Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Daftar Makanan Bergizi dengan Harga Terjangkau, Ini Opsinya!

Daftar Makanan Bergizi dengan Harga Terjangkau, Ini Opsinya!

Memilih dan memilah makanan bergizi untuk si Kecil bukan lagi menjadi opsi, namun sebuah keharusan. Pasalnya, pada usia sebelum 6 tahun, makanan yang Mums berikan pada si Kecil benar-benar berpengaruh pada optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Semakin bernutrisi makanan yang diberikan, maka semakin optimal pula tumbuh kembang yang dialami si Kecil. Tapi apakah makanan bergizi selalu berarti mahal?

Jika Mums cukup jeli dalam melihat nutrisi dalam setiap makanan yang mudah diteumukan di pasar tradisional, mungkin Mums akan cukup tercengang. Pasalnya, makanan dengan harga yang relatif terjangkau bisa memberikan nutrisi yang cukup lengkap. Seperti misalnya tempe, tahukah Mums bahwa bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan Zat Besi lebih tinggi daripada daging sapi pada porsi yang sama?

Nah, untuk memberikan alternatif makanan bergizi yang memiliki harga terjangkau, Mums bisa melihat daftar singkat di bawah ini.

Tempe, Superfood untuk Anak-Anak

Daftar Makanan Bergizi dengan Harga Terjangkau, Ini Opsinya!

Mengapa dikatakan superfood? Karena tempe memiliki nutrisi yang sangat padat serta sangat mudah diolah jadi makanan yang lezat. Dalam 100 gram tempe yang Mums sajikan, terdapat kandungan lebih dari 20 gram Protein. Bayangkan, lebih dari 20% kandungan dari tempe adalah Protein. Tak heran jika kemudian makanan merakyat ini menjadi salah satu alternatif terbaik sumber Protein selain daging sapi atau daging lain.

Untuk energinya sendiri, rata-rata dalam 100 gram akan mengandung sekitar 201 Kkal energi. Kandungan lain antara lain 8.8 gram lemak, 13,5 gram Karbohidrat, 0,1 gram serat, dan 4 miligram Zat Besi. Cukup lengkap bukan? Harganya yang terjangkau menjadi alasan kuat mengapa idealnya masyarakat Indonesia tidak akan kekurangan nutrisi karena kesulitan mendapatkan makanan dengan nutrisi yang kaya namun murah.

Omega-3 Hanya dari Ikan Salmon?

Tidak selalu harus menggunakan ikan salmon sebagai sumber Omega-3 untuk si Kecil. Beberapa ikan lain, seperti misalnya ikan kembung, juga ternyata memiliki kandungan Omega-3 yang lebih banyak daripada ikan salmon. Padahal jika dilihat harganya tentu memiliki selisih yang cukup besar.

Dalam 100 gram daging ikan kembung Mums bisa mendapatkan 2,6 gram Omega-3, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin D, Vitamin E, serta Vitamin C. Bayangkan, dengan harga yang sangat terjangkau Mums sudah bisa memberikan setiap nutrisi berharga ini untuk si Kecil, dna mendukung tumbuh kembangnya.

Telur, Makanan Bergizi untuk Semua Orang

Daftar Makanan Bergizi dengan Harga Terjangkau, Ini Opsinya!

Menjadi salah satu makanan bergizi paling mudah diakses di seluruh penjuru Indonesia, telur benar-benar memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tumbuh kembang si Kecil. Selain kandungan gizinya yang kaya, telur juga sangat mudah diolah sehingga banyak menjadi favorit anak-anak.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya? Mulai dari Protein, Lemak, Karbohidrat, Energi, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B, hingga kandungan air, semua bisa didapatkan pada sebutir telur. Tentu jika berbicara mengenai harga, Mums tak akan keberatan membeli telur untuk makanan sehari-hari si Kecil. Setidaknya Mums dapat memperoleh sebutir telur ayam kampung dengan harga hanya Rp.2.500,00 saja.

Pisang, Buah Kebahagiaan Kaya Nutrisi

Buah yang tak mengenal musim ini juga masuk dalam daftar makanan bergizi dengan harga terjangkau. Jenisnya juga cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan selera si Kecil, kandungan Karbohidrat, Vitamin B6, Potasium, Serat, Vitamin C, dan juga Mangan menjadi nutrisi pokok yang ada di buah yang satu ini.

Seperti yang Mums ketahui, setiap nutrisi ini memiliki peranan penting dalam menunjang tumbuh kembang si Kecil. Konsumsi makanan alami yang bernutrisi sangat disarankan sebab dapat mempercepat penyerapan nutrisi oleh tubuh si Kecil. Pisang juga termasuk salah satu buah yang sangat mudah diolah, karena mudah dijadikan kue, puding, atau makanan lezat lainnya.

Jamur

Daftar Makanan Bergizi dengan Harga Terjangkau, Ini Opsinya!

Dengan harga yang murah, rasa yang lezat, serta kemudahan pengolahan, jamur menjadi bahan makanan penutup dalam daftar ini. Nutrisi yang terkandung antara lain adalah Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin D, Provitamin D2, Kalium, Kalsium, Magnesium, Natrium, sampai dengan Fosfor. Ternyata selengkap ini ya Mums kandungan dari jamur?

Jemur sendiri memiliki banyak jenis yang bisa dikonsumsi, di berbagai rentang harga yang berbeda. Mungkin yang bisa dikatakan paling ekonomis adalah jamur tiram putih, yang bisa didapatkan pada kisaran harga Rp.15.000,00 sampai Rp.20.000,00 per kilogramnya. Tentu dengan jumlah sebanyak ini Mums dapat mengolah jamur menjadi berbagai makanan lezat kaya nutrisi untuk si Kecil.

Baca Juga : Nukleotida, Ragam Jenis Sumber Makanan dan Manfaatnya

Daftar makanan bergizi dengan harga yang ekonomis di atas diharapkan bisa jadi alternatif ketika Mums mulai kehabisan akal memberikan variasi makanan. Untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi harian, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4 yang memiliki teknologi Locknutri. Teknologi ini menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh sehat dan optimal!