Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Fakta Kandungan Ubi Jalar yang Bermanfaat untuk Kesehatan Si Kecil

Fakta Kandungan Ubi Jalar yang Bermanfaat untuk Kesehatan Si Kecil

Ubi jalar termasuk salah satu makanan yang disukai banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ini karena ubi jalar memiliki rasa yang manis, mudah diolah, dan dianggap mengenyangkan. Namun, tahukah Mums bahwa kandungan ubi jalar juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh si Kecil lho. Banyaknya nutrisi dalam kandungan ubi jalar membuat jenis makanan satu ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. Selain itu, manfaat ubi jalar juga dianggap dapat mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker. Sebelum membahas mengenai manfaat lainnya, Mums perlu mengetahui apa saja kandungan ubi jalar yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

Kandungan Ubi Jalar

Ubi jalar atau dikenal juga dengan sebutan ketela rambat ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan si Kecil jika dikonsumsi secukupnya. Berikut beberapa kandungan ubi jalar yang perlu Mums ketahui:

Kandungan Ubi Jalar: Kolin

Kandungan ubi jalar yang pertama adalah kolin yang merupakan zat serbaguna yang penting untuk tubuh. Disebut serbaguna karena zat ini membantu proses kimiawi dalam sel saraf, membantu penyerapan lemak, serta mempertahankan struktur membran sel. Kandungan ubi jalar yang satu ini juga bermanfaat dalam membantu gerakan otot, tidur, belajar, dan mengingat. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat kolin sebagai kandungan ubi jalar dapat berperan sebagai antiradang dan penangkal radikal bebas. 

Kandungan Ubi Jalar: Beta Karoten

Selain memberi warna cerah pada ubi jalar, beta karoten juga merupakan zat yang memiliki banyak manfaat lho, Mums. Kandungan ubi jalar yang satu ini berperan dalam menunda penuaan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti asma, penyakit jantung, hingga kanker. Beta karoten dalam ubi jalar ini nantinya diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten dapat membantu menjaga kesehatan mata, mencegah kerusakan saraf, dan memperkuat kekebalan tubuh. 

Kandungan Ubi Jalar: Serat

Ubi jalar termasuk makanan yang mengandung serat. Di dalamnya terkandung serat larut dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan ubi jalar ini dapat melancarkan sistem pencernaan si Kecil dan cenderung meningkatkan rasa kenyang.

Selain kandungan ubi jalar di atas, ada pula beragam nutrisi lain yang terdapat di dalamnya, seperti protein, kalsium, fosfor, kalium, seng, tembaga, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh. Pastikan si Kecil mengonsumsi ubi jalar sesuai porsi dan batasan yang tepat ya, Mums. Hal lain yang membuat kandungan ubi jalar istimewa adalah gula alami sehingga memiliki rasa manis yang alami sehingga bisa menjadi salah satu pilihan makanan kesukaan si Kecil. 

Seperti yang Mums ketahui, sebaiknya si Kecil lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami dibandingkan gula tambahan seperti sukrosa. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa anak dengan asupan sukrosa rendah memiliki kualitas pertumbuhan dan asupan nutrisi lebih baik dalam jangka panjang, sekaligus peningkatan tinggi badan 1,5 cm lebih tinggi dibandingkan anak yang sering mengonsumsi makanan dan minuman tinggi sukrosa. 

Selain ubi jalar, si Kecil juga perlu tambahan nutrisi dari makanan dan minuman bergizi lain. Salah satunya asupan dari susu FRISO Gold 3 dengan kandungan nutrisi alami tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

Baca juga: Inilah 5 Jenis Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Anak

Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Si Kecil

Di balik banyaknya nutrisi dalam kandungan ubi jalar, terdapat pula beragam manfaat yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh si Kecil, di antaranya: 

  1. Melancarkan sistem pencernaan

    Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar dapat melancarkan sistem pencernaan si Kecil. Ubi mengandung dua jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tersebut dapat menyerap air dan melunakkan feses si Kecil. Dengan begitu, ia akan lebih teratur buang air besar dan terhindar dari risiko berbagai macam gangguan pencernaan.

    Tak hanya itu, antioksidan dalam kandungan ubi jalar ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain melindungi tubuh dari peradangan dan risiko kanker, antioksidan juga dapat meningkatkan bakteri baik yang menyehatkan usus. Semakin banyak jumlah bakteri ini dalam usus, semakin rendah risiko terserang penyakit diare. 

  2. Membantu meningkatkan kesehatan mata

    Seperti yang sudah disebutkan, beta karoten merupakan salah satu kandungan ubi jalar yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Saat mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A yang akan membentuk reseptor pendeteksi cahaya dalam organ mata. 

  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Vitamin C dalam ubi jalar merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Oleh karena itu, mengonsumsi ubi jalar dapat memberikan manfaat untuk mengurangi risiko peradangan dan obesitas. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin E pada ubi jalar juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi penyakit. 

