Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Fase Tumbuh Kembang, Lakukan Permainan Bayi yang Tepat [3 Tahap Bermain Bayi]

Fase Tumbuh Kembang, Lakukan Permainan Bayi yang Tepat [3 Tahap Bermain Bayi]

Kedekatan si Kecil dengan Mums bisa dipupuk dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan permainan bayi. Secara tidak sadar, mungkin Mums pernah melakukan hal ini, atau mungkin pada saat Mums masih kecil, orang tua Mums melakukan permainan yang sama. Seperti sudah menjadi template, beberapa permainan bayi yang diberikan nyatanya benar-benar dapat merangsang tumbuh kembang si Kecil sekaligus mendekatkan Mums dan si Kecil.

Mums bisa melihat bahwa si Kecil mulai ingin diajak bermain, yang mana adalah caranya untuk belajar dan berkembang, ketika ia sudah menunjukkan beberapa tanda. Misalnya saja, seperti bisa tersenyum, tangannya mulai mencoba meraih benda atau orang yang berada di dekatnya, atau tampak antusias ketika berinteraksi dengan orang lain.

Beberapa permainan bisa Mums lakukan bersama si Kecil untuk meningkatkan rasa kebersamaan sekaligus merangsang tumbuh kembangnya.

Usia 0 Hingga 3 Bulan

Pada rentang usia ini, kebanyakan waktu si Kecil akan habis untuk tidur atau beristirahat karena memang masih benar-benar muda. Namun ketika si Kecil bangun, Mums bisa melakukan beberapa interaksi untuk memberikan stimulus padanya. Misalnya dengan merentangkan tangan si Kecil dan melakukan gerakan menepuk tangan dengan perlahan.

Selain itu, Mums juga dapat merangsang gerak dan kekuatan kakinya dengan menggerakkan kaki si Kecil seolah sedang mengayuh sepeda. Selain itu untuk melatih gerakan matanya, Mums bisa menggerakkan mainan ke berbagai arah untuk menarik perhatian si Kecil. Rangsangan dari mainan yang bisa mengeluarkan bunyi juga sangat baik pada usia ini.

Berikan mainan yang sekiranya dapat digenggam oleh tangan mungilnya, untuk melatih gerakan tangan dan kekuatan otot tangan. Selain itu, jangan lupa berikan mainan beraneka warna sehingga matanya terbiasa untuk mengenali banyak warna di hadapannya. Ingat, hindarkan benda berbahaya seperti kaca atau benda tajam lain yang beresiko melukai si Kecil.

Usia 4 Hingga 7 Bulan

Pada usia ini si Kecil biasanya sudah mulai dapat membalas senyuman dari orang di sekitarnya serta mengenali wajah keluarga dan orang terdekat. Usia ini adalah usia dimana si Kecil mulai belajar duduk dan mencoba meraih benda dengan tangannya. Kegiatan bermain yang bisa Mums berikan adalah mengenalkan nama objek dengan membacakan buku cerita.

Memang mungkin si Kecil belum dapat mengerti apa yang Mums sampaikan, namun dengan paparan seperti ini si Kecil akan terbiasa mengenali barang atau objek baru serta mendengar apa yang Mums katakan, yang mana berguna untuk merangsang kemampuan berbicaranya. Mums juga dapat mengajaknya mendengarkan cerita dari rekaman kaset atau dokumenter di televisi.

Permainan menyenangkan lain adalah dengan menunjuk anggota tubuh si Kecil dan menyebutkan nama bagian tubuh tersebut. Tubuh si Kecil secara langsung akan merespon sentuhan yang Mums berikan, dan mengaktifkan banyak sel di otaknya terhadap rangsangan ini. Nantinya si Kecil juga akan lebih mudah berbicara karena memiliki perbendaharaan kata yang luas.

Usia 8 Hingga 12 Bulan

Nah di usia ini dapat dikatakan fase bermain paling seru karena si Kecil mulai dapat merangkak dan belajar berjalan. Kemampuan ini memungkinkan Mums memberikan permainan yang jauh lebih luas spektrumnya, dan otomatis lebih banyak rangsangan yang bisa diberikan. Misalnya dengan menempatkan mainan favoritnya di area yang cukup jauh, si Kecil akan berusaha menggapai mainan tersebut. Iringi dengan lagu atau nyanyian dengan nada ceria agar si Kecil merasa bahagia ketika melakukan ‘misi’ sederhananya ini.

Mums juga dapat melakukan permainan petak umpet di area rumah dengan si Kecil. Tentu saja tujuannya agar si Kecil terus aktif bergerak dan dapat menjangkau tempat yang cukup jauh. Selain rangsangan pada bagian tangan dan kaki serta keseimbangannya, permainan ini sangat dapat menjadi media menjalin ikatan atau kedekatan antara Mums dan si Kecil, atau mungkin dengan anggota keluarga lain yang berada di rumah.

Pengulangan berbagai permainan yang tepat pada usia tersebut dapat menjadi rangsangan yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Diperlukan ketelatenan khas seorang Mums untuk dapat melakukan hal tersebut, sehingga si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Permainan bayi sendiri sangat banyak jenisnya, terlebih dengan kehadiran teknologi. Satu hal yang perlu diingat adalah upayakan Mums memberikan mainan atau mengajak bermain secara aktif, tidak hanya dengan duduk menghadap ke layar gadget saja. Gerak aktif pada usia awal kehidupan si Kecil bisa jadi modal baik untuk tumbuh kembangnya kelak.

Untuk melakukan permainan bayi dengan si Kecil, Mums juga dapat bekerjasama dengan anggota keluarga lainnya agar permainan menjadi lebih seru. Jangan lupa juga untuk memperhatikan sisi keamanan dan keselamatan si Kecil agar si Kecil terhindar dari cedera yang mungkin terjadi karena bermain dengan kurang hati-hati.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang