Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Fakta Probiotik adalah Mikroorganisme Baik untuk Tubuh

Tentu Mums pernah mendengar istilah probiotik dan prebiotik yang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan pencernaan. Probiotik juga dikabarkan memiliki banyak efek baik, dan secara langsung diperlukan oleh tubuh. Sebenarnya apa itu probiotik? Probiotik adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh ketika dikonsumsi. Wait, mengkonsumsi bakteri hidup?

Ya, Mums tidak salah membaca. Mikroorganisme yang bersifat baik ini diperlukan oleh tubuh karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara mandiri. Perannya yang besar pada saluran pencernaan secara langsung memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan secara umum. Tak hanya pada orang dewasa, tentu probiotik adalah asupan yang diperlukan pula oleh anak-anak untuk turut menunjang tumbuh kembangnya.

Dari Mana Probiotik Didapatkan?

Fakta Probiotik adalah Mikroorganisme Baik untuk Tubuh

Probiotik adalah mikroorganisme baik yang dikonsumsi dan kemudian ‘tinggal’ di bagian pencernaan. Oleh sebab itu, probiotik bisa didapatkan melalui berbagai makanan yang memiliki kandungan tersebut. Biasanya, makanan yang mengandung mikroorganisme baik ini adalah makanan-makanan yang sifatnya fermentasi, seperti yogurt, tempe, kimchi, dan kombucha. Tapi tentu saja tidak semua makanan fermentasi bisa dikonsumsi oleh si Kecil.

Untuk memberikan asupan probiotik yang cukup, Mums bisa menggunakan sumber makanan seperti tempe dan yogurt untuk si Kecil. Baru kemudian ketika ia sudah bertambah usianya dan organ pencernaan sudah terbentuk sempurna, Mums bisa mencoba makanan lain yang memiliki rasa lebih unik. Bukan apa-apa, lebih baik mencegah terjadinya gangguan pencernaan karena rasa asam yang kuat dari makanan fermentasi bukan?

Probiotik adalah Mikroorganisme Kaya Manfaat

Fakta Probiotik adalah Mikroorganisme Baik untuk Tubuh

Manfaat probiotik sebagai penunjang kesehatan dan fungsi organ pencernaan tentu sudah banyak dipahami masyarakat. Namun tahukah Mums manfaatnya tidak hanya berhenti di titik tersebut? Berikut sederet manfaat lain dari probiotik yang bisa didapatkan si Kecil ketika asupannya terpenuhi.

Ekosistem dalam Pencernaan

Di dalam organ pencernaan terdapat bakteri dan mikroorganisme yang berperan menyerap makanan dan membunuh kuman jahat. Probiotik adalah pemegang peran ini. Dengan jumlah yang tepat, ekosistem di dalam pencernaan bisa terjaga seimbang dan semua mikroorganisme dapat menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan porsinya.

Berat Badan Ideal

Karena kondisi pencernaan sehat dan terjaga, otomatis proses yang terjadi di dalamnya bisa berjalan optimal. Penyerapan nutrisi, pembuangan zat tidak berguna, bisa berlangsung dengan baik hal ini akan membantu si Kecil memiliki berat badan yang ideal sehingga terhindar dari obesitas anak-anak akibat konsumsi makanan terlalu banyak dan kurang optimalnya penyerapan makanan.

Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat probiotik adalah menjaga kesehatan organ pencernaan. Dengan populasi yang seimbang, bakteri baik dapat bekerja dengan optimal dan membantu menghindarkan organ pencernaan dari infeksi. Mikroorganisme ini juga akan membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar dan infeksi bakteri yang dapat memicu kanker lambung.

Menjaga Kadar Kolesterol

Mungkin Mums merasa bahwa si Kecil masih sangat jauh dari bahasan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius. Padahal nyatanya, pencegahan sejak dini sangat diperlukan agar dikemudian hari si Kecil dapat menurunkan resiko penyakit ini. Probiotik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi resiko penyakit jantung pada anak-anak dan di usianya selanjutnya.

Lakukan Kontrol pada Makanan dengan Kandungan Probiotik

Fakta Probiotik adalah Mikroorganisme Baik untuk Tubuh

Meski terbilang memiliki manfaat yang sangat banyak, namun Mums tetap perlu memperhatikan kadar konsumsi makanan yang mengandung probiotik. Seperti banyak hal lain, kadar yang terlalu tinggi di dalam tubuh juga tentu tak akan memberikan manfaat maksimal.. Jadi sangat direkomendasikan agar Mums melakukan konsultasi pada dokter kepercayaan Mums untuk mengetahui benar jumlah yang diperlukan dan kadar asupannya setiap hari.

Untuk si Kecil, hal ini menjadi lebih penting. Seperti Mums pahami, setiap nutrisi dan zat yang masuk ke dalam tubuh si Kecil akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Kontrol pada asupan nutrisi harian harus benar-benar dilakukan agar setiap fase tumbuh kembang si Kecil berjalan optimal. Jangan sampai ada satu atau lebih nutrisi yang kurang pada porsi hariannya, sehingga dapat berefek buruk pada tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga : Penuhi Vitamin Pencernaan si Kecil untuk Menunjang Proses Tumbuh Kembangnya

Memahami apa itu probiotik dan manfaatnya diharapkan bisa jadi satu insight baru yang Mums dapatkan dari penjelasan singkat di artikel ini. Meski tidak menjadi penjelasan yang sangat detail, setidaknya Mums sudah mendapatkan gambaran umumnya bukan? Untuk keterangan lebih lanjut dan lebih lengkap, Mums dapat berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anak kepercayaan Mums.

Probiotik adalah mikroorganisme baik yang diperlukan tubuh, dalam rangka membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum. Konsumsi makanan dengan kandungan mikroorganisme ini sangat diperlukan, dan wajib dipenuhi. Untuk membantu mencukupi asupan probiotik setiap hari, serta nutrisi lain, berikan makanan kaya nutrisi untuk si Kecil. Jika diperlukan Mums juga dapat memasukkan Friso Gold 4 pada menu harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.