  4. Mengontrol tekanan darah

    Tahukah Mums, mengonsumsi ubi jalar dapat membantu meningkatkan asupan kalium. Dengan demikian, adanya potensi menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Namun, Mums perlu memerhatikan cara pengolahan ubi jalar dengan tepat. Sebaiknya hindari mengolah ubi jalar dengan tambahan garam secara berlebihan, karena kelebihan garam (natrium) dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

  5. Mengendalikan gula darah

    Ubi jalar termasuk jenis makanan yang memiliki skala indeks glikemik yang tergolong rendah. Artinya, kecepatan proses ubi jalar diubah menjadi gula darah dalam tubuh tidak terlalu tinggi yang berarti baik untuk kesehatan. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa konsumsi ubi jalar dapat mengurangi kadar gula dalam darah penderita diabetes. 

  6. Mengurangi risiko kanker

    Selain menjaga kesehatan mata, kandungan beta karoten dalam ubi jalar juga membantu mencegah risiko kanker. Penelitian juga membuktikan antosianin, salah satu jenis antioksidan pada ubi jalar dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ekstrak kulit ubi jalar juga memiliki sifat antikanker yang bermanfaat untuk kesehatan si Kecil dalam jangka panjang. 

    Itulah beberapa kandungan ubi jalar dan manfaatnya untuk kesehatan si Kecil. Sekarang Mums semakin yakin untuk memilih ubi jalar sebagai salah satu asupan nutrisi si Kecil, bukan? Nah, di bawah ini ada beberapa ide resep olahan ubi jalar yang bisa Mums kreasikan di rumah. 

 

Resep Olahan Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk makanan yang mudah didapat dan diolah menjadi camilan lezat untuk si Kecil. Namun, perlu diketahui bahwa sebaiknya memasak atau memanaskan ubi jalar tidak lebih dari satu kali ya Mums, agar nutrisi di dalamnya tidak hilang. Berikut beberapa ide resep olahan ubi jalar yang bisa jadi inspirasi Mums: 

Resep Bola-bola Ubi Cokelat 

Resep Bola-bola Ubi Cokelat

Bahan-bahan:

  • 1 kg ubi kuning
  • 200 gr coklat batang
  • 8 sdm tepung terigu
  • 50 gr susu bubuk
  • 40 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 100 gr tepung panir, untuk lapisan

Cara membuat:

  1. Kukus ubi hingga matang, angkat dan haluskan ubi, kemudian dinginkan
  2. Campur dalam wadah tepung terigu, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata
  3. Ambil adonan, pipihkan lalu isi dengan coklat batang, bulatkan dan baluri dengan tepung panir
  4. Goreng bola ubi dengan api sedang hingga berubah warna menjadi keemasan, angkat dan sajikan selagi hangat

Resep Stik Ubi Jalar Panggang

Resep Stik Ubi Jalar Panggang

Bahan-bahan:

  • 2 buah ubi jalar, potong memanjang seperti potongan kentang goreng
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Minyak zaitun 
  • Air, secukupnya untuk mencampur bumbu
  • Keju secukupnya
  • Meses secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan, potong ubi jalar kemudian cuci hingga bersih, tiriskan.
  2. Haluskan bumbu, campur dengan sedikit air
  3. Campur ubi dengan bumbu dan aduk hingga rata
  4. Oleskan minyak zaitun di seluruh bagian ubi 
  5. Panaskan oven dan panggang stik ubi hingga matang
  6. Angkat stik ubi jalar yang telah matang, tiriskan dan sajikan selagi masih hangat serta renyah
  7. Mums bisa tambahkan keju dan meses sebagai topping 

Resep Ubi Jalar Panggang Keju

Resep Stik Ubi Jalar Panggang

Bahan-bahan:

  • 2 buah ubi jalar
  • 3 sdm madu
  • 3/4 sdt bubuk kayu manis
  • Keju mozarella secukupnya
  • Yogurt tawar (pilih rasa sesuai selera)
  • 2 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ubi (jangan kupas kulitnya)
  2. Belah bagian tengah ubi secara memanjang, pastikan untuk tidak memotongnya menjadi dua bagian
  3. Oleskan bagian tengah ubi dengan madu, kayu manis, dan minyak zaitun
  4. Tambahkan minyak zaitun di bagian kulitnya 
  5. Masukkan keju mozarella di bagian tengah ubi
  6. Panaskan oven dan panggang ubi hingga matang
  7. Setelah matang, angkat dan sajikan ubi dengan yogurt 

Resep Pancake Ubi Jalar

Resep Pancake Ubi Jalar

Bahan-bahan:

  • 100 gram ubi jalar
  • 2 butir telur
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/2 sdm baking powder
  • 125 ml susu cair
  • 4 sdm madu
  • 2 sdm kayu manis bubuk
  • Garam secukupnya
  • Es krim vanilla (pilih rasa sesuai selera)

Cara membuat: 

  1. Kukus ubi jalar hingga matang. Kemudian haluskan ubi yang telah matang tersebut, lalu sisihkan
  2. Campurkan ubi yang sudah halus dengan susu cair menggunakan blender
  3. Aduk telur, madu, dan garam hingga tercampur rata. Tambahkan adonan ubi dan aduk kembali hingga rata
  4. Di wadah terpisah, ayak tepung terigu dan baking powder, kemudian masukkan ke dalam adonan ubi tadi dan campur kembali hingga mengental 
  5. Panaskan wajan yang telah diolesi sedikit minyak zaitun
  6. Tuang adonan pancake dan masak hingga matang
  7. Sajikan pancake ubi dengan tambahan es krim vanilla sebagai topping