasikan dengan cara dikukus, dipanggang, atau direbus supaya lebih sehat. Sementara, pisang dan tomat bisa Mums olah menjadi jus segar dan lezat.

6. Daging tanpa lemak, keju, yogurt, dan telur

Daging tanpa lemak, keju, yogurt, dan telur

Seperti yang Mums ketahui, protein merupakan nutrisi yang paling penting untuk tumbuh kembang si kecil. Protein berfungsi untuk membentuk dan menjaga kesehatan jaringan sel tubuh, sebagai sumber energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan fungsi organ tubuh agar bekerja secara optimal. Selain daging tanpa lemak, keju, yogurt, dan telur, Mums juga bisa mendapatkan protein dari susu, ikan, daging ayam yang bisa diolah menjadi menu kesukaan si kecil. Sebagai cemilan anak, Mums bisa pilih yogurt tanpa gula yang dikreasikan dengan potongan buah dan keju sesuai selera.

7. Wortel, brokoli, dan pepaya

Wortel, brokoli, dan pepaya

Wortel, brokoli, dan pepaya bisa menjadi cemilan anak yang sehat karena kaya akan vitamin A. Vitamin A berperan dalam mendukung pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, termasuk kesehatan mata, rambut, dan kulit si kecil. Ada banyak cara yang bisa Mums lakukan untuk mengolah wortel dan brokoli menjadi makanan kesukaan si kecil lho. 
 

8. Roti gandum, ikan, dan telur

Roti gandum, ikan, dan telur

Selain vitamin A, anak-anak juga membutuhkan vitamin B karena berperan penting untuk membentuk sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta menjaga sistem saraf pusat. Vitamin B bisa Mums temukan juga dalam roti gandum, ikan, dan telur. Kreasikan tiga bahan makanan ini sesuai dengan menu kesukaan si kecil ya, Mums. 

9. Jeruk, mangga, dan kiwi

jeruk, mangga, dan kiwi

Mums pasti sudah tahu kan, jika vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Vitamin C termasuk nutrisi yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi, serta membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Mums bisa dapatkan manfaat vitamin C dari jeruk, mangga, dan kiwi yang bisa dikreasikan menjadi salad buah segar untuk cemilan anak. 

Baca juga: Manfaat Vitamin C Bisa Cegah Virus Corona? Cek Faktanya Di Sini, Mums!

10. Yogurt, ikan, dan susu

Yogurt, ikan, dan susu

Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses penyerapan kalsium, pembentukan tulang, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta mengatasi peradangan lho, Mums. Yogurt, ikan, dan susu bukan hanya mengandung protein, tetapi juga mengandung vitamin D yang baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Mums perlu memilih yogurt tanpa pemanis buatan agar nutrisinya tetap terjaga ya! 

11. Kiwi, mangga, dan selai kacang

Kiwi, mangga, dan selai kacang

Kiwi, mangga, dan selai kacang termasuk bahan makanan yang mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan anak. Vitamin E berfungsi untuk membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah penyakit jantung. Mums bisa olah kiwi dan mangga menjadi smoothies yang segar untuk cemilan anak. Jika si kecil masih berusia 6 bulan ke atas, Mums bisa menghaluskan kiwi dan mangga sebagai MPASI. Untuk selai kacang, mums bisa tambahkan dengan roti gandum yang kaya akan karbohidrat dan vitamin A.

12. Kacang polong, wortel, dan brokoli

Kacang polong, wortel, dan brokoli

Vitamin yang tak kalah penting untuk mendukung tumbuh kembang anak adalah vitamin K. Vitamin ini berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah, mencegah terjadinya pendarahan, serta membantu menjaga kesehatan tulang. Sumber vitamin K bisa Mums dapatkan dari kacang polong, wortel, dan brokoli. Ketiga bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai macam cemilan anak maupun menu makanan utama yang sehat dan lezat. 

13. Susu, keju, dan ikan

Susu, keju, dan ikan

Susu, keju, dan ikan mengandung zinc yang berperan penting dalam membantu membentuk tulang serta otot yang kuat. Selain itu, zinc juga termasuk nutrisi yang membantu menjaga otak dan memproduksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi serta memastikan sel-sel bertumbuh dengan baik. Ketiga bahan makanan ini bisa Mums kreasikan menjadi makanan utama atau cemilan anak yang menyehatkan. 

Periode emas pertumbuhan anak termasuk momen yang paling penting dalam memperkenalkan berbagai jenis makanan kaya nutrisi untuk pertama kalinya kepada si kecil. Oleh karena itu, Mums perlu berkreasi sepenuh hati untuk mencoba berbagai rasa dan tekstur dari makanan di atas untuk dijadikan cemilan anak atau makanan pokok kesukaan si kecil. Selain itu, Mums juga perlu memastikan gizi si kecil terpenuhi dari sumber protein hewani seperti susu sapi. Mums bisa memilih susu Friso Gold 3 sebagai tambahan gizi yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri untuk menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.