Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Indikator Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Dampingi Setiap Tahapan Tumbuh Kembang Anak, Ini 4 Manfaatnya

Mendampingi setiap tahapan tumbuh kembang anak merupakan hal penting yang harus Mums lakukan. Tidak hanya sekedar ada secara fisik, namun perhatian yang Mums berikan, nutrisi yang Mums upayakan, serta stimulus yang Mums berikan merupakan 3 hal penting yang dapat mempengaruhi secara langsung optimalnya tumbuh kembang si Kecil.

Tidak sedikit diantara Mums yang mungkin banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan berada di luar rumah. Tentu hal ini juga dalam rangka mengupayakan dan memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Namun demikian optimalnya setiap tahapan tumbuh kembang anak akan terjadi jika Mums benar-benar memberikan perhatian sepenuhnya pada si Kecil.

Pada usia 3 hingga 6 tahun misalnya, dimana tumbuh kembang si Kecil berlangsung sedemikian pesat, kehadiran Mums perlu selalu dipastikan. Waktu yang Mums miliki harus dicurahkan sepenuhnya untuk mendampingi si Kecil. Misalnya, sempatkan berinteraksi dengan si Kecil ketika akan berangkat kerja dengan menyiapkannya sarapan, menyiapkan pakaian, dan pelukan hangat. Atau ketika sepulang kerja, dengan bermain bersama.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat pentingnya mengoptimalkan perkembangan di usia tersebut. Beberapa poin mungkin dapat Mums perhatikan agar dapat selalu memberikan porsi waktu untuk si Kecil. Berikut efek yang muncul ketika Mums dapat memanfaatkan waktu secara maksimal untuk mendampingi setiap tahapan tumbuh kembang anak.

Ikatan Emosional yang Makin Erat

Dengan menghabiskan banyak waktu serta berkegiatan bersama, ikatan emosional Mums dan si Kecil akan semakin erat. Interaksi yang terjalin secara intens akan menumbuhkan rasa kepercayaan antara Mums dan si Kecil, sehingga semakin mudah dalam memahami apa yang diinginkan dan dirasakan olehnya.

Dalam jangka panjang, hubungan emosional semacam ini dapat membawa Mums dan si Kecil dalam hubungan yang hangat hingga usianya dewasa. Menjadi orang kepercayaan si Kecil tentu merupakan hal yang didambakan setiap Mums bukan? Hal-hal kecil seperti memberikan pelukan, menyiapkan sarapan, bermain bersama sepulang kerja dan sebagainya dapat menjadi cara yang efektif menjalin hubungan emosional yang baik ini.

Usia Emas Tumbuh Kembang

Jika Mums pernah mendampingi si Kecil pada usia 3 hingga 6 tahun, mungkin Mums akan paham mengapa usia ini dikatakan sebagai usia emas tumbuh kembangnya. Si Kecil yang mulai memiliki kemampuan dan koordinasi fisik yang semakin baik membuatnya semakin mudah diajak bermain dan beraktivitas.

Hal ini bersamaan dengan pertumbuhan dan perkembangan kemampuan otak serta kemampuan sosialnya. Dengan demikian pendampingan sangat diperlukan agar si Kecil benar-benar dapat tumbuh maksimal pada periode ini. Kasih sayang serta perhatian terbaik perlu selalu diberikan, sehingga si Kecil dapat tumbuh dengan dukungan penuh dari Mums.

Mengontrol Milestone pada Usianya

Seperti yang Mums pahami, setiap tahapan usia tumbuh kembang si Kecil terdapat milestone yang perlu dipenuhinya. Meski hanya bersifat hal ideal, namun milestone ini dapat menjadi acuan untuk tumbuh kembang yang wajar. Dengan mendampingi si Kecil pada tahapan tumbuh kembangnya, Mums dapat memastikan setiap milestone terpenuhi tepat waktu.

Meski terdapat berbagai hal yang masuk ke dalam milestone tumbuh kembang anak, hal ini tidak kemudian harus dimiliki ketika usianya tepat sekian tahun. Proses yang dijalani dalam setiap pencapaian milestone juga menjadi perhatian besar, karena disinilah proses belajar si Kecil berjalan dan pemahaman si Kecil juga semakin terasah.

Bekal Tumbuh Dewasa yang Baik

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil pada masa anak-anak tidak hanya baik untuk masa tumbuh kembangnya dalam waktu dekat saja, namun juga untuk bekalnya di usia dewasa kelak. Anak-anak yang mendapatkan asupan nutrisi dalam jumlah cukup dapat tumbuh tinggi, pintar dan kuat.

Pemenuhan nutrisi harian ini menjadi isu yang cukup penting demi pertumbuhan di usia dewasa yang optimal. Logikanya, dengan memiliki fondasi tubuh yang baik, pertumbuhan fisik si Kecil di masa yang akan datang juga dapat berjalan lebih maksimal. Pentingnya mendampingi dan mencukupi setiap kebutuhan tahapan tumbuh kembang anak juga dapat berefek hingga jangka panjang lho Mums!

Pemahaman pada setiap tahapan tumbuh kembang si Kecil memang diperlukan. Hal ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, namun sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums agar mendapat informasi yang lebih valid. Di samping itu, Mums juga dapat meminta rekomendasi kegiatan serta asupan makanan yang tepat pada dokter anak ini, sehingga setiap tahapan tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Pentingnya mendampingi setiap tahapan tumbuh kembang anak tak hanya untuk masa keemasan saja, namun juga demi masa dewasa si Kecil yang lebih baik. Salah satu kunci utamanya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dengan makanan kaya nutrisi. Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4 untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan metode Single Process, di mana susu hanya melalui satu kali proses pemanasan tanpa suhu yang berlebihan sehingga dapat menjaga kualitas alami nutrisi yang ada di dalamnya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang