Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Daftar Sayur dan Buah Penambah Darah, Mums Wajib Tahu!

Daftar Sayur dan Buah Penambah Darah, Mums Wajib Tahu!

Tahukah Mums bahwa selama masa kehamilan Mums memerlukan asupan Zat Besi yang tinggi? Kebutuhan ini berasal dari kebutuhan produksi darah yang meningkat, karena secara praktis volume tubuh juga bertambah. Kekurangan darah atau anemia tidak jarang terjadi ketika masa kehamilan. Hal ini dapat diatasi dengan konsumsi sayur dan buah penambah darah yang bisa Mums dapatkan dengan mudah.

Sebenarnya mungkin makanan penambah darah tidak hanya sekedar sayur dan buah saja, masih ada bahan makanan lain, seperti daging misalnya, untuk membantu menambah produksi darah di dalam tubuh Mums sehingga dapat mencukupi kebutuhan Mums dan si Kecil yang berada di dalam janin.

Namun kali ini akan lebih dibahas mengenai sayur dan buah penambah darah untuk memberikan opsi untuk Mums. Jadi tanpa perlu basa-basi lagi, mari simak daftarnya berikut ini!

Buah Kebahagiaan, Pisang

Daftar Sayur dan Buah Penambah Darah, Mums Wajib Tahu!

Sejak lama, pisang dikenal luas sebagai salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain kandungan nutrisinya yang baik dan diperlukan tubuh, pisang juga dapat memberikan efek bahagia setelah mengkonsumsinya.

Buah pisang sendiri masuk dalam daftar buah penambah darah yang dibuat kali ini. Hal ini disebabkan karena pisang memiliki kandungan Folat yang dapat membantu tubuh memproduksi darah dalam jumlah lebih besar. Folat juga baik untuk pertumbuhan janin, jadi konsumsi pisang secara rutin tak hanya akan menambah jumlah darah yang ada namun juga dapat mendukung perkembangan janin.

Tidak sulit mencari pisang karena buah penambah darah yang satu ini terbilang buah segala musim. Jadi Mums dapat menemukan pisang dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan sepanjang tahun tanpa harus menunggu musim pisang.

Brokoli, Kaya Nutrisi

Menjadi sayuran hijau yang berada pada urutan pertama daftar ini, brokoli dapat menjadi alternatif sayuran penambah darah yang cukup ampuh. Kandungan vitamin, Zat Besi dan Asam Folat sangat baik untuk merangsang tubuh memproduksi darah dalam jumlah lebih banyak.

Selain ketiga kandungan tadi, brokoli juga mengandung antioksidan yang dapat membantu Mums menjaga kondisi kesehatan tubuh dan menangkal penyakit yang datang. Dengan kondisi kesehatan yang lebih terjaga, idealnya kondisi kehamilan juga akan terjaga tetap dalam kondisi stabil.

Mums dapat mengkonsumsi brokoli dengan berbagai olahan, mulai dari digoreng, direbus, atau dijadikan sayur yang nikmat. Dengan banyak manfaat, brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Buah Penambah Darah Si Merah Delima

Daftar Sayur dan Buah Penambah Darah, Mums Wajib Tahu!

Sesuai dengan warnanya yang merah merekah, delima masuk ke dalam golongan buah penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan produksi darah. Secara praktis, buah delima dapat mempertahankan kadar hemoglobin di dalam darah sehingga darah dapat menyalurkan setiap nutrisi yang berasal dari makanan ke seluruh tubuh guna menunjang tumbuh kembang.

Dalam kontek kehamilan, Mums bisa mengkonsumsi buah delima sebagai buah penambah darah sehingga dapat mencegah anemia. Ingat Mums, pada masa kehamilan ini Mums memiliki kewajiban pada 2 tubuh, yakni tubuh Mums dan tubuh si Kecil yang berada di perut Mums. Jadi harus benar-benar diperhatikan asupan nutrisi yang masuk agar Mums dan si Kecil terus berada dalam kondisi stabil.

Bayam, Daun Hijau yang Bernutrisi

Untuk sayuran yang satu ini, mungkin sudah dikenal luas sebagai salah satu sayuran yang dapat meningkatkan produksi darah di dalam tubuh. Nah, karena konteksnya adalah menambah darah pada masa kehamilan, maka tentu saja bayam akan masuk dalam daftar ini. Kandungan utama yang berperan untuk menambah darah dalam bayam sendiri adalah Zat Besi dan Folat.

Untuk Mums yang mungkin kurang suka mengkonsumsi daging merah (yang juga baik untuk menambah produksi darah), bayam bisa jadi alternatif yang baik. Tentu saja, selain Zat Besi dan Folat bayam juga mengandung banyak nutrisi lain seperti misalnya Serat. Serat dapat membantu Mums menjaga kesehatan pencernaan, sehingga tidak akan ada gangguan pencernaan selama masa kehamilan dengan konsumsi serat yang cukup.

Bahan Makanan Lain

Daftar Sayur dan Buah Penambah Darah, Mums Wajib Tahu!

Seperti sudah diungkapkan sebelumnya, sebenarnya sayuran dan buah penambah darah dapat pula dilengkapi dengan asupan makanan lain. Misalnya saja, daging merah, hati, kacang-kacangan, hingga madu dan juga telur. Semua makanan ini benar-benar dapat membuat tubuh Mums meningkatkan produksi darah untuk tetap mencukupi kebutuhan tubuh selama masa kehamilan.

Baca Juga : 8 Tips Menjaga Nafsu Makan Ibu Hamil di Trimester Pertama

Menjaga kondisi kesehatan tubuh selama masa kehamilan menjadi hal yang mutlak dilakukan. Selain agar tubuh tetap stabil, hal ini juga diperlukan agar perkembangan dan pertumbuhan si Kecil di dalam perut bisa berjalan optimal. Dengan asupan nutrisi yang cukup serta pola hidup yang sehat, idealnya kondisi kehamilan akan stabil dan bisa berkembang optimal.

Nah, daftar sayuran dan buah penambah darah di atas semoga bisa menjadi referensi untuk menu makanan Mums pada masa kehamilan. Jika diperlukan, Mums bisa juga menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ dalam menu makanan Mums. Susu yang satu ini diformulasikan khusus untuk mendampingi masa kehamilan dan menyusui, dalam hal memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jadi tunggu apa lagi? Mums bisa mendapatkan Frisomum Gold Dualcare+ di toko terdekat dan marketplace kesayangan Mums!