Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Terlewat!

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Terlewat!

Mendekati HPL, Mums tentu semakin tak sabar menantikan kehadiran si Kecil. Setiap gerakan dari si Kecil di dalam perut menjadi satu tanda menyenangkan, yang menunjukkan ia sehat dan sudah siap hadir ke dunia. Tentu saja, Mums tidak boleh lupa mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir agar ketika ia hadir ke dunia nanti, semua sudah siap menyambutnya.

Berbelanja perlengkapan bayi baru lahir sendiri bisa jadi satu kegiatan yang Mums lakukan untuk mengalihkan stres yang terkadang muncul mendekati HPL. Tentu harus dengan prosedur yang ketat dan mengutamakan kesehatan Mums, semua barang dan perlengkapan yang akan disebutkan nanti bisa Mums dapatkan dengan mudah baik di marketplace atau di toko resminya.

Nah, mari, tanpa berbasa-basi lagi, lihat beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu disiapkan!

Apapun yang Menempel pada si Kecil

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Terlewat!

Mulai dari pakaian, celana, kaos kaki, sarung tangan, topi penghangat, slabber, selimut, handuk, kain bedong, hingga bantal dan perlengkapan tidur, semua harus dipastikan menggunakan bahan yang lembut dan ramah kulit bayi. Seperti Mums ketahui, kulit si Kecil ketika baru saja lahir sangat sensitif sehingga perlu mendapat perhatian yang ekstra. Semata agar si Kecil terbebas dari iritasi kulit yang akan membuatnya rewel.

Untuk baju, celana, sarung tangan, dan pakaian yang setiap waktu digunakan, sebisa mungkin pilih bahan yang lembut dan menyerap keringat. Selain itu, Mums juga dianjurkan memilih ukuran pakaian yang cukup besar, sehingga sirkulasi udara bisa berjalan baik. Beberapa gangguan kulit seperti biang keringat biasanya muncul karena keringat yang ada di permukaan kulit gagal diserap pakaian atau tidak lekas kering, sehingga membuat kulitnya lembab dan mengalami iritasi.

Botol Susu dan Kelengkapannya

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Terlewat!

Botol susu? Bukankah ASI merupakan makanan terbaik untuk si Kecil ketika ia baru lahir? Benar Mums. Namun demikian, jika misalnya aktivitas Mums benar-benar padat, Mums juga perlu menyiapkan botol susu untuk menyimpan ASI. Jadi meski Mums kekurangan waktu menemani dan menyusui si Kecil, nutrisi yang dibutuhkannya tetap akan didapatkan dari ASI pompa yang sudah dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Pilihlah botol susu yang sudah memiliki standarisasi jelas. Mengingat botol ini nanti akan menyimpan ASI dan dikonsumsi oleh si Kecil, penting untuk memastikan botol yang digunakan benar-benar aman dan berkualitas. Tidak masalah jika harus mengeluarkan sedikit biaya ekstra, selama si Kecil benar-benar bisa mendapatkan asupan terbaik dari ASI milik Mums.

Jangan lupa juga untuk membeli perlengkapan botol susu, seperti sikat pembersih, lemari atau container penyimpanannya, kain untuk mengeringkan botol setelah dicuci, hingga deterjen pembersih yang sudah berstandar jelas. Dengan persiapan ini, diharapkan sesibuk apapun Mums nantinya tetap bisa memberikan asupan ASI terbaik untuk si Kecil.

Krim, Gunting Kuku, Perlak, Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Tidak Boleh Terlewat

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Terlewat!

Beberapa perlengkapan yang Mums baca pada subjudul ini mungkin seringkali dilupakan, karena merupakan benda yang tidak terlalu besar dan penting. Tapi faktanya, benda seperti krim, gunting kuku, hingga perlak adalah benda yang esensial untuk menyambut kedatangan si Kecil. Mengapa?

Pertama, krim, yang dimaksud disini adalah krim diaper yang digunakan untuk mengurangi resiko iritasi yang mungkin dialami oleh si Kecil. Krim seperti ini biasanya berbahan alami atau diklaim bebas iritan, sehingga bisa membantu si Kecil terhindar dari ruam popok yang ‘mengancam’ ketika si Kecil menggunakan diaper.

Selanjutnya, gunting kuku, mungkin Mums berpikir, ah, sepertinya cukup menggunakan gunting kuku biasa saja. Ukuran jari si Kecil sangat mungil, dan akan cukup sulit menggunakan gunting kuku orang dewasa untuk merapikan kukunya. Secara berkala, kuku akan terus tumbuh dan perlu dipotong. Gunakan gunting kuku khusus bayi sehingga proses potong kuku bisa dilakukan lebih mudah dan minim resiko.

Perlak, perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini sangat esensial untuk menjaga kondusifnya ranjang si Kecil. Dengan menggunakan perlak, maka ranjang si Kecil akan terbebas dari ancaman kelembaban akibat ngompol dan sejenisnya. Jadi dengan begitu, kondusi ranjang akan terjaga tetap bersih dan kering, dan satu yang pasti, lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga : 5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Perlengkapan bayi baru lahir memang tidak bisa dikatakan sedikit, karena barang satu dan barang lainnya saling berkaitan. Ketika Mums membeli barang A, maka kemudian Mums akan berpikir barang B akan cocok warnanya, begitu seterusnya. Tapi tak perlu cemas, hal ini merupakan hal wajar dan alami ketika persiapan menyambut kehadiran si Kecil.

Nah, setelah melihat beberapa perlengkapan bayi baru lahir di atas, apakah Mums sudah memiliki bayangan? Semoga daftar di atas bisa memberikan sedikit bayangan apa-apa saja yang harus dibeli ya Mums. Selain itu, selalu pastikan Mums dalam keadaan sehat untuk persiapan persalinan. Lengkapi kebutuhan nutrisi setiap hari, dan tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.