Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Daftar-Perlengkapan-Bayi-Persiapan-Kelahirannya-Klik-Di-Sini.jpg

Daftar Perlengkapan Bayi Persiapan Kelahirannya, Klik Di Sini!

Mendekati hari kelahiran si Kecil ke dunia ini, menjadi saat yang paling membahagiakan untuk Mums. Segala macam persiapan dilakukan, dari mulai persiapan kelahiran, persiapan imunisasi, serta juga persiapan barang dan perlengkapan bayi yang nantinya akan diperlukan. Sembari menunggu sambil berdebar, semua persiapan ini dapat Mums lakukan agar tidak terlalu stres memikirkan tanggal kelahiran si Kecil.

Apakah barang yang diperlukan oleh si Kecil akan sangat banyak? Well, tentu semua tergantung Mums ingin menyiapkan apa saja. Jika mungkin Mums belum mengetahui perlengkapan apa saja yang diperlukan, Mums dapat melihat daftar berikut ini. Jangan lupa buat check list belanja ya Mums agar tak ada yang terlewat!

Perlengkapan Bayi Pertama, Pakaian Bayi

Pakaian bayi bisa jadi item pertama yang Mums persiapkan. Mulai dari baju, celana, kaos kaki, sarung tangan, hingga topi, semua harus dipersiapkan sebelum si Kecil lahir. Pastikan setiap pakaian memiliki bahan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, sebisa mungkin cari bahan pakaian yang breathable sehingga tidak membuat si Kecil merasa gerah ketika menggunakannya.

Slabber

Kedua yang bisa Mums siapkan adalah slabber atau penampung air liur si Kecil. Perlengkapan bayi yang satu ini diperlukan agar ketika menggendongnya, air liur si Kecil tidak belepotan kemana-mana. Cari slabber dengan pengait velcro agar mudah dipasang dan dilepas tanpa perlu mengganggu si Kecil.

Selanjutnya, Jangan Lupa Popok

Untuk urusan popok, Mums dapat memilih popok sekali pakai atau popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Tentu, dari segi biaya, akan lebih ekonomis menggunakan popok kain, namun jika Mums ingin lebih praktis, penggunaan popok sekali pakai bisa jadi pilihan terbaik. Pastikan popok yang digunakan tidak terlalu ketat dan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik ya!

Botol Susu si Kecil

Untuk mencukupi kebutuhan makanan si Kecil, ASI menjadi pilihan pertama. Pemberian ASI eksklusif harus dijadikan urutan pertama untuk urusan ini. Namun demikian jika tidak bisa memberikannya secara langsung, Mums harus mempersiapkan botol susu untuk si Kecil. Jangan lupa, cari botol susu yang memiliki keterangan BPA free dan dilengkapi dengan sikat untuk membersihkannya secara rutin.

Jangan Lupa Perlengkapan Bayi Urusan Mandi

Sabun mandi, shampoo, lotion dan krim popok, jadi perlengkapan bayi selanjutnya yang harus Mums siapkan. Untuk sabun, cair yang tidak beraroma, tidak menghasilkan busa berlebih, serta memiliki kandungan pelembab yang baik. Untuk shampoo, pastikan memiliki bahan yang tidak pedih ketika tidak sengaja masuk ke mata si Kecil. Sedangkan untuk lotion, Mums bisa memilih yang sesuai dengan usia si Kecil dan cocok dengan kulitnya agar tak terjadi iritasi. Terakhir krim popok, cari yang memiliki bahan dasar alami sehingga tidak membuat kulitnya iritasi.

Bak Mandi? Perlukah?

Jika Mums akan memandikan si Kecil, tentu Mums memerlukan bak mandi bukan? Pastikan ukuran bak mandi yang dibeli sesuai dengan panjang tubuh si Kecil agar memudahkan Mums dalam memandikannya. Pastikan juga bahan pembuat bak merupakan bahan yang aman untuk bayi.

Handuk dan Selimut

Setelah mandi apa yang Mums lakukan pada si Kecil? Tepat, mengeringkan tubuhnya dengan handuk. Pilih bahan yang cukup halus dan sesuai dengan ukuran tubuh si Kecil. Selain itu juga usahakan handuk bisa menyerap air dengan cepat dan tidak rusak ketika dimasukkan ke mesin cuci. Untuk selimut cari yang memiliki bahan lembut dan nyaman untuk si Kecil. Anti bakteri dan jamur adalah sebuah keharusan, untuk melindungi kesehatan kulitnya.

Kain Bedong

Sebenarnya kain bedong tidak menjadi item wajib untuk masuk dalam list belanja persiapan kelahiran si Kecil. Namun demikian, jika sekiranya dibutuhkan Mums dapat membeli kain bedong beberapa buah. Tidak perlu terlalu banyak karena si Kecil juga sepertinya tidak akan menghabiskan banyak waktu dibedong.

Gunting Kuku, Minyak Telon, Perlak

Selanjutnya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan si Kecil, jangan lupa beli gunting kuku khusus untuk bayi. Perlengkapan bayi yang satu ini akan sangat berguna untuk Mums agar si Kecil tidak terluka akibat kukunya sendiri. Minyak telon jadi hal penting berikutnya untuk membuat si Kecil nyaman setelah mandi. Perlak dapat sangat berguna ketika Mums meletakkan si Kecil di tempat tidur, sehingga ketika ia buang air kecil atau buang air besar, tidak akan membasahi tempat tidur dan sprei.

Cukup panjang juga ya Mums daftar perlengkapan bayi yang harus disiapkan sebelum kelahirannya? Setiap perlengkapan tersebut bisa Mums dapatkan di toko perlengkapan bayi terdekat. Yang terpenting, selalu pastikan setiap bahannya ramah bayi agar tidak membuatnya iritasi.

Selain mempersiapkan perlengkapan bayi di atas, Mums jangan sampai lupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Untuk membantu mencukupi nutrisi selama masa kehamilan, konsumsi makanan bernutrisi dan Frisomum Gold Dualcare+. Kombinasi keduanya dapat memastikan setiap kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan dapat terpenuhi, sehingga tumbuh kembang janin menjadi optimal.