Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Daftar Peralatan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Keluar Rumah

Daftar Peralatan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Keluar Rumah

Menghadapi situasi new normal seperti sekarang ini memang harus pandai-pandai bersikap. Terlebih untuk Mums yang sudah selama ini mengurung diri di rumah bersama keluarga, tentu sejenak menghirup udara dan menikmati sinar matahari akan sangat menyenangkan. Namun demikian jika Mums memiliki bayi, ada beberapa peralatan bayi yang wajib di bawah, bersamaan dengan ‘protokol’ keamanan untuk tetap menjaga si Kecil dan semua anggota keluarga lain tetap sehat.

Memang, sebenarnya keluar rumah masih tidak direkomendasikan meskipun sudah new normal. Namun demikian, karantina mandiri yang sudah dilakukan diharapkan sudah bisa membangun daya tahan tubuh dengan baik. Lagipula selama protokol kesehatan sudah dilakukan, rasanya resiko yang ada bisa ditekan hingga titik minimal.

Lalu apa saja peralatan bayi yang harus dibawa? Apa saja yang harus dilakukan agar semua anggota keluarga tetap aman dan resikonya dapat ditekan?

Stroller Bayi

Daftar Peralatan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Keluar Rumah

Perangkat yang satu ini wajib Mums bawa untuk menjaga si Kecil tetap berada dalam jarak aman. Dengan dinaikkan di stroller, Mums bisa memastikan si Kecil jauh dari jangkauan sentuhan orang lain, dan tangan si Kecil juga tidak menyentuh benda-benda di tempat yang akan Mums datangi. Memang mungkin agak repot jika harus membawanya kemanapun. Tapi demi keamanan si Kecil, hal ini perlu dilakukan.

Ada baiknya juga melengkapi stroller dengan penutup agar dapat meminimalisir droplet yang mungkin sampai ke permukaan kulit si Kecil. Penutup ini biasa disebut dengan kanopi. Selain mengurangi resiko sampainya droplet ke kulit si Kecil, kanopi juga membantu menjaga suhu di dalam stroller karena bisa menghalangi sinar matahari langsung .

Masker untuk si Kecil dan Mums

Penggunaan masker ketika bepergian keluar rumah di era new normal adalah satu hal yang wajib demi menjaga setiap anggota keluarga tetap terbebas dari serangan virus. Masker bisa menghalangi kuman dan virus masuk ke saluran pernafasan serta mulut. Selain itu, masker juga akan sangat mengurangi jumlah droplet yang keluar ketika Mums berbicara.

Tidak hanya pada Mums dan anggota keluarga yang sudah dewasa, jika memungkinkan Mums juga wajib memberikan masker pada si Kecil. Mungkin akan terasa kurang nyaman, namun dengan pembiasaan yang perlahan, si Kecil akan bisa menggunakan masker dengan baik. Semua hal dilakukan demi keamanan anggota keluarga agar tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik.

Hand Sanitizer dan Perlengkapan Membersihkan Diri Lainnya

Daftar Peralatan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Keluar Rumah

Mengajak si Kecil berjalan-jalan sejenak menikmati udara dan sinar matahari juga wajib membawa peralatan bayi yang satu ini. Ya, hand sanitizer dan perlengkapan membersihkan diri dan alat lainnya. Dengan membawa peralatan ini, Mums bisa terus menjaga kebersihan dan higienitas dimanapun Mums berada.

Misalkan Mums juga membawa perlengkapan bayi seperti botol dot atau alat lain, Mums juga wajib menyiapkan perlengkapan untuk mencuci peralatan tersebut. Jadi dimana saja Mums berada, semua alat yang Mums bawa, setiap bagian tubuh dari Mums dan si Kecil, akan tetap dapat dijaga kebersihannya dan meminimalisir jumlah kuman yang menempel.

Handuk Bersih

Salah satu peralatan bayi yang wajib dibawa ketika Mums dan si Kecil keluar rumah adalah handuk bersih. Sederhana, handuk bersih ini akan digunakan untuk mengusap si Kecil, mengeringkan tangan atau bagian tubuh yang baru dibersihkan, dan menjaga agar tangan atau bagian tubuh lain tidak terlalu lembab.

Seperti yang diketahui bersama bahwa lingkungan yang lembab akan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat mengganggu kenyamanan ketika beraktivitas. Jadi, bawalah beberapa handuk bersih untuk Mums dan si Kecil dan gunakan secara terpisah.

Pilih Area yang Lengang dan Luas

Daftar Peralatan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Keluar Rumah

Nah, hal terakhir yang perlu Mums perhatikan ketika akan keluar rumah, selain membawa peralatan bayi di atas, adalah lingkungan yang lengang dan tidak padat. Mengunjungi area yang lengang bisa jadi cara paling aman untuk keluar rumah karena semakin sedikit orang yang berkunjung ke sana maka semakin sedikit pula droplet yang disebarkan,

Beberapa lokasi yang bisa jadi pilihan adalah taman kota, danau, atau tempat-tempat yang menerapkan aturan physical distancing yang ketat. New normal bukan berarti bakteri dan virus berbahaya sudah hilang, hanya Mums bisa beraktivitas dengan lebih longgar namun tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga : Pentingnya Vitamin A untuk Masa Tumbuh Kembang si Kecil

Membawa peralatan bayi ketika mengajak si Kecil keluar rumah di era new normal mungkin jadi hal yang wajib, demi menekan resiko infeksi bakteri dan virus jahat yang ada di luar sana. Untuk membantu meminimalisir resiko kesehatan, Mums juga wajib menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Berikan makanan sehat bernutrisi dan higienis agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Jangan lupa juga untuk memberikan Friso Gold 3, guna menunjang pemenuhan nutrisi harian. Friso dengan teknologi Locknutri dapat menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu utamakan keselamatan dengan menerapkan protokol kesehatan, agar resiko infeksi dapat ditekan seminimal mungkin